Home » » 9 Hal Menarik Bersama Keluarga Di Alun-Alun Kota Malang

9 Hal Menarik Bersama Keluarga Di Alun-Alun Kota Malang

9 Hal Menarik Bersama Keluarga Di Alun-Alun Kota Malang – Menikmati liburan bersama keluarga di Kota Malang tidak perlu bingung harus pergi kemana. Alun-alun”kotak” Kota Malang, adalah destinasi wisata murah meriah yang dapat menjadi pilihan di hari libur. Apalagi sejak alun-alun ini selesai di revitalisasi sehingga banyak hal menarik yang dapat kita lakukan bersama keluarga di tempat ini.

Alun-alun Kota Malang
Fery Feriansyah di Alun-Alun Kota Malang

Saat ini, wajah Alun-Alun Kota Malang atau lebih dikenal dengan nama Alun-Alun Kotak ini terlihat semakin indah dan menawan dengan perbaikan infra struktur jalan, penambahan fasilitas dan wahana permainan anak serta spot-spot foto yang unik, menarik dan instagramable.

Rina rayis di Alun-alun Kota Malang
Rina rayis di Alun-alun Kota Malang

Sehingga tidak hanya warga Malang Raya saja yang menjadikan Alun-alun Kotak ini menjadi destinasi wisata pilihan di hari libur, tapi juga wisatawan dari berbagai daerah lainnya di Indonesia. Selain wajah baru yang semakin menawan, banyak tempat-tempat menarik lainnya di sekeliling Alun-Alun Kota Malang ini.

Sisi lain Alun-Alun Kota Malang
Sisi lain Alun-Alun Kota Malang
Nah, untuk mengetahui hal-hal menarik yang dapat kita lakukan di Alun-Alun Kota Malang ini terutama bagi sahabat dolenners yang berada diluar kota Malang, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

9 Hal Menarik Di Alun-Alun Kota Malang

1. Jalan-jalan Keliling Alun-Alun

Jalanan berpaving membelah Alun-Alun dan menjadi penghubung antara satu tempat dengan tempat lainnya sehingga memudahkan pengunjung jalan-jalan mengelilingi tempat ini tanpa harus menginjak rerumputan.

Jalanan berpaving di Alun-alun Kota Malang
Jalanan berpaving di Alun-alun Kota Malang
Gambar : Halo Malang
Sambil berjalan, kita dapat melihat gedung dan bangunan yang berdiri sejak jaman kolonial dulu seperti Gereja, Masjid Jami, Kantor Pos dan gedung kantor Kabupaten Malang.

Jalanan lebar di Alun-alun Kota Malang
Dua jelita di jalanan paving di Alun-alun Kota Malang

2. Menikmati Keindahan Air Mancur

Lelah berjalan, kita dapat duduk di bangku taman yang nyaman sambil menikmati keindahan air mancur atau pemandangan indah di sekeliling alun-alun. Air mancur di alun-alun Kota Malang ini, akan terlihat semakin indah ketika malam hari, saat lampu-lampu di sekelilingnya menyala memberikan efek cahaya yang mempesona.

Air Mancur di Alun-alun Kota Malang
Air Mancur di Alun-alun Kota Malang
Gambar : Halo Malang

3. Memberi Makan Burung Merpati

Memberi makan burung-burung Merpati di Alun-Alun Kotak ini merupakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan terutama bagi anak-anak. Burung-burung Merpati itu akan terbang menghampiri ketika kita menaburkan biji-bijian lalu dengan paruhnya yang mungil mematuki makanannya.

Memberi makan burung Merpati di Alun-alun Kota Malang
Memberi makan burung Merpati di Alun-alun Kota Malang

Terlihat jinak, namun ketika kita berusaha menyentuhnya, maka burung itu akan terbang menjauh seperti peribahasa, “jinak-jinak Merpati.” Satu perumpamaan yang menggambarkan seorang gadis yang sedang di dekati calon pacarnya.

Burung-burung Merpati ini memang sengaja ditempatkan di sini untuk memberi daya tarik dan mempercantik suasana alun-alun kota Malang.

4. Menikmati Keindahan Pohon Tabebuya Kuning

Terdapat sebuah pohon Tabebuya atau Sakura berwarna kuning di area Alun-alun ini. Tapi sayang, tidak dapat kita saksikan keindahannya setiap hari, kita harus menunggunya saat musim semi tiba. Akan sangat beruntung saat kita berada di alun-alun ini dan dapat menyaksikan keindahan bunga Sakura yang bermekaran lalu berguguran.

Seperti yang dilakukan oleh gadis kecil ini bersama bapaknya.

Pohon Tabebuya Kuning di Alun-alun Kota Malang
Pohon Tabebuya Kuning di Alun-alun Kota Malang

Dan, sayang hanya satu pohon saja. Mungkin akan terlihat lebih indah apabila ditanam beberapa pohon yang sama seperti yang terdapat di Jalan Ksatrian Arhanud, Pendem, Kota Batu.

5. Sholat di Alun-Alun Kota Malang 

Khususnya pada hari Jum’at, jamaah yang melaksanakan sholat Jum’at atau sholat Ied sampai meluber hingga ke jalanan. Sehingga pengelolah alun-alun menyediakan shaf-shaft untuk sholat tepat menghadap ke Masjid Jami.

Shaft-shaft untuk sholat di Alun-alun Kota Malang
Shaft-shaft untuk sholat di Alun-alun Kota Malang

Dengan demikian, kita tidak bingung mencari masjid lain untuk melaksanakan sholat. Kita dapat sholat di Alun-Alun Kota Malang.

6. Hangout Sambil Menikmati Wifi Gratis

Nongkrong bersama teman atau pasangan di ALun-Alun Kotak akan semakin betah dan lama dengan adanya fasilitas WiFi gratis yang memang disediakan untuk pengunjung tempat ini.

7. Menikmati Keindahan Masjid Jami

Masjid Jami kota Malang memiliki desain arsitektur yang indah dan megah. Dengan kubah dan kedua menaranya serta menara kecil lainnya membuat Masjid di depan ALun-Alun Kota Malang ini terlihat megah seperti masjid-masjid di Timur Tengah.

Menikmati Keindahan Masjid Jami Malang
Raline dengan latar Masjid Jami Malang

Nah, saat berada di alan-alun ini, kita dapat menyaksikan keindahan Masjid Jami sambil duduk di bangku taman atau sekedar menatapnya sambil berjalan.

Masjid Jami Malang Dari Alun-alun Kota Malang
Masjid Jami Malang Dari Alun-alun Kota Malang

8. Menjajal Spot-spot Foto Yang Unik Dan Menarik 

Meskipun tiap sudut alun-alun Kota Malang dapat menjadi spot foto yang menarik, namun pihak pengelolah telah menyediakan spot-spot unik dan menarik bagi para penggemar fotografi, seperti berikut ini.

Spot Foto Menarik Di Alun-alun Kota Malang
Spot Foto Menarik Di Alun-alun Kota Malang

Wisatawan dari Serpong menjajal spot foto di Alun-alun Malang
Wisatawan dari Serpong menjajal spot foto di Alun-alun Malang

9. Mencoba Wahana Permainan

Bagi pengunjung yang membawa anak, jangan khawatir bila anak anda merasa tidak betah berada disini karena pihak pengelolah telah menyiapkan wahana permainan khusus anak-anak. Sehingga sambil mengawasi anak-anak kita bermain, kita dapat menikmati keindahan Alun-Alun Kota Malang.

Wahana Permainan di Alun-alun Kota Malang
Wahana Permainan di Alun-alun Kota Malang

Penutup

Sahabat dolenners, itulah beberapa hal menarik yang dapat kita lakukan saat berada di Alun-Alun Kota Malang. Sebetulnya, masih banyak hal-hal menarik lainnya yang dapat kita lakukan disini tergantung pada ketersediaan waktu kita. Namun 9 hal tersebut sudah cukup mewakili.

Sebagai warga kota Malang, tentunya akan merasa bangga dengan keindahan Alun-Alun yang menjadi milik bersama warga Malang ini. Namun, membangun dan memperbaiki memang lebih mudah daripada mempertahankannya.

Maka, mari kita jaga dan kita lestarikan objek wisata murah yang menjadi salah satu ikon kota Malang ini.


2 comments: