Home » » Meriah ! Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018

Meriah ! Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018

Meriah ! Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018 – Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke 193, pada hari Minggu, 21 Okt0ber 2018, yayasan Klenteng Eng An Kion menyelenggarakan kirab ritual dan budaya yang diikuti 28 peserta dari sejumlah kota di Jawa Timur dan dari luar Pulau Jawa. Semua peserta merupakan bagian dari yayasan tempat ibadah Tri Darma.

Sangat Meriah!

Hampir sepanjang Jalan Laksamana Martadinata, Jalan Gatot Subroto Perempatan Klojen hingga kawasan Tugu Balaikota Malang, penuh dengan masyarakat yang ingin menyaksikan kemeriahan acara ini. 

Reog Ponorogo Dalam Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018
Reog Ponorogo Dalam
Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018

Start dari Klenteng Eng An Kiong yang berada di Jl Martadinata kemudian bergerak ke Jl Gatot Subroto, melintasi depan Stasiun Malang dan perempatan Klojen, lalu belok kiri ke arah alun-alun Tugu Balikota Malang. Dan, berakhir ditempat semula.

Atraksi Naga Dalam Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018
Atraksi Leang Leong Dalam 
Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018

Kirab Budaya ini dilepaskan oleh Walikota Malang, Sutiaji. Menurut Sutiaji, perhelatan kebudayaan dalam rangka peringatan HUT Yayasan Klenteng Eng An Kiong yang ke-193 itu layak diapresiasi. Mengingat keberadaan yayasan ini telah memberi warna bagi sejarah dan kehidupan Kota Malang. 

Dan, kemeriahan berbagai atraksi budaya yang dipertontonkan juga berpeluang menjadi potensi dan tujuan wisata yang diharapkan menjadi agenda wisata tahunan kota Malang.

Barongsay Dalam Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018
Barongsay Dalam
Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018

“Keberadaan Klenteng Eng An Kiong dan kebudayaan yang dipertahankan adalah salah satu aset Kota Malang. Oleh sebab itu, sudah seyoigayanya masyarakat Kota Malang mengetahui dan mengenal keberadaan klenteng ini.” Kata Walikota Malang.

Dalam kirab budaya klenteng ini, tidak hanya menampilkan budaya dari etnis Tionghoa saja namun juga menyajikan hiburan khas Nusantara yaitu Reog Ponorogo.

Sahabat dolenners, itulah kemeriahan Kirab Budaya Klenteng Eng An Kiong, Malang 2018.

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek..

Sumber : Surianto Sugali

Artikel Lainnya :

0 comments:

Post a Comment