Home » » Ziarah Ke Makam Bung Karno, Berziarah Sekaligus Berwisata

Ziarah Ke Makam Bung Karno, Berziarah Sekaligus Berwisata

Ziarah Ke Makam Bung Karno, Berziarah Sekaligus Berwisata – Bung Karno, Proklamator dan Presiden RI pertama ini memang memiliki kharisma yang luar biasa. Tidak hanya semasa hidupnya saja, namun setelah beliau wafat, makamnya banyak diziarahi orang. Hampir setiap hari, kompleks pemakaman Bung Karno tidak pernah sepi pengunjung baik siang maupun malam hari terutama pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Mereka berziarah sekaligus melakukan wisata sejarah.

Slamet W di Makam Bung Karno, Blitar
Slamet W di Makam Bung Karno, Blitar

Pada masa hidupnya, Bung Karno dikenal memiliki kesaktian dan kelebihan. Terbukti 7 kali percobaan pembunuhan terhadapnya tidak pernah berhasil. Konon, makamnya pun juga menyimpan misteri. Bahkan abu vulkanik Gunung Kelud saat lahar pun segan untuk singgah di pemakaman ini.

Baca Juga : Perjalanan Agus Priono Dkk Mendaki Gunung Kelud

Selain untuk mengenang jasa-jasanya, itulah salah satu daya tarik yang membuat banyak orang berziarah  ke makam Presiden pertama RI ini. Apalagi sekarang komplek pemakaman ini semakin lengkap dengan adanya museum dan perpustakaannya.

Sehingga sayang jika berkunjung ke kota Blitar tanpa mengunjungi makam Bung Karno yang menjadi ikon kota patria ini.

Perjalanan wisata kali ini dilakukan oleh Slamet Wahyudi bersama istri saat melakukan ziarah sekaligus wisata sejarah ke makam Proklamator RI yang berada di sebelah utara kota Blitar, tepatnya di Jalan Ir. Soekarno di desa Bendogerit Kecamatan Sanan Wetan.

Tentang Makam Bung Karno

Pada hari Sabtu, Minggu dan musim liburan, makam Bung Karno ramai dipadati pengunjung dari berbagai daerah sehingga jika kita menginginkan suasana tenang atau memiliki kepentingan khusus, sebaiknya datang pada hari-hari biasa saja.

Slamet W dengan latar Naskah Proklamasi
Slamet W dengan latar Naskah Proklamasi

Untuk mengunjungi makam ini, pengunjung tidak dipungut biaya atau gratis, kecuali untuk parkir kendaraan saja.

Memasuki pemakaman Bung Karno, kita akan disambut dengan kemegahan bangunan komplek pemakaman  dengan pilar-pilar dan kolam yang ada di tengahnya. Lalu, saat menuju makam Bung Karno, kita harus menaiki tangga yang cukup tinggi. Tapi sebelumnya, kita harus mengisi buku tamu yang ada di sebelah barat tangga tersebut terlebih dahulu. 

Patung Bung Karno

Ada satu spot foto yang menarik bagi para penggemar fotografi yaitu Patung Bung Karno yang berada tepat di depan pintu masuk perpustakaan. Berfoto dengan latar patung Proklamator merupakan satu kebanggaan tersendiri dan dapat menjadi bukti jika kita telah berkunjung ke makam orang nomor satu pada masa orde lama ini.

Slamet W dengan latar patung Bung Karno
Slamet W dengan latar patung Bung Karno

Kemudian, kita dapat melanjutkan kegatan dengan menuju ruangan yang menyimpan ratusan foto dokumentasi Bung Karno. Dan, di tempat ini, kita dapat melihat berbagai macam kegiatan Bung Karno pada masa lalu yang sempat diabadikan dalam lensa. Sedangkan jika kita ingin melihat peninggalan barang dan foto yang lainnya, kita dapat mengunjungi Istana Gebang Blitar yang berada tidak begitu jauh dari Makam Bung Karno.

Slamet W dengan latar Gong Perdamaian
Slamet W dengan latar Gong Perdamaian
Di Makam Bung Karno


Perpustakaan

Tempat menarik lainnya adalah Perpustakaan Bung Karno, dimana kita dapat membaca buku atau meminjam tapi hanya boleh menggunakan kartu anggota dengan KTP Kota Blitar. Disini, kita akan melihat puluhan buku-buku khusus tentang Ir. Soekarno. Namun, kita tidak diizinkan untuk mengambil foto. 

Oleh-oleh Khas Blitar

Bukti lainnya yang menunjukkan kita telah berkunjung ke kota Patria, Blitar, adalah buah tangan yang dapat kita beli di pintu keluar Makam Bung Karno. 

Video Makam Bung Karno

Sebagai pengingat bagi kita semua sebagai anak bangsa Indonesia dimana di makam ini telah dikuburkan jasad Proklamator RI, adalah foto-foto yang diambil dari berbagai sumber yang dikemas dalam bentuk video berikut ini.



Penutup

Demikian sekelumit ulasan tentang Makam Bung Karno yang menjadi ikon kota Blitar dengan nara sumber Slamet Wahyudi saat melakukan ziarah dan berwisata ke makam Proklamator ini.

Satu hal yang pasti saat berada di Makam Bung Karno, kenangan masa-masa kemerdekaan bangsa Indonesia akan membentang di hadapan kita. Bagaimana susah dan sulitnya para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini, hingga akhirnya kita bisa merdeka dengan dibacakannya naskah proklamasi oleh Ir. Soekarno sebagai awalnya.

Sekarang, masihkah kita ingat jasa-jasa mereka?

Nah, sebagai pengusir lupa, mari kita kunjungi tempat-tempat wisata sejarah seperti di Makam Bung Karno ini.


Tunggu apalagi? Ayo dolen rek…

2 comments: