Home » » Malang International Coffee Day 2018

Malang International Coffee Day 2018

Malang International Coffee Day 2018 – Tepat bersamaan dengan hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2018, para penggiat kopi di Malang Raya merayakan Hari Kopi atau International Coffee Day bertempat di gedung Graha Insan Gita, Jl. Soekarno Hatta Indah, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Malang.

Malang International Coffee Day 2018
Malang International Coffee Day 2018

Sebagai pemrakarsa acara ini adalah Ari pemilik Telescope Café bersama kawan-kawan dari penggiat kopi seluruh Malang Raya. Mulai dari pemilik kedai kopi hingga para penikmat kopi di Malang Raya turut berpartisipasi dalam acara tahunan ini terutama para pelaku bisnis kopi yang tergabung dalam jaringan kopi Malang Raya.

Ari, Pemrakarsa Malang International Coffee Day 2018
Ari, Ketua Panitia Malang International Coffee Day 2018

Menurut penuturan Ari, “Untuk wilayah Jawa Timur, hanya penggiat kopi Malang Raya saja yang merayakan Hari Kopi  Internasional ini. Namun begitu, penggiat kopi dari berbagai daerah lainnya di Jawa Timur tetap mendukung berlangsungnya acara ini.

Sedangkan pendanaannya berasal dari sumbangan sukarela para pemilik kedai dan para penikmat kopi, “ lanjutnya.

International Coffe Day atau Hari Kopi merupakan perayaan tahunan yang dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda di setiap negara dengan tujuan untuk merayakan kenikmatan minuman kopi sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap para petani kopi.

Tanggal 29 September dirayakan sebagai Hari Kopi di berbagai negara seperti Malaysia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Ethiopia, dan Swedia. Pada acara ini para pelaku bisnis kopi di seluruh dunia menawarkan kopi secara gratis atau dengan harga yang murah khusus kepada pelanggan loyal atau para penikmat kopi.

Tidak hanya para penikmat kopi dari Malang Raya dan daerah lain di Jawa Timur saja yang datang pada acara ini, tetapi para petani kopi juga turut hadir meramaikan Hari Kopi di Graha Insan Gita ini.

Haji Udin, Rembug Pawon di Malang International Coffee Day 2018
Mas Edi (tengah) Dari Rembug Pawon di
Malang International Coffee Day 2018

Menurut Mas Edi dari Rembug Pawon, bersama dengan Ipong pemilik Toko Kopi Koopen dan lain-lainnya yang selama ini aktif dalam kegiatan pemberdayaan petani kopi di Malang Raya, menyatakan, 
hubungan antara petani dan pelaku bisnis kopi memang harus dijalin secara harmonis dan saling menguntungkan dengan tujuan menjaga dan meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan.”

Akan berbeda ceritanya, ketika kopi dari tangan para petani jatuh kepada tangan-tangan yang tidak tepat, kemungkinan kualitas  dan harga kopi juga akan jauh berbeda,” lanjut pria berambut gondrong ini.

Pada acara International Coffee Day ini, panitia membagikan 1.000 cup coffee secara gratis dan membuka  klinik edukasi kopi bersama Bayu Ariel dari Vens Cofee dan Ari Suprayoga dari rumah Seduh Arlan . 

Selain itu, para penikmat kopi yang hadir dalam acara ini dihibur dengan penampilan 88 Band bersama Sabiella Maris dan Oddy.

Penampilan 88 Band di Malang International Coffee Day 2018
Penampilan 88 Band di Malang International Coffee Day 2018

Duet Vokalis 88 Band di Malang International Coffee Day 2018
Duet Vokalis 88 Band di Malang International Coffee Day 2018

Sangat meriah.

Terbukti animo penggiat kopi di Malang Raya semakin hari semakin bertambah, terlihat dari banyaknya penikmat kopi yang datang dari berbagai daerah, baik hanya menikmati beragam citarasa kopi maupun secara serius mengikuti klinik edukasi kopi.

Animo Penggiat Kopi di Malang International Coffee Day 2018
Animo Penggiat Kopi di Malang International Coffee Day 2018

Panitia Malang International Coffee Day 2018
Panitia Malang International Coffee Day 2018

Klinik Edukasi Kopi di Malang International Coffee Day 2018
Klinik Edukasi Kopi di Malang International Coffee Day 2018

Harapannya, acara Hari Kopi Internasional ini dapat menjadi agenda tahunan para penggiat kopi di Indonesia khususnya Malang Raya. Dan, penyelenggaraan acaranya semakin seru dan meriah serta melibatkan semakin banyak penggiat kopi.

Selamat Hari Kopi Internasional..



1 comments:

  1. selamat dan sukses pada panitia dan sekua yg terlibat ....international coffee day ...

    ReplyDelete