Home » » Kue Dolar Malang Dan Melemahnya Mata Uang Rupiah

Kue Dolar Malang Dan Melemahnya Mata Uang Rupiah

Kue Dolar Malang Dan Melemahnya Mata Uang Rupiah – Saat ini, masyarakat Indonesia tengah panik ketika mata uang dolar semakin menguat sedangkan mata uang rupiah melemah. Namun, hingga sekarang harga-harga kebutuhan pokok masih tetap stabil karena Pemerintah sedang melakukan upaya terbaik untuk mengatasi permasalahan yang sulit dan membingungkan ini, terutama buat orang awam seperti saya.

Alih-alih memikirkan menguatnya mata uang dolar, saya malah teringat jajanan saat masih usia belia dulu yang sekarang mulai dilupakan orang yaitu kue dolar. Lalu saya bertanya dalam hati, “apakah nasibnya juga menguat seperti dolar Amerika?

Kue Dolar Malang Dan Melemahnya Mata Uang Rupiah
Kue Dolar Malang 

Nah, untuk mengingatkan kembali kenangan tentang kue khas camilan tempo doeloe ini terutama kue dolar Malang, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Tentang Kue Dolar Malang

Pada era 70 hingga 90an, kue yang bentuknya bulat dan pipih menyerupai uang logam ini cukup populer di kota Malang sebagai jajanan anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya yang renyah, manis dan gurih serta harganya yang murah membuat kuliner ini disukai masyarakat Malang. Bahkan dulu, kue dolar menjadi hidangan wajib saat Lebaran.

Kue Dolar Malang Dan Melemahnya Mata Uang Rupiah
Kue Dolar

Namun, seiring perjalanan waktu dan semakin banyak bermunculan varian jajanan baru, maka kue dolar semakin ditinggalkan dan dilupakan. Tapi meskipun begitu, penggemar kue dolar masih banyak dan tetap bertahan hingga sekarang terutama generasi 70-80an.

Dulu, kue dolar ada dua varian saja yaitu dolar polos dan dolar yang ditaburi wijen serta terbuat dari bahan baku pisang. Namun, sekarang semakin banyak varian rasa dari camilan ini. Mungkin, produsennya ingin menyentuh selera generasi milenial saat ini.

Jika dulu sekitar tahun 1990 an, kue dolar dalam satu bungkus plastik dihargai sebesar Rp. 6.000 an, sekarang harganya sedikit menguat yakni sebesar Rp. 9.000 an.

Dolar Ngaglik

Produsen kue dolar pertama adalah Subandi dan Sintawati atau lebih dikenal dengan produsen Dolar Ngaglik. Pasangan suami istri ini lebih dari 25 tahun menggeluti usaha pembuatan kue dolar. Dalam masa kejayaannya, kue dolar Ngaglik tidak hanya dikonsumsi masyarakat di Indonesia saja tapi juga dikirim sampai ke negeri Belanda.

Dolar Ngaglik
Produsen dan Toko Dolar, Ngaglik, Malang

Berita tentang dolar Ngaglik
Berita tentang Dolar Ngaglik

Namun, sayang sekali. Generasi berikutnya dari Pak Subandi tidak ada yang meu meneruskan usahanya sehingga sekarang Dolar Ngaglik hilang dari pasaran dan pabriknya tutup.

Dolar Kencana Mas

Mengingat jajanan kue dolar ini masih banyak penikmatnya, maka banyak bermunculan produsen-produsen baru yang membuat kue berbentuk kepingan uang logam ini dengan berbagai variannya. Salah satunya adalah Toko Camilan Kencana Mas yang berada di Jalan Gadang Gg 4/28, Malang, Phone : 0341-7709125.

Toko Camilan Kencana Mas, Gadang, Malang
Toko Camilan Kencana Mas, Gadang, Malang

Toko Camilan Kencana Mas menjual berbagai macam camilan namun lebih dikenal sebagai penjual kue dolar dengan aneka macam variannya.

Dolar Kencana Mas
Dolar Kencana Mas

Penutup

Sebagai generasi 80an, mengenang kembali masa-masa muda atau masa indah saat SMA adalah moment yang membawa kebahagiaan tersendiri. Apalagi jika ditambah dengan sajian kuliner khas tempo doeloe seperti kue dolar dan kue lainnya, maka terasa lengkap kebahagiaan kita.

Harapannya, kue dolar tidak punah dan tetap lestari hingga anak cucu kita kelak. Dan, jangan biarkan kue dolar melemah seperti halnya mata uang rupiah kita.

Nah, tunggu apalagi?

Mari kita jalan-jalan dan kuliner bersama dengan menikmati kue dolar yang legendaris.


4 comments:

  1. Ayo kita galakkan mengonsumsi dolar, agar Dolar Malang lebih menguat daripada dolar amerika

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah di Gadang ada penerus perjuangannya....karena yang di Gaglik udah tutup(gulung tikar)

    ReplyDelete