Home » » 11 Aktifitas Seru Bagi Wisatawan Di Gunung Bromo Yang Wajib Dicoba

11 Aktifitas Seru Bagi Wisatawan Di Gunung Bromo Yang Wajib Dicoba

11 Aktifitas Seru Bagi Wisatawan Di Gunung Bromo  Yang Wajib Dicoba – Dari tahun ke tahun, jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo selalu meningkat. Mengutip harianbhirawa.com, kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo pada liburan tahun 2018 ini mencapai 2.849 orang, dan jumlah itu akan semakin meningkat menjelang liburan Natal dan tahun Baru.

Lalu, apa saja yang menjadi daya tarik gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2.392 meter dari atas permukaan laut ini? Sehingga wisatawan jauh hari sudah merencanakan untuk mengunjungi gunung yang meletus setiap 30 tahun ini.

Gunung Bromo


Kepopuleran Gunung Bromo sebagai destinasi wisata favorit di Jawa Timur memang membuat setiap orang merasa penasaran untuk mengunjunginya.

Pada kenyataannya, Gunung Bromo memang menyimpan sejuta keindahan yang mempesona dan sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya keindahan matahari terbitnya saja, tapi keindahan alam lainnya yang ada di sekitar Gunung Bromo, juga sangat menawan dan memikat hati.

11 Aktifitas Seru Di Gunung Bromo

Sahabat dolenners, berikut ini adalah ulasan ayodolenrek tentang beberapa kegiatan yang seru dan menyenangkan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan saat berkunjung ke Gunung Bromo.

1. Merasakan Sensasi Naik Jeep

Mengendari Jeep, Hartop maupun Land Cruiser dalam perjalanan menuju kawasan Gunung Bromo merupakan sensasi tersendiri. Meskipun beramai-ramai namun merasakan garangnya deru mesin, goncangan dan dapat berfoto dengan latar mobil gagah ini merupakan satu kenangan tak terlupakan.

Pose menarik diatas Jeep di Gunung Bromo


Jika berwisata ke Gunung Bromo menggunakan jasa travel, maka ketika sampai di Penanjakan kita akan pindah dari mobil jemputan lalu menggunakan kendaraan Jeep, Hartop atau Land Cruiser hingga sampai di bawah gunung.

Foto dengan Jeep di Gunung Bromo


Nah, moment bersama mobil Jeep ini yang sering menjadi spot foto instagramable dan menjadi semacam bukti bahwa kita telah sampai di Bromo.

Jeep di gunung Bromo


2. Menikmati Keindahan Matahari Terbit

Pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo sangatlah indah dan menawan sehingga sangat sayang jika dilewatan begitu saja. Bahkan, beberapa wisatawan merasa sangat menyesal ketika melewatkan moment indah ini saat berada disana sehingga mereka kembali hanya untuk menikmati keindahan sunrise.

sunrise di gunung Bromo



3. Bukit Teletubbies

Puas menikmati keindahan matahari terbit, kita dibawa turun untuk menuju spot-spot indah lainnya di kawasan Gunung Bromo seperti Bukit Teletubbies .

Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies Gunung Bromo
Gambar : pixabay.com

Bukit Teletubbies ini terdiri dari gunung-gunung kecil yang diselimuti rerumputan layaknya pemandangan alam yang ada di film serial Teletubbies.  Lokasinya berada di sebelah selatan Gunung Bromo.

Bagi penggemar fotografi, Bukit Teletubbies merupakan spot yang sangat terkenal dan menjadi salah satu lokasi favorit untuk berfoto. 

4. Pasir Berbisik

Spot tak kalah menarik lainnya selain Bukit Teletubbies adalah Pasir Berbisik, satu pemandangan lautan pasir dan lereng-lereng kalendra. Disebut Pasir Berbisik karena lautan pasir ini jika terkena angin akan mengeluarkan suara seperti ular yang sedang mendesis atau berbisik sehingga warga sekitar menyebutnya dengan pasir berbisik.

Pasir berbisik Gunung Bromo
Pasir Berbisik Gunung Bromo

5. Kawah Gunung Bromo

Nah, spot yang paling menarik adalah Kawah Gunung Bromo sehingga jangan sampai kelewatan untuk menikmati keindahannya dan berfoto di tempat ini. Dari atas, kita dapat melihat langsung kawah Gunung Bromo yang menyemburkan asap belerangnya.

kawah gunung Bromo
Tangga menuju kawah gunung Bromo
Gambar : liputan6.com

Namun, untuk sampai diatas dan melihat kawahnya, kita harus melewati sekitar 250 anak tangga terlebih dahulu. 

6. Serunya Berkuda Di Gunung Bromo

Berkuda di lautan Pasir atau mengelilingi Bukit Teletubbies merupakan pengalaman seru dan menegangkan yang takkan terlupakan.  Saat turun dari Jeep untuk menuju kawah Bromo, kita akan disambut oleh orang-orang berkuda yang menawarkan jasa persewaan kuda,

Berkuda di Gunung Bromo


Kita dapat merasakan sensasi ketegangan dan keseruan saat menunggang kuda. Meskipun tidak dapat menungganginya kita akan di damping oleh pemilik kuda yang setia menjaga kita.


7. Foto Pre-wedding

Banyak spot-spot menarik di Gunung Bromo yang dapat dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. Hasilnya akan sangat memuaskan dan akan kita kenang selamanya apalgi bila menggunakan jasa fotografer  professional.

Pre-wedding di Gunung Bromo
Pre-wedding di Gunung Bromo
Gambar : bromo prewedding

Namun, untuk acara ini, kita harus pandai memilih waktu yang tepat seperti hari Selasa dimana suasana agak sepi agar tidak mendapatkan gangguan dari pengunjung lainnya.

8. Upacara Kasodo Dan Jazz Gunung

Pada saat dimana Upacaya Yadnya Kasada digelar, merupakan moment yang tepat apabila kita dapat menyaksikan dan mengikuti jalannya upacara tersebut. Event lainnya yang menjadi agenda rutin di Gunung Bromo adalah festival Jazz gunung.


9. Camping Di Belakang Lava View Hotel

Bagi anda yang gemar kehidupan alam bebas, Camping Ground cukup luas yang berada di belakang Lava View Hotel dapat dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda guna berkemah. Dengan berkemah di Lava View membuat aktifitas menikmati keindahan sunrise lebih mudah dilakukan tanpa harus berkejaran dengan waktu.

Camping di gunung Bromo


Selain itu, sensasi acara api unggun sambil menikmati jagung, ubi atau singkong bakar ditambah segelas kopi panas akan semakin membuat suasana malam menjadi  begitu menyenangkan.

10. Oleh-oleh Khas Bromo

Oleh-oleh khas dari Gunung Bromo adalah bunga Edelweis yang banyak dijual di objek wisata ini baik yang alami atau yang sudah dirangkai.

Edelweiss Gunung Bromo
Edelweiss Gunung Bromo
Gambar : pixabay.com

11. Berburu Pelangi Di Gunung Bromo

Bagi penggemar fotografi, dapat mengabadikan moment bersama pelangi di Gunung Bromo adalah satu kebanggaan tersendiri karena sangat susah dan jarang sekali kesempatan itu datang menghampiri kita.
Berburu pelangi di Gunung Bromo

Maka, berburu pelangi di Gunung Bromo menjadi kegiatan yang seru dan menegangkan.


Tips Wisata Bromo

Hal terpenting saat melakukan perjalanan wisata ke Gunung Bromo adalah persiapan pakaian hangat lengkap dengan syal, sarung tangan dan penutup kepala. Mengingat suhu udara di Gunung Bromo berkisar antara 3-20 derajat celcius sehingga dapat kita bayangkan betapa dinginnya.

Penutup

Itulah sahabat dolenners ulasan tentang 11 aktifitas seru dan menyenangkan yang dapat kita lakukan saat melakukan perjalanan wisata ke gunung Bromo.

Tunggu apalagi? Ayo dolen ke Gunung Bromo..

2 comments:

  1. penjelasan tiap spot nya apik
    ga bingung mau kmana kalo wisata ke bromo
    mantaaap bro

    ReplyDelete