Home » » Ulasan Lengkap Pantai Balekambang, Bantur, Malang : Tanah Lot Jawa Timur

Ulasan Lengkap Pantai Balekambang, Bantur, Malang : Tanah Lot Jawa Timur

Pantai Balekambang, Bantur, Malang : Tanah Lot Jawa Timur – Pantai Balekambang, Bantur, Malang, memiliki topografi dan lanskap serta keindahan alam yang mirip dengan Pantai Tanah Lot di Bali. Sehingga Pantai Balekambang dijuluki sebagai “Tanah Lot-nya Jawa Timur” . 

Sejak dahulu, Pantai di Bantur, Malang ini memang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur bagi para wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Bagi warga Malang sendiri, rasanya belum lengkap apabila belum pernah mengunjungi Pantai Balekambang. Cukup janggal bila sebagai warga Malang tidak mengenal potensi wisata yang ada di daerahnya sendiri.

Any Widhi di Pantai Balekambang, Bantur, Malang
Any Widhi L dengan latar Pura Amarta Jati,
Pantai Balekambang, Malang
Namun, menikmati keindahan Pantai Balekambang bersama keluarga atau teman-teman akan terasa lebih menyenangkan. Itulah yang dilakukan Any Widhi Lestari bersama keluarganya, saat mengunjungi objek wisata pantai yang terkenal di Malang ini.

Untuk mengenal lebih detail tentang objek wisata Pantai Balekambang ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini. 

Tentang Pantai Balekambang

Sejak jaman SMA dahulu, kurang lebih 30 tahun yang lalu, nama Pantai Balekambang sudah menjadi ikon wisata pantai Kabupaten Malang. Bahkan, kenangan saat bersama teman-teman SMA, mengunjungi pantai yang memiliki pura di salah satu pulaunya ini, masih tersimpan hingga sekarang.

Kenangan 30 tahun lalu di Pantai Balekambang
Kenangan 30 tahun lalu di Pantai Balekambang, Malang

Dan sekarang, pantai yang berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang ini semakin berbenah memperbaiki diri. Infra struktur jalanan semakin mulus dan memadai serta penunjuk arah menuju objek wisata ini sudah terpasang di titik-titik jalan sehingga semakin memudahkan wisatawan yang datang berkunjung.

Hotel dan penginapan pun semakin banyak berdiri sehingga wisatawan tidak perlu berkemah saat ingin menikmati suasana malam di Pantai Balekambang.

Keindahan Pantai Balekambang, Bantur, Malang
Keindahan Pantai Balekambang, Bantur, Malang
Gambar : Jejakpiknik

Pemandangan alam di Pantai Balekambang memang sangatlah indah dimana hamparan lautan luas membentang di hadapan kita dengan air yang berwarna biru jernih dan suara deburan ombak terasa nyaman di telinga. Ditambah semilir angin laut yang mampu menina-bobokkan jiwa-jiwa yang lelah dan udara laut yang kaya oksigen membuat dada terasa mengembang. Segar.

Any Junior Menikmati Keindahan Pantai Balekambang, Malang
Any Junior Menikmati Keindahan Pantai Balekambang, Malang

Saat ombak sedang surut, kita dapat berjalan-jalan menyusuri hamparan pasir lembut menuju pulau-pulau yang ada di seberang pantai. Terdapat tiga pulau yaitu Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni yang semuanya terhubung menggunakan jembatan.

Pura Amarta Jati di Pulau Ismoyo, Pantai Balekambang, Malang
Pura Amarta Jati di Pulau Ismoyo, Pantai Balekambang, Malang

Pemandangan alam dari pulau-pulau ini sangat indah. Dan, sebuah pura yang dinamakan Pura Amarta Jati berdiri dengan megah di pulau Ismaya.

Sejarah Pantai Balekambang

Awalnya, Pantai Balekambang dikelilingi oleh hutan yang sangat lebat sehingga keberadaannya masih tersembunyi dan jarang sekali orang atau masyarakat setempat yang mengunjunginya.

Pantai Balekambang baru dikenal warga sekitar mulai tahun 1978. Melihat potensi alam yang begitu indah, seorang perangkat dari Desa Srigonco mulai membuka jalan dengan tujuan orang yang berasal dari luar desa dapat mencapai pantai dengan mudah. Maka semakin banyak orang yang datang menikmati keindahan Pantai ini.

Menikmati Keindahan Pantai Balekambang, Bantur, Malang
Menikmati Keindahan Pantai Balekambang, Bantur, Malang

Lima tahun berselang ketika Bapak Eddy Slamet menjabat sebagai Bupati Malang, Pantai Balekambang secara resmi dibuka sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur. Dan, nama Pantai Balekambang semakin terkenal. 

Keindahan Pantai Balekambang semakin dikenal masyarakat dan promosi dari cerita-cerita yang berkembang makin meningkatkan animo masyarakat untuk mengunjungi dan menikmati pemandangan alam yang indah di pantai ini.

Any Widhi Menikmati Pemandangan alam Pantai Balekambang, Malang
Any Widhi Menikmati Pemandangan alam Pantai Balekambang, Malang

Pertumbuhan ekonomi warga setempat juga semakin meningkat sehingga masyarakat membangun berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan. Saat ini, Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata pantai paling populer di Malang dan Jawa Timur.

Makam Syaikh Abdul Jalil

Kurang lebih 1 kilometer jauhnya dari Pantai Balekambang, terdapat makam yang dikeramatkan dan disucikan oleh masyarakat yaitu makam Syaikh Abdul Jalil, seorang ulama berasal dari Jogyakarta. Dulu, beliau adalah orang pertama yang membuka hutan di sekliling area Pantai Balekambang. 

Pada bulan Muharram atau Suro, banyak masyarakat dari berbagai daerah yang berziarah ke makam beliau. Masyarakat setempat juga sangat menghormati dan menghargai jasa-jasa beliau sehingga menjadikan makam Syaikh Abdul Jalil disucikan dan menjadi salah satu tujuan wisata religi yang ada di Kabupaten Malang.

Upacara Nyepi di Pantai Balekambang

Bagi masyarakat pemeluk agama Hindu dari berbagai daerah di Indonesia, Pantai Balekambang merupakan salah satu tujuan untuk melakukan prosesi upacara Nyepi, Galungan dan upacara keagamaan lainnya.

Upacara Nyepi di Pantai Balekambang, Malang
Upacara Nyepi di Pantai Balekambang, Malang
Gambar : jejakpiknik

Justru pada saat Hari Raya Nyepi, Pantai Balekambang semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, jauh melebihi dibandingkan pada hari-hari biasa. Keberadaan Pura Amarta Jati di pulau Ismaya yang menjadi tempat sentral upacara keagamaan menjadi daya tarik tersendiri bagi penganut agama Hindu dari berbagai daerah.

Pada saat Hari Raya Nyepi, tidak hanya pemeluk agama Hindu saja yang datang memenuhi Pantai Balekambang, namun wisatawan dengan agama lain juga turut datang ke pantai ini untuk sekedar menyaksikan keramaian upacara Nyepi.

Mitos Seputar Pantai Balekambang

Sudah menjadi rahasia umum apabila pantai-pantai yang berada di pesisir selatan pulau Jawa, memiliki hubungan yang erat dengan penguasa gaib Pantai Selatan. Begitu pula dengan Pantai Balekambang. Sehingga muncul mitos-mitos yang berkaitan dengan mistis dan misteri.

Any dan Us di Pantai Balekambang, Bantur, Malang
Any dan Us di Pantai Balekambang, Bantur, Malang

Mitos yang berkembang di masyarakat dan dipercaya kebenarannya hingga kini adalah :

  1. Ketika pasangan muda-mudi yang sedang dilanda asmara dan belum menikah secara sah berkunjung ke Pantai Balekambang, maka hubungan mereka akan berakhir.
  2. Air laut di Pantai Balekambang dipercaya dapat membuat awet muda. Sehingga tidak heran ketika kita melihat banyak wisatawan yang berendam di air laut atau sekadar mengusapkan air ke wajahnya.

Itulah mitos yang berkembang berkaitan dengan Pantai Balekambang. Hanya mitos belaka, percaya atau tidak, kembali pada diri kita masing-masing.

Tiket Masuk Pantai Balekambang

Tarif masuk ke Pantai Balekambang sebesar Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- per orangnya tergantung pada hari biasa atau hari libur dan hari besar. 

Aktivitas Wisata di Pantai Balekambang

Kegiatan apa saja yang dapat kita lakukan saat berkunjung ke Pantai Balekambang?

Any bermain air laut di Pantai Balekambang, Malang
Any bermain air laut di Pantai Balekambang, Malang

Sebagai salah satu objek wisata pantai populer di Malang, Balekambang menawarkan banyak sekali pilihan kegiatan yang dapat kita lakukan antara lain sebagai berikut:
  • Bermain air laut selama ombak tidak terlalu besar dan tanda larangan bermain di bibir pantai tidak dipasang oleh pihak pengelolah pantai.
  • Melihat keindahan berbagai macam karang laut dan ketika air sedang surut, kita juga dapat melihat berbagai macam ikan hias kecil dan biota laut lainnya yang sedang berenang berkelompok.
  • Pada acara-acara tertentu di Pantai Balekambang, kita  dapat menyaksikan kemeriahan upacara Suroan, Maulidan dan upacara Jalanida Puja. Terutama pada bulan Suro, Pantai Balekambang akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah untuk sekadar mandi di laut atau melakukan ritual lainnya.
  • Menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset. Keindahan pemandangan alam saat matahari terbenam di Pantai Balekambang sungguh indah sehingga sangat sayang bila dilewatkan.
  • Bermain flying fox di wahana outbond dengan tarif sebesar Rp 20.000,-
  • Menikmati kuliner seafood yang lezat sambil bercengkrama bersama keluarga atau sahabat. 

Indahnya pemandangan sunset di Pantai Balekambang, Malang
Indahnya pemandangan sunset di Pantai Balekambang, Malang
Gambar : jejakpiknik

Fasilitas-fasilitas di Pantai Balekambang

Fasilitas bagi wisatawan di Pantai Balekambang semakin lengkap sehingga dapat semakin memberi rasa nyaman, aman  dan kemudahan dalam beraktivitas. Berikut ini adalah berbagai fasilitas yang ada di Pantai Balekambang.

1. Hotel dan Penginapan
Bagi anda yang ingin menginap, saat ini telah banyak penginapan dan hotel yang dapat disewa dengan tarif mulai dari Rp 150.000,- hingga Rp 250.000,- per malam. Dan, dapat dipesan atau booking secara online melalui Agoda, PegiPegi dan lain-lain. 

2. Toilet Umum
Toilet umum merupakan fasilitas penting yang harus ada di setiap objek wisata. Dan, disini tersedia beberapa toilet umum dengan kondisi cukup bersih sehingga dapat digunakan untuk membilas dan membersihkan diri setelah puas bermain dengan air laut atau pasir.

3. Rumah Makan
Jika anda tidak membawa bekal makanan, di sepanjang tepi pantai, banyak kita jumpai warung makan maupun resto yang menawarkan berbagai menu makanan mulai dari seafood hingga pilihan menu makanan lainnya.

4. Tempat Parkir
Pantai Balekambang memiliki fasiltas tempat parkir yang luas, aman dan dikelolah dengan baik sehingga wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu merasa khawatir.

5. Toko Oleh-oleh
Selain rumah makan dan restoran, kios-kios cindera mata juga banyak terdapat di sekitar pantai ini sehingga kita dapat dengan mudah menemukannya bila ingin membawa oleh-oleh buat keluarga, teman dan kerabat di rumah.

6. Tempat Ibadah
Sebagai objek wisata terkenal di Malang, pengelolah Pantai Balekambang menyediakan fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh umat Islam yaitu mushola dengan kondisi bersih dan nyaman.

7. Fasilitas Lain
Selain fasilitas-fasilitas yang tersebut diatas, pengelolah Pantai Balekambang juga menyediakan fasilitas lainnya seperti area perkemahan, kantor informasi, pendopo dan bungalow sederhana.

Tips Berwisata ke Pantai Balekambang

Sebelum melakukan perjalanan wisata ke Pantai Balekambang, sebaiknya kita mempersiapkan hal-hal berikut ini sehingga liburan kita terasa nyaman.
  • Persiapkan bekal pakaian secukupnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Pesan tiket, penginapan jauh-jauh hari apabila ingin menginap.
  • Bawalah penutup kepala seperti payung atau topi untuk melindungi diri dari sengatan panas matahari.
  • Hindari berenang di laut karena pada musim tertentu, ombak di pantai ini tinggi dan anginnya kencang sehingga sangat berbahaya untuk berenang.
  • Bawa power bank dan isi penuh baterai kamera dan gadget terlebih dahulu karena banyak spot-spot cantik di sekitar pantai untuk diabadikan.

Transportasi Menuju Pantai Balekambang

Banyak pilihan moda transportasi yang dapat kita gunakan untuk mengunjungi Pantai Balekambang baik menggunakan angkutan umum, mobil pribadi, sepeda motor maupun menggunakan jasa travel. 

Karena objek wisata ini sangat terkenal dan infra struktur jalannya mulus dan memadai serta penunjuk jalan yang bertebaran di beberapa tempat maka sangatlah mudah untuk menemukannya.
Namun, kita tetap harus waspada dan hati-hati mengingat ada beberapa titik dimana jalannya agak sempit dengan tikungan tajam disana-sini. 

Waktu Terbaik Menikmati Keindahan Pantai Balekambang

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Balekambang dengan aman dan nyaman, kita harus memilih waktu yang tepat yakni pada bulan-bulan dimana ombak lautan tidak begitu besar. Hindari berwisata ke Pantai Balekambang pada bulan Juli-Agustus, karena pada bulan ini, ombak lautan sangat besar.

Foto berikut ini menunjukkan betapa besarnya ombak dan angin di Pantai Balekambang pada bulan tersebut yang mampu merusak beberapa bagian infrastruktur yang ada ditempat ini.

Ombak dan angin besar bulan Juli di Pantai Balekambang, Malang
Ombak dan angin besar bulan Juli di Pantai Balekambang, Malang

Penutup 

Seperti tak ada habisnya mengunjungi objek-objek wisata yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Namun, jika bukan kita, siapa lagi?

Maka, selagi ada waktu, kesempatan dan biaya, mari kita jalan-jalan ke objek-objek wisata dan mencicipi kulinernya seperti di Pantai Balekambang ini.

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek…

1 comments:

  1. Liat foto jadul....aduhhhh....jadi ingat ....pingin mengulang kembali masa2 sma ...hehehe

    ReplyDelete