Home » » 8 Hal Menarik Yang Dapat Kita Lakukan Di Alun-alun Kota Wisata Batu

8 Hal Menarik Yang Dapat Kita Lakukan Di Alun-alun Kota Wisata Batu

8 Hal Menarik Yang Dapat Kita Lakukan Di Alun-alun Batu – Alun-alun Batu merupakan tempat yang menjadi ikon kota Batu. Setiap kali berkunjung ke Batu, kita pasti melihatnya saat perjalanan menuju objek-objek wisata di kota Apel ini. Meskipun dari luar sudah terlihat menarik, namun saat pertama kali melihatnya, akan timbul pertanyaan dalam hati kita, “apa yang menarik ditempat ini?”

\Faktanya, banyak hal-hal menarik yang dapat kita lakukan di alun-alun ini baik bersama keluarga, teman maupun pasangan.

Alun-alun Kota Wisata Batu
Alun-alun Kota Wisata Batu

Dan, rasanya belum lengkap jika pergi ke kota Batu tanpa menikmati suasana di alun-alunnya apalagi tidak dipungut biaya. Maka, sangat sayang untuk dilewatkan.

Bagi warga Malang Raya, mengisi hari libur bersama keluarga dengan mengunjungi Alun-alun kota Batu menjadi pilihan wisata yang murah meriah. Seperti halnya Bambang Sugeng bersama kedua anaknya yang mengisi hari Minggu dengan jalan-jalan dan wisata kuliner di Batu.

Bambang Sugeng dan keluarga di Alun-alun Kota Batu
Bambang Sugeng dan keluarga di Alun-alun Kota Batu

Nah, untuk menambah minat anda mengunjungi Alun-alun Batu, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini tentang delapan hal-hal menarik yang dapat kita lakukan di alun-alun kota wisata Batu.

8 Hal Menarik Yang Dapat Kita Lakukan Di Alun-alun Batu

1. Tugu Apel Sebagai Ikon Batu

Buah Apel sudah melekat sejak lama sebagai buah yang berasal dari kota Batu. Meskipun saat ini banyak perkebunan apel di batu yang sudah beralih fungsi dan budi daya apel sudah berkurang, namun Apel dan kota Batu tidak dapat dipisahkan. Sehingga buah Apel ditetapkan menjadi ikon kota Batu.

Tugu Apel di Alun-alun Batu
Tugu Apel di Alun-alun Batu

Nah, di alun-alun Batu ini, kita dapat menyaksikan patung buah apel besar yang menjadi pusat dari alun-alun. Berfoto dengan lata buah apel raksasa ini, tentunya akan menjadi foto yang unik, menarik dan instagramable.

2. Bianglala, Ferris Wheel

Keberadaan Bianglala di alun-alun Batu membuat alun-alun ini menjadi istimewa, mengingat hanya di kota Batu kita dapat menemukannya. Bianglala atau Ferris Wheel di alun-alun Batu ini memiliki tujuh belas kabin yang beraneka warna yakni merah, kuning dan hijau.

Bianglala atau Ferris Wheel di Alun-alun Kota Batu
Bianglala atau Ferris Wheel di Alun-alun Kota Batu

Hal menarik yang dapat kita lakukan adalah menaiki bianglala dengan membayar Rp. 3.000 lalu dapat menikmati pemandangan dari atas sambil mengambil gambar dari ponsel atau kamera yang kita bawa.

Berfoto dengan latar bianglala ini juga sangat menarik.

3. Lampion-lampion hewan yang lucu


Pada malam hari, suasana alun-alun Batu akan semakin menarik dengan menyalanya lampion-lampion yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip dengan bentuk-bentuk hewan seperti singa, sapi, angsa dan berbagai macam hewan lucu lainnya. Tidak hanya berbentuk hewan tapi buah-buahan dan pepohonan juga.

Berfoto dengan background lampion-lampion tersebut tentunya sangat menarik.

Foto dengan latar lampion di Alun-alun Batu
Foto dengan latar lampion di Alun-alun Batu

Nah, pada malam hari, suasana di alun-alun Batu akan menjadi semakin menarik terutama buat pasangan yang sedang menjalin kasih atau nongkrong bersama teman-teman.

4. Air Mancur

Di salah satu sudut alun-alun Batu, kita akan menemukan spot yang menarik yakni air mancur yang memiliki titik-titik semburan dengan debit air yag kecil. Menyaksikannya seolah dapat menentramkan fikiran. Dan, anak-anak dapat bermain-main air disini.

Air Mancur di Alun-alun kota Batu
Air Mancur di Alun-alun kota Batu

Bagi penggemar fotografi, air mancur ini merupakan spot foto yang unik, menarik dan tentunya instagramable.

5. Taman bermain anak

Bagi pengunjung alun-alun Batu yang membawa anak-anak. Dijamin, anak-anak akan merasa betah karena ditempat ini juga disediakan tempat bermain untuk anak-anak yang dikelilingi pagar sehingga aman. 

Taman Bermain Anak di Alun-alun Kota Batu
Taman Bermain Anak di Alun-alun Kota Batu

Karena lokasi alun-alun dekat dengan jalan raya dan padat pengunjung terutama pada hari libur maka menempatkan anak-anak di taman bermain akan menghindarkan mereka bermain hingga ke jalan raya.

6. Masjid An Nuur Batu

Tepat di depan alun-alun Batu, hanya dengan menyeberang jalan saja, kita akan menemukan bangunan masjid yang megah dan indah yaitu Masjid An Nuur. 

Masjid An Nuur Batu
Masjid An Nuur, Batu

Kita dapat menjalankan ibadah sholat, berfoto dengan latar rumah ibadah atau hanya sekedar merasakan suasana masjid yang tenang dan menentramkan.  

7. Naik Delman Keliling Alun-alun 

Satu lagi kegiatan menarik yang dapat kita lakukan saat berada di Alun-alun kota Batu yaitu naik delman mengelilingi alun-alun dan sekitarnya. Tentunya sangat menyenangkan terutama buat anak-anak kita sambil mendendangkan lagu “naik delman.”

Naik Delman di Alun-alun kota Batu
Naik Delman di Alun-alun kota Batu

8. Wisata Kuliner

Tidak jauh dari alun-alun Batu, hanya dengan berjalan kaki saja, kita akan menemukan lokasi kuliner yang terkenal di kota Batu seperti Ketan Legenda, susu segar, Ceker Setan dan jajanan lainnya.

Pos Ketan Legenda, Kuliner enak di dekat Alun-alun Batu
Pos Ketan Legenda, Kuliner enak di dekat Alun-alun Batu 

Setelah lelah bermain dan menikmati suasana alun-alun, kita dapat mengisi tenaga dengan menikmati berbagai kuliner di tempat ini.

Sahabat dolenners, itulah 8 hal menarik yang dapat kita lakukan di Alun-alun kota Batu. Meskipun tidak dikenakan biaya masuk, jangan sangka jika ditempat ini tidak ada hal-hal yang menarik. Sehingga sangat disayangkan bila berkunjung ke Batu tanpa mampir ke alun-alunnya.

Uniknya lagi, bentuk bangunan sebagai pusat informasi di alun-alun ini berbentuk Strawbery dan toiletnya berbentuk Apel.

Pada malam hari, jika beruntung, kita akan menemukan para actor lokal yang memerankan karakter hantu dengan wajah menyeramkan dan pakaian putih layaknya Kuntilanak, Sundel Bolong dan hantu-hantu lainnya.

Hantu-hantu itu berkeliaran di pinggir jalan raya sambil menggoda dan menakut-nakuti para pengguna jalan terutama yang sedang berjalan kaki. Namun, sebagian besar pengunjung alun-alun sudah mengetahui jika hantu ini hanyalah orang-orang yang menyamar sehingga mereka hanya kaget lalu berlari menjauh sambil tersenyum.

Tips Wisata Ke Alun-alun Batu

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat berwisata ke Alun-alun Batu sehingga niatan kita untuk refreshing dan menenangkan fikiran tidak berubah menjadi kekecewaan. Berikut ini adalah tips yang harus anda perhatikan.

1. Susahnya mencari tempat parkir kendaraan

Satu hal yang kadang menjadi penghalang saat ingin menikmati suasana alun-alun Batu adalah susahnya mencari tempat parkir bagi kendaraan kita terutama pada hari libur. Bagi yang membawa sepeda motor tidak terlalu susah, namun bagi yang membawa mobil harus berkeliling terlebih dahulu sebelum menemukan tempat yang kosong.

Nah, jika tempat parkir yang ada di sekeliling alun-alun sudah penuh, kita dapat memarkirkan kendaraan kita di halaman Masjid An Nuur dan sudah ada petugas parkir yang mengaturnya sehingga kendaraan kita aman.

2. Larangan Merokok

Saat berada di Alun-alun Batu, ada larangan untuk merokok. Sehingga bagi para perokok hal ini dianggap sebagai rintangan sehingga enggan untuk memasuki tempat ini.

Larangan merokok di Alun-alun Batu
Larangan merokok di Alun-alun Batu

Namun, jangan khawatir karena pihak pengelolah alun-alun telah menyediakan tempat di sebelah timur dan utara untuk smoking area. 

Nah itulah tips singkat saat berwisata ke Alun-alun Batu.

Video Alun-alun Batu

Untuk mendapatkan gambaran lebih detil tentang suasana alun-alun Batu, silahkan tonton video berikut ini. 



Penutup

Sahabat dolenners, itulah delapan hal menarik yang dapat kita lakukan saat mengunjungi alun-alun kota Batu. Ternyata, meskipun tidak dikenakan biaya masuk, tetapi banyak hal menarik yang dapat kita lakukan saat berada di pusat kota Batu ini.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek… 

Objek Wisata Di Kota Batu Lainnya :



4 komentar:

  1. Suip untuk tmp transit... Kulinernya banyak pilihan 👍

    BalasHapus
  2. lokasi dekat rumah
    beayanya muraaah
    tempatmya meriaaah
    hatiku sumringaaah....
    👍✌

    BalasHapus
  3. Emang bener kok begitu asyiiiik....apalagi menikmatinya pada malam hari

    BalasHapus