Home » » Toko Kopi Koopen, Malang : Bukan Sekedar Kedai Kopi Biasa

Toko Kopi Koopen, Malang : Bukan Sekedar Kedai Kopi Biasa

Toko Kopi Koopen, Malang : Bukan Sekedar Kedai Kopi Biasa – Satu lagi yang terbaru di kota Malang, sebuah café unik dan menarik yang mengusung konsep sebuah toko khusus kopi yang berasal dari para petani kopi di berbagai daerah di Malang Raya. Koopen, sebuah nama dari bahasa Belanda yang artinya kopi. 

Secara historis, kota Malang memang memiliki kedekatan hubungan dengan negara Belanda, karena pada masa lalu, VOC pernah menguasai kota Malang tercinta ini. Sehingga tidak hanya meninggalkan bangunan-bangunan saja tapi banyak juga warga Belanda yang menetap di kota dingin ini.

Toko Kopi Koopen, Malang : Bukan Sekedar Kedai Kopi Biasa
Toko Kopi Koopen, Malang : Bukan Sekedar Kedai Kopi Biasa

Sehingga Ipong, pemilik toko kopi ini, memilih nama Koopen, dari bahasa Belanda sebagai nama kedainya karena mengandung makna histori yang erat kaitannya dengan kota Malang. Bahkan sampai sekarang, banyak warga Belanda yang berkunjung ke kota Malang baik sekedar jalan-jalan maupun silaturahmi dengan keluarganya.

Warga Belanda di Toko Kopi Koopen
Ipong bersama dua warga Belanda di Toko Kopi Koopen

Toko kopi Koopen berada di salah satu sudut perempatan Jalan Trunojoyo atau lebih dikenal dengan sebutan Klojen.  Sebuah tempat strategis di pinggir jalan dengan ruang parkir yang luas, aman dan nyaman serta mudah dijangkau.

Tidak hanya itu, Toko Kopi Koopen juga sangat dekat letaknya dengan Stasiun Kereta Api Kota Baru, Balaikota Malang dan Alun-alun Tugu. Maka, sambil melakukan berbagai aktifitas di daerah ini, anda dapat menjajal citarasa kopi khas Malang di kedai ini.

Aneka ragam kopi di Toko Kopi Koopen, Malang
Aneka ragam kopi di Toko Kopi Koopen, Malang

Sebagai salah satu kota yang menjadi destinasi wisata baik warga Jawa Timur, Indonesia maupun manca negara, Malang memiliki banyak café atau kedai-kedai kopi yang tersebar di berbagai daerah dengan keunikannya masing-masing. Namun, Anda akan merasakan sensasi rasa yang berbeda ketika mencoba kopi di Koopen.

Karena ditempat ini, kita bisa merasakan kopi yang fresh dan memiliki citarasa murni. Dimana para pelanggan dapat memilih jenis kopi yang disukai masih dalam bentuk biji-bijian lalu digiling langsung ditempat ini dan selanjutnya terserah keinginan kita. Mau dinikmati sambil ngobrol,  mendengarkan musik atau dibawa pulang. 

Jenis Kopi dalam bentuk biji di Toko Kopi Koopen
Jenis Kopi dalam bentuk biji di Toko Kopi Koopen, Malang

Terdapat banyak ragam kopi di Koopen seperti Robusta, Arabica dan lain-lain. Uniknya, masing-masing jenis kopi diberi nama sesuai dengan daerah tempatnya ditanam, seperti Robusta Pronojiwo, Robusta Dampit dan lain sebagainya.

Proses pengolahan kopi di Koopen, Malang
Proses pengolahan kopi di Koopen, Malang

Selain dapat menikmati citarasa kopi murni, di Toko Kopi Koopen ini, kita dapat belajar berbagai hal tentang kopi mulai dari budidaya hingga pengolahannya sehingga menjadi biji-biji kopi dengan citarasa unik dan sensasional.

Ipong, Pemilik Toko Kopi Koopen, Malang
Ipong, Pemilik Toko Kopi Koopen, Malang

Ipong, pemilik Koopen adalah seorang aktivis dunia kopi di Malang. Alumnus SMA Negeri 1 Tugu Malang dan Fakultas Ekonomi, UNEJ ini aktif dalam kegiatan pemberdayaan petani kopi di berbagai daerah dan pernah mendirikan sekolah bagi para barista bekerjasama dengan Rembug Pawon. Sehingga pengetahuan, ketrampilan dan keahliannya dalam meracik kopi yang nikmat, sudah tidak diragukan lagi.

Foto-foto di Toko Kopi Koopen

Berikut ini adalah beberapa foto-foto yang diabadikan di Toko Kopi Koopen.

Sesuai namanya yang berasal dari bahasa Belanda, toko kopi Koopen banyak menarik wisatawan dari negeri Belanda, seperti foto berikut ini.

Turis Belanda di Toko Kopi Koopen
Ipong bersama turis Belanda di Koopen

Wisman Belanda di Toko Kopi Koopen
Semakin banyak wisman Belanda yang datang ke Koopen
Selain wisatawan mancanegara, umum dan penggermar kopi, Toko Kopi Koopen juga menjadi tujuan hangout teman-teman baik teman SD, SMP, SMA maupun Kuliah.

Ipong dan Fery di Koopen
Ipong dan Fery Ja Fargo

Fery Ja Fargo di Koopen
Fery Feriansyah Ja Fargo di Koopen

Persiapan buka toko
Persiapan buka toko

Alumni SMPN 2 Malang di Koopen
Alumni SMPN 2 Malang di Koopen

Toko Kopi Koopen, Malang : Bukan Sekedar Kedai Kopi Biasa
Toko Kopi Koopen, Malang : Memang Bukan Sekedar Kedai Kopi Biasa

Penutup

Itulah sekelumit ulasan ayodolenrek tentang Toko Kopi Koopen, yang terbukti bukan sekedar kedai kopi biasa.

Maka, tunggu apalagi? Mari menikmati citarasa kopi murni sambil belajar dan diskusi berbagai hal tentang kopi. Tidak hanya kepuasan saja yang kita dapat namun pengetahuan dan wawasan tentang kopi juga akan semakin bertambah.

Jika sedang memiliki kesibukan yang padat namun ingin merasakan citarasa kopi Koopen, maka anda dapat menggunakan jasa Gojek, Go Send maupun Go Food.

Tunggu apalagi? Mari kita kunjungi Toko Kopi Koopen !



1 komentar: