Home » » Menjajal Keunikan De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta

Menjajal Keunikan De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta

Menjajal Keunikan De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta – Ternyata tidak hanya di Singapura saja yang memiliki museum Trick Eye, di Indonesia museum yang memiliki koleksi gambar 3 dimensi ini sudah ada di kota Jogyakarta, yaitu De Mata Trick Eye Museum. Sehingga kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Singapura apabila ingin berpose dengan latar pemandangan yang unik dan terlihat nyata.

Menjajal Keunikan De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta
Menjajal Keunikan De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta

Pada umumnya, museum menyimpan benda-benda purbakala atau benda bersejarah lainnya, namun berbeda dengan De Mata Trick Eye Museum yang menyimpan kurang lebih 120 gambar tiga dimensi dan memenuhi dinding ruangannya.  De Mata Trick Eye Museum berada di area basement Gedung Umar Kayam, Pasar Seni XT-Square, Yogyakarta.

Latar Negeri Dongeng di De Mata Trick Eye, Jogyakarta
Rina Rayis dengan
latar Negeri Dongeng di De Mata Trick Eye, Jogyakarta

Lalu, jika tidak ada benda purbakala atau benda bersejarah lainnya, apa yang harus kita lakukan di museum ini?

Kegiatan yang harus kita lakukan saat mengunjungi museum ini adalah berfoto baik selfie maupun rame-rame dengan latar berbagai pemandangan dan gambar-gambar tiga dimensi lainnya. Bagi penggemar fotografi dan siapa saja yang gemar bergaya di depan kamera tak peduli berapapun usianya, De Mata Trick Eye Museum adalah tempat yang tepat.

Menjajal Keunikan De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta
Rina dkk Menjajal Keunikan De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta

Jika dilihat sepintas, gambar-gambar tersebut tak ubahnya dengan gambar yang ada di Kampung 3D Malang, namun ketika kita mengatur fokus kamera lalu berpose sesuai dengan petunjuknya, maka hasilnya akan terlihat luar biasa. Dimana kita seolah-olah berada di tempat yang sesungguhnya. Satu trick mata yang sempurna.

Kereta Labu Cinderela di De Mata Trick Eye Museum, Jogyakarta
Kereta Labu Cinderela di De Mata Trick Eye Museum, Jogyakarta

Sejak Desember 2013, sebagian besar gambar 3 dimensi karya Petrus Kusuma, mulai menghiasi dinding-dinding basement XT Square. Dan, mulai saat itu pula, foto-foto yang dihasilkan di Museum ini telah memberikan sensasi tipuan tiga dimensi yang mengagumkan kepada ribuan pasang mata.

Menjajal Keunikan De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta

De Mata Trick Eye Museum menyediakan beberapa properti penunjang pengambilan gambar, seperti bangku kecil atau tangga dan contoh-contoh pose yang harus dilakukan pada setiap ruangan sehingga kita tidak perlu bingung lagi harus bergaya seperti apa, tinggal ikuti saja petunjuknya maka hasilnya, foto kita akan terlihat menakjubkan.

Pengalaman menikmati keunikan De Mata Trick Eye Museum diperoleh oleh Rina Rayis dkk yang tengah melakukan perjalanan wisata di Jogyakarta bersama kedelapan teman kostnya di Taman Agung, Malang. Pertemuan dua tahunan seperti yang telah dilakukan sebelumnya yaitu reuni kost di Kawah Ijen dan tempat wisata lainnya di Banyuwangi.

Pertemanan yang unik ditempat yang unik pula, sungguh tepat sekali.

Latar Firaun, Mesir di De Mata Trick Eye Museum, Jogyakarta
Latar Firaun, Mesir di De Mata Trick Eye Museum, Jogyakarta

Mereka itu adalah Rina Rayis, Danik, Mut, Irma, Lina, Nursiah, Nuri dan Lilik. Selain Danik, yang merupakan teman kuliah, ketujuh orang lainnya tersebut adalah teman-teman masa kost di jalan Taman Agung, Malang.

Dan, pertemuan mereka kali ini dilakukan di kota Gudeg, Jogyakarta. Seperti di Banyuwangi, kebersamaan mereka dimanfaatkan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Jogyakarta, salah satunya adalah De Mata Trick Eye Museum ini.

Tiket Masuk De Mata Trick Eyes Museum 2018

  • Rp 60.000 (Senin - Jumat, pukul 10.00 - 15.00 WIB)
  • Rp 80.000 (Senin - Jumat, pukul 15.00 - 22.00 WIB)
  • Rp 100.000 (Senin - Minggu, pukul 10.00 - 22.00 WIB)
  • Gratis (anak usia di bawah 5 tahun)

Tiket Terusan dengan De Arca Statue Museum

  • Rp 90.000 (Senin - Jumat, pukul 10.00 - 15.00 WIB)
  • Rp 100.000 (Senin - Jumat, pukul 15.00 - 22.00 WIB)
  • Rp 120.000 (Senin - Minggu, pukul 10.00 - 22.00 WIB)
  • Gratis (anak usia di bawah 5 tahun)

Jam Buka De Mata Trick Eyes Museum 2018

Senin - Minggu: pukul 10.00 - 22.00 WIB

Video Rina Rayis Dkk Di De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta

Berikut ini adalah kumpulan foto-foto kebersamaan Rina Rayis dkk saat berada di De Mata Trick Eyes Museum Jogyakarta yang dikemas dalam video pendek.


Penutup

“Persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu.”
Itulah gambaran yang tepat untuk pertemanan dan persahabatan Rina Rayis dkk. Nilai-nilai persahabatan mereka seolah tak lekang oleh waktu meskipun sudah puluhan tahun lamanya mereka berpisah.

Untuk memperkuat jalinan persahabatan di antara mereka, setiap dua tahun sekali mereka bertemu di kota-kota yang mereka sepakati bersama lalu melakukan jalan-jalan ke tempat wisata dan kuliner bersama-sama.

Sungguh satu hubungan pertemanan yang menyenangkan.

Tunggu apalagi? Mari jalan-jalan dan kuliner bersama sahabat dan teman-teman dekat kita.


Artikel Lainnya :




2 comments: