Home » » Asiknya Rame Rame Menikmati Keindahan Pantai Bantol, Harta Karun Tersembunyi Di Malang Selatan

Asiknya Rame Rame Menikmati Keindahan Pantai Bantol, Harta Karun Tersembunyi Di Malang Selatan

Asiknya Rame Rame Menikmati Keindahan Pantai Bantol, Donomulyo, Malang – Jalur Lingkar Selatan Malang sudah dikenal sebagai daerah yang memiliki pantai-pantai yang indah. Dan, pantai terbaru di JLS adalah Pantai Bantol yang berada di Dusun Sumberceleng, Desa, Banjarejo, Donomulyo, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Pantai Bantol, Harta Karun Tersembunyi Di Malang Selatan
Pantai Bantol, Harta Karun Tersembunyi Di Malang Selatan

Jika dilihat dari sisi keindahannya, Pantai Bantol tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Malang Raya. Beberapa keistimewaan yang menjadi daya tarik lebih dari Pantai Bantol antara lain adalah memiliki gelombang yang tenang, hutan jati dan mangrove, danau, goa serta udang lobster yang melimpah. Dan, masih banyak potensi wisata lainnya yang dapat kita eksplorasi.

Sehingga Pantai Bantol dijuluki sebagai harta karun wisata yang tersembunyi di Malang Selatan.

Tutik dkk di Pantai Bantol, Malang Selatan
Tutik (kanan) dkk di Pantai Bantol, Donomulyo, Malang Selatan

Perjalanan wisata kali ini dilakukan oleh Tutik Puji Rahayu, pemilik warung Bakso Ndeso, Sukun, Malang, yang mengunjungi Pantai Bantol bersama teman-temannya.

Untuk semakin melengkapi perbendaharaan tempat-tempat wisata di Indonesia khususnya Malang Raya, maka ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Tentang Pantai Bantol

Nama Pantai Bantol memang kalah populer dengan pantai-pantai lainnya di Jalur Lingkar Selatan Kabupaten Malang seperti Pantai Goa Cina, Pantai Teluk Asmara, Pantai Nganteb, Pantai Bajul Mati dll. Namun, keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai tersebut.

Salah satu alasan sehingga pantai ini kurang populer adalah akses menuju objek wisata ini cukup sulit daripada menuju pantai lainnya, dimana kita harus menempuh perjalanan sepanjang 8 km melalui hutan jati terlebih dahulu. Sedangkan pantai-pantai lain di JLS cukup mudah dijangkau. 

Keindahan Pantai Bantol, Malang Selatan
Keindahan Pantai Bantol, Harta Karun Tersembunyi Di Malang Selatan
Gambar : jejakpiknik.com
Dan, pada umumnya para wisatawan mencari objek wisata yang dekat dengan jalan raya sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga.

Tapi, jika mau sedikit bersusah payah, maka kita akan menemukan harta karun wisata tersembunyi yang memiliki banyak keistimewaan dibandingkan dengan objek-objek wisata lainnya.

Keistimewaan Dari Pantai Bantol

1. Pantai dengan gelombang yang tenang

Saat memasuki Pantai Bantol, setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh dan harus melewati jalanan berlumpur, maka pemandangan pantai yang indah akan menyambut kita. Hamparan pasir putih kecoklatan berpadu dengan birunya air laut ditambah dengan adanya gugusan karang di sepanjang garis pantai membentuk satu lukisan yang sangat indah.

Ombak tenang di Pantai Bantol
Ombak tenang di Pantai Bantol
Gambar : jejakpiknik.com

Ombak di Pantai Bantol sangat tenang meskipun pada saat air laut pasang berubah menjadi tinggi seperti pada umumnya ombak di pantai sepanjang laut selatan pulau Jawa.

2. Hutan bakau di danau

Keistimewaan lain dari Pantai Bantol adalah adanya hutan mangrove atau bakau yang menjadikan pantai ini semakin unik dan menarik karena sedikit sekali pantai di pesisir selatan pulau Jawa yang punya hutan bakau. 

Hutan mangrove dan danau di Pantai Bantol, Malang Selatan
Hutan mangrove dan danau di Pantai Bantol, Malang Selatan
Gambar : jejakpiknik.com
Tanaman Bakau ini tumbuh di sebuah danau air payau yang sangat jernih dan menjadi muara dari sungai-sungai kecil berasal dari hutan jati. 

3. Goa Batu Kapur

Kemudian, kita juga dapat mengunjungi goa Batu Kapur yang terdapat di Pantai Bantol dimana goa ini merupakan bagian dari pegunungan gamping atau kapur di Malang Selatan yang merupakan sebaran karst terbaik di seluruh pulau Jawa. 

Goa kapur ini sangat indah dan memiliki banyak kekayaan geologis.

4. Menikmati pemandangan dari pesanggrahan

Kurang lebih 200 meter dari Pantai Bantol, kita akan menemukan sebuah bangunan berbentuk semi permanen yang terbuat dari semen dan tangga dari batu kapur. Itulah yang disebut Pesanggrahan Gunung Kembar. 

Pemandangan dari Pesanggrahan Gunung Kembar, Pantai Bantol
Pemandangan dari Pesanggrahan Gunung Kembar, Pantai Bantol
Gambar : perjalananku

Letaknya yang berada di atas karang dan menjorok ke laut di sisi Timur Teluk Bantol, membuat tempat ini menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan.

5. Memancing dan menangkap lobster

Lobster dan ikan laut lainnya sangat banyak ditemukan di Pantai Bantol. Keberadaan hutan mangrove membuat populasi Lobster berkembang baik. Maka, jika kita hobi memancing, sensasi memancing Lobster dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Lobster di Pantai Bantol, Malang Selatan
Lobster di Pantai Bantol, Malang Selatan
Gambar : radarmalang

Namun, jika tidak, kita dapat membelinya dari para nelayan dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 80.000 hingga  100.000 per kilogramnya. Dan, kita dapat memilih tiga jenis lobster yang tersedia, yaitu lobster kembang, macan dan warna. 

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Bantol, kita hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp. 5.000 dan ditambah Rp. 5.000 lagi untuk jasa parkir. 

Rute ke Lokasi Pantai Bantol

Akses menuju Pantai Bantol terbilang cukup mudah, jika berada di pusat kota Malang, maka kita melakukan perjalanan menuju arah Pantai Ngliyep di Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, kemudian belok kanan hingga sampai di pertigaan ke Desa Banjarejo. 

Ketika sampai di gapura Desa Bandarejo, ikuti jalan aspal hingga menemukan jalanan kerikil. Setelah itu, kita melewati hutan jati sepanjang 8 kilometer hingga sampai ke lokasi Pantai Bantol. 

Jalanan menuju Pantai Bantol, Malang Selatan
Jalanan menuju Pantai Bantol, Malang Selatan
Gambar : perjalananku

Kita harus berhati-hati karena beberapa bagian jalan memiliki lumpur yang dalam, tapi jika menggunakan mobil kita dapat melewati jalan ini karena banyak truk-truk yang sering melintasinya. Akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan off-road atau motor non-matik.

Satu hal yang harus kita perhatikan saat menempuh perjalanan melalui hutan jati ini adalah perbekalan makanan dan minuman, mengingat sepanjang jalan ini belum ada warung makan sama sekali.

Asal usul Pantai Bantol

Pantai Bantol ditemukan pertama kali oleh Baya Diyat, seorang perantau yang mencari nafkah dan kehidupan baru di bibir pantai pada tahun 1950.

Karena inrastruktur jalanan yang rusak karena sering dilewati oleh truk pengangkut kayu dan hasil buah, maka pada tahun 1990 karena mendapat protes warga setempat, akhirnya Perum Perhutani mengambil keputusan untuk memperbaiki jalanan menuju pantai Bantol.

Dan, sekarang  wisatawan dapat lebih mudah untuk mengunjungi Pantai Bantol ini.

Penutup

Melihat perjalanan yang cukup jauh untuk mencapai objek wisata Pantai Bantol ini, akan lebih seru dan menyenangkan jika dilakukan rame rame bersama teman-teman atau keluarga.

Tutik dkk di area parkir Pantai Bantol
Tutik dkk di area parkir Pantai Bantol

Tunggu apalagi? Mari kita jalan-jalan ke Pantai Bantol yang banyak menyimpan harta karun wisata.


1 comments: