Home » » Museum Angkut, Batu : Museum Transportasi Pertama Di Asia Tenggara 2018

Museum Angkut, Batu : Museum Transportasi Pertama Di Asia Tenggara 2018

Museum Angkut, Batu : Museum Transportasi Pertama Di Asia Tenggara  – Satu objek wisata di kota Batu yang unik dan menarik serta mengusung konsep angkutan adalah Museum Angkut, Batu, Jawa Timur. Seperti namanya, Museum Angkut memang memiliki banyak koleksi angkutan atau transportasi mulai dari yang belum menggunakan mesin hingga angkutan modern.

Museum Angkut, Batu diresmikan pada tanggal 9 maret 2014, sebagai bentuk apresiasi terhadap perkembangan dunia transportasi khususnya Indonesia hingga dunia. Hingga sekarang museum kendaraan ini menjadi objek wisata yang mengusung konsep angkutan atau transportasi pertama di Asia Tenggara.

Fery dan keluarga di Museum Angkut, Batu
Fery dan keluarga di Museum Angkut, Batu

Mulai dari kendaraan tanpa mesin seperti sepeda ontel, pedati, dokar, becak kemudian mobil-mobil keluaran lama hingga kendaraan modern menggunakan tenaga listrik semuanya ada di Museum Angkut, Batu ini.

Menariknya lagi, berbagai kendaraan yang berasal dari berbagai negara, di tampilkan dengan latar belakang menyerupai negara asli dimana angkutan tersebut berasal. Sehingga pengunjung dengan mudah dapat mengenali kendaraan yang dipamerkan itu. 

Dan tentunya, menjadi spot foto yang menarik dan instagramable.

Museum Angkut berdiri di atas lahan seluas 3 hektar dimana koleksi kendaraannya ditempatkan pada setiap ruangan lantai tiga yang dibagi berdasarkan zona. Bagi penggemar dunia otomotif, Museum Angkut merupakan tempat yang tepat untuk memanjakan diri bersama kenangan transortasi dunia.

Untuk lebih mengenal objek wisata Museum Angkut, Batu, Jawa Timur ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek dengan narasumber sahabat dolenners yaitu Fery Feriansyah dan Susilowati.

Zona Dalam Museum Angkut, Batu

Untuk membuat penampilannya menarik, Museum Angkut membagi penempatan koleksi berbagai angkutannya ke dalam zona-zona. Selain kendaraannya, latar belakang ruangan yang digunakan juga dibuat sangat menarik sesuai dengan negara asalnya sehingga memberikan suasana unik dan berbeda bagi pengunjung.

Fery dan putranya di Museum Angkut, Batu


Inilah beberapa zona dalam Museum Angkut.

1. Zona Utama

Saat memasuki Museum Angkut, kita akan disambut oleh ruangan utama dengan kesan mewah dimana berbagai kendaraan yang terkenal dari jaman ke jaman dari seluruh dunia dipamerkan. Kendaraan-kendaraan itu berjajar dengan rapi ditambah dengan keterangan yang diletakkan di depannya.

2. Zona Edukasi

Secara keseluruhan, Museum Angkut memberikan edukasi kepada pengunjungnya. Namun, untuk angkutan-angkutan yang memiliki sejarah baik dari Indonesia maupun manca negara, dikelompokkan tersendiri dalam zona edukasi.

Seperti mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Sukarno yaitu Chrysler Windsor Deluxe dan lain-lain.

3. Zona Batavia Dan Sunda

Pada zona ini, dipamerkan berbagai angkutan termasuk latar belakangnya yang berhubungan dengan Sunda dan Batavia tempo dulu seperti pelabuhan Sunda Kelapa dengan penduduk Belanda, menara Syahbandar, bajaj dan angkutan lain pada masa itu.

4. Zona Gangster Town & Broadway Street

Zona di dalam Museum Angkut yang menjadi favorit dan banyak dikunjungi adalah zona Gangster Town & Broadway Street. Dimana lingkungan dan suasananya dibentuk seperti dalam film Gangster Al Capone yang populer di Amerika.

Fery dan keluarga di Zona Gangster Museum Angkut, Batu


Sementara Zona Broadway menampilkan lingkungan para musisi dan actor yang sedang beraksi di panggung Broadway.

5. Zona Eropa

Pada zona Eropa, dipamerkan berbagai koleksi angkutan terkenal di dataran benua Eropa yang pernah menghiasi negara-negara besar seperti Prancis, Jerman, Italia dan  Inggris. Dan, keempat negara besar tersebut merupakan bagian dari Uni  Eropa.

6. Zona Istana Buckingham

Zona ini menampilkan suasana di Istana Buckingham, Inggris. Latar belakang yang artistic ditambah dengan berbagai angkutan tersohor seperti Mini Coper, Raligh, Filir dan masih banyak angkutan lainnya. 

Salah satunya adalah mobil yang pernah digunakan oleh ratu Elizabeth ketika parade di negara Australia.

7. Zona Las Vegas

Dari dulu hingga sekarang, Las Vegas, Amerika merupakan tempat hiburan yang memiliki daya tarik kuat ke seluruh dunia. Nah, di zona ini, paling tidak kita bisa berfoto dan merasakan sensasi berada di tempat hiburan tersebut.

8. Zona D’Topeng Kingdom

Kerajaan Topeng merupakan zona budaya bangsa Indonesia yang memamerkan berbagai kekayaan warisan budaya di Indonesia yang indah dan menarik.

Zona Budaya Indonesia


9. Zona Pasar Apung

Zona Apung ini meniru suasana, lingkungan dan kegiatan transaksi jual beli yang ada di Pasar Terapung, Banjarmasin atau pasar terapung lainnya. Namun disini, pedagang tidak hanya menjual berbagai makanan namun juga menjual berbagai merchandise museum Angkut Malang dan oleh-oleh khas nusantara.

10. Zona Hollywood

Pada zona Hollywood ini, pengunjung dapat menikmati sensasi rasa saat berada di pusat perfilman dunia mulai dari kendaraan, patung-patung dan aksesoris yang pernah digunakan dalam film-film Hollywood.

11. Zona Fligh Training

Pengunjung Museum Angkut dapat belajar dan mencoba menjadi seorang pilot di ruangan cockpit pesawat yang sudah didesain menarik dan sangat persis dengan aslinya. Tapi, di zona Flight Training ini engunjung diwajibkan membayar tiket wahana terlebih dahulu.

Selain itu, Museum Angkut sering digunakan untuk menggelar berbagai event seperti pameran, syuting vido klip, foto prewedding serta tak jarang digunakan sebagai arena kompetisi modif kendaraan. 

Terbaru Di Museum Angkut

Baru-baru ini, Sahabat Dolenners mengunjungi Museum Angkut bersama putrinya. Ternyata koleksi yang dimiliki museum ini semakin bertambah banyak berupa angkutan udara yaitu helikopter dan kereta api.

Susilowati dkk di Museum Angkut, Batu


Dan, wahana permainan baru yang harus kita coba saat berada di Museum Angkut ini adalah Drop And Twist Tower

Wahana Permainan Baru di Museum Angkut, Batu
Wahana Permainan Baru di Museum Angkut, Batu

Video Zona Di Museum Angkut

Berikut ini adalah foto-foto perjalanan wisata Fery Feriansyah bersama keluarga saat mengunjungi setiap zona dalam Museum Angkut, Batu, yang dikemas dalam bentuk video.



Lokasi Museum Angkut, Batu

Museum Angkut berada di kota Batu, tepatnya di jalan Terusan Sultan Agung Atas No.2 Kota Batu, Jawa Timur.

Akses Menuju Museum Angkut

Untuk menuju ke Museum ini, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum lainnya. Asalkan sudah sampai di kota Batu, maka kita dengan mudah sampai di Museum Angkut mengingat hampir setiap orang sudah mengetahui lokasinya.

Becak di Museum Angkut, Batu


Jika naik bus, dari arah Malang, Jombang atau Kediri, bisa menggunakan bis kecil Puspa Indah dan berhenti di Batu setelah itu kita bisa menggunakan jasa Grab atau Go Jek.

Harga Tiket Masuk Museum Angkut

Untuk dapat menikmati segala keunikan dari Museum Angkut, Batu, pengunjung dikenakan tarif sebagai berikut.

  • Tiket Reguler (Weekday) Rp 70.000
  • Tiket Reguler (Weekend) Rp 100.000

Sedangkan jam buka setiap harinya mulai pukul 12.00 WIB hingga  20.00 WIB.

Karena wisata Museum Angkut saat ini sangat populer sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Untuk mendapatkan tiket masuk, kita harus rela antri terlebih dahulu.

Tips Wisata Ke Museum Angkut, Batu

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan wisata ke Museum Angkut, Batu.

  • Jika membawa kendaraan pribadi, maka datanglah lebih awal agar mendapatkan tempat parkir di dekat pintu masuk museum.
  • Persiapkan fisik terlebih dahulu karena beberapa zona di dalam museum memiliki lokasi yang berjauhan, maka kita harus berjalan kaki untuk mengunjungi setiap zona yang ada sehingga sebaiknya fisik dalam keadaan bugar jika akan berkunjung ke Museum Angkut.
  • Dilarang membawa bekal makanan dari luar atau dari rumah kecuali makanan bayi.
  • Dilarang menyalakan api atau rokok dan juga tidak boleh membawa hewan peliharaan ke museum ini.

Penutup

Nah, itulah ulasan ayodolenrek tentang objek wisata yang lagi viral di kota Batu yaitu Museum Angkut, museum yang memiliki berbagai koleksi angkutan atau kendaraan mulai dari yang tanpa mesin hingga menggunakan tenaga listrik.

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek…

Objek Wisata Batu Lainnya :


4 comments: