Home » » Menikmati Suasana Hutan Pinus di Sumbersuko Forest, Wagir, Malang

Menikmati Suasana Hutan Pinus di Sumbersuko Forest, Wagir, Malang

Menikmati Suasana Hutan Pinus di Sumbersuko Forest, Wagir, Malang  – Satu lagi objek wisata alam di Malang hasil swadaya masyarakat yaitu Sumbersuko Forest yang berada di Dusun Kenongo, Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Hutan pinus di lereng Gunung Kawi yang disulap oleh warga setempat menjadi objek wisata alam pegunungan yang indah, unik dan menarik.

Suasana yang tenang, udara pegunungan yang sejuk dan menyegarkan dan beberapa wahana permainan serta spot-spot foto yang menarik dan  instagramable menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Sumbersuko Forest, Wagir, Malang
Sumbersuko Forest, Wagir, Malang

Sumbersuko Forest tergolong objek wisata baru di Malang Raya yang dibuka pada akhir 2017. Meskipun baru, wana wisata ini telah banyak dikunjungi baik oleh warga setempat maupun wisatawan dari luar kota. Terutama  bagi keluarga yang ingin menikmati kesejukan dan kedamaian  suasana hutan pinus.

Yuntyas di rumah pohon Sumbersuko Forest, Wagir, Malang
Yuntyas di rumah pohon Sumbersuko Forest, Wagir, Malang

Daya tarik Sumbersuko Forest, membuat Yuntyas bersama keluarganya tergerak untuk turut menikmati suasana hutan pinus ini. Kebetulan sang suami yang bertugas di luar kota sedang libur sehingga wanita penggemar travelling dan kuliner ini, memanfaat kebersamaan tersebut untuk jalan-jalan ke hutan pinus di lereng Gunung Kawi ini. 

Agustin di Sumbersuko Forest, Wagir, Malang
Agustin di Sumbersuko Forest, Wagir, Malang

Begitu pula dengan Agustin Setyorini yang datang jauh-jauh dari kota Probolinggo khusus untuk menikmati suasana alam hutan pinus ini.

Nah, berikut ini adalah ulasan ayodolenrek tentang objek wisata alam Sumbersuko Forest, Wagir, Malang ini dengan nara sumber dua orang wanita yang tetap cantik di usia jelita.


Ada Apa Di Sumber suko?

Selain suasana alam yang sejuk, tenang dan damai beberapa wahana permainan anak dan spot selfie kekinian telah disediakan pihak pengelolah Sumbersuko Forest Wagir, Malang.

Rumah Panggung di Sumbersuko Forest, Wagir, Malang
Izzy dan Azriel di Rumah Panggung di Sumbersuko Forest, Wagir, Malang

Gardu pandang, rumah panggung dan jembatan layang dari kayu, spot selfie di rumah pohon dan jembatan penyeberangan berhias bola lampu warna-warni, juga ada ditempat ini. Kemudian spot selfie pohon warna berbentuk I Love You, kincir air dan jembatan bambu yang berwarna warni, juga menambah daya tarik tempat ini.

Gardu pandang dan jembatan kayu di Sumbersuko Forest
Azriel di Gardu pandang dan jembatan kayu Sumbersuko Forest

Saat ini, pengelolah Sumbsersuko Forest, juga menyediakan fasilitas persewaan motor ATV dan kuda untuk berkeliling mengikuti rute perjalanan yang ditentukan. Khusus persewaan kuda, hanya tersedia pada hari Minggu saja. Entah, jika pengunjung yang datang setiap hari semakin bertmabah banyak.

Ayunan di Sumbersuko Forest
Yunti dan Izzy main ayunan di Sumbersuko Forest

Selain itu, ada kolam renang anak, taman bunga yang cantik, serta meja dan kursi terbuat dari bambu guna tempat istirahat bagi para  wisatawan. Jika lapar, wisatawan tidak perlu merasa khawatir karena tersedia warung lesehan yang menyuguhkan beberapa menu makanam seperti bakso. 

Fasilitas umum lainnya seperti toilet dan  lahan parkir yang sangat luas juga tersedia.

Tarif Masuk Sumbersuko Forest

Untuk dapat menikmati suasana di Sumbersuko Forest, wisatawan hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 5.000 plus biaya parkir kendaraan saja.

Agustin mencoba motor ATV di Sumbersuko Forest
Agustin mencoba motor ATV di Sumbersuko Forest

Sementara untuk sewa motor ATV dengan 3x putaran dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 namun jika hanya 2x putaran saja hanya membayar Rp. 15.000.

Video Tentang Sumbersuko Forest

Untuk lebih mengenal  Sumbersuko Forest, berikut ini adalah video yang dibuat berdasarkan foto-foto dari kedua nasasumber dan sumber lain di internet dengan tujuan memberikan gambaran situasi dan kondisi yang ada di objek wisata ini.



Penutup

Bagi masyarakat Dusun Kenongo dan sekitarnya, keberadaan Sumbersuko Forest diharapkan dapat turut membantu menggerakkan roda perekonomian warga. Sehingga semakin banyak wisatawan yang datang mengunjungi objek wisata ini maka akan semakin banyak pendapatan yang diterima oleh masyarakat yang terlibat maupun kas desa.

Nah, tunggu apa lagi? Mari jalan-jalan dan kuliner bersama mengunjungi Sumbersuko Forest, Wagir, Malang.



Wisata Hutan Lainnya :



2 komentar: