Home » » Dari Banjarmasin Mengintip Keindahan Danau Singkarak, Sumbar 2018

Dari Banjarmasin Mengintip Keindahan Danau Singkarak, Sumbar 2018

Dari Banjarmasin Mengintip Keindahan Danau Singkarak, Sumbar 2018 – Sebagai danau terluas kedua di Pulau Sumatera, Danau Singkarak menyimpan keindahan alam yang tak kalah indahnya dengan Danau Toba yang berada di peringkat pertama. Hamparan perbukitan nan hijau di tepi danau berpadu dengan kilauan permukaan air serta cakrawala luas yang kadang berwarna biru cerah atau buram tertutup awan. 

Sungguh satu lukisan alam yang sangat indah.   

Selain keindahannya yang menawan, Danau Singkarak juga memberikan manfaat besar lainnya bagi kehidupan manusia. Dimana, air danau ini dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air atau  PLTA Singkarak yang berada di Lubuk Agung. 

Berbeda dengan PLTA pada umumnya dimana pembangkit listrik itu berada di pinggir danau atau tepat di bendungan. PLTA Singkarak mengalirkan air dari Danau Singkarak melalui terowongan panjang menembus bukit barisan menuju ke lokasi PLTA yang berada di Lubuk Agung.

Dari Banjarmasin Mengintip Keindahan Danau Singkarak, Sumbar 2018
Lily Rosyadah dan rombongan di Danau Singkarak
Baca Juga : Studi Banding Disbudpar Banjarmasin Ke Istana Pagaruyung, Sumatera Barat 2018

Setelah mengunjungi Istana Pagaruyung, Lily Rosyadah bersama rombongan Disbudpar Banjarmasin, melanjutkan perjalanan ke Danau Singkarak. Kondisi alam, adat dan budaya dan potensi wisata yang ada di bumi Putri Junjung Buih ini hampir sama dengan di Sumbar sehingga rombongan ini merasa seolah berada di kampungnya sendiri.

Nah, untuk mengetahui lebih dekat tentang objek wisata alam Danau Singkarak di Sumatera Barat ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Baca Juga : Danau Toba Dan Pulau Samosir : Wisata Alam Populer Dengan Kisah Legendanya

Tentang Danau Singkarak

Sebagai objek wisata alam, Danau Singkarak memang memiliki keindahan alam yang seolah tak pernah membuat bosan para wisatawan. Air berwarna kebiruan membentang seluas   kurang lebi 11.200 hektare dan dibatasi dengan perbukitan yang hijau. Dan cakrawala yang membentang diatasnya, seolah dapat menjadi cahaya yang membuat suasana alam danau ini berubah.

Keindahan Danau Singkarak, Sumbar
Keindahan Danau Singkarak, Sumbar
Gambar : pinterest.com

Suasana berubah menjadi gelap ketika awan tebal menutupi matahari, dan akan kembali terang saat sang bayu menghalau awan-awan itu. 

Untuk dapat menikmati keindahan alam Danau Singkarak, wisatawan dapat berkeliling danau menggunakan kapal fery yang berlabuh di dermaga. Selain itu, karena letak jalan raya berada di pinggir danau maka kita dapat menyusuri pinggir danau lewat jalan darat.

Memang pihak pengelolah belum menyediakan spot-spot foto khusus, namun seorang penggemar fotografi pasti dapat menemukan tempat-tempat yang indah untuk berfoto.

Sejarah Danau Singkarak

Aktifitas lempengan bumi di atas bagian sesar Sumatera, tepatnya di cekungan Singkarak-Solok menghasilkan danau tektonik yang diberi nama Danau Singkarak. Danau alami dengan luas kurang lebih 11.200 hektar dan panjang sekitar 20 KM serta kedalaman sekitar 268 meter, dengan lebar maksimal sekitar 6.5 KM.

Danau Singkarak, Sumbar
Danau Singkarak, Sumbar
Gambar : liputan6.com

Pada tahun 1905, seorang biologist asal Jerman bernama Ernst Haeckel, melakukan penelitian di Danau Singkarak ini. Kekagumannya atas keindahan alam di tempat ini membuatnya berusaha mengenalkan objek wisata ini ke dunia luas. Lama kelamaan Danau Singkarak menjadi objek wisata yang populer.

Letak Danau Singkarak

Karena sangat luas, membuat area Danau Singkarak berada di antara dua kabupaten yaitu kabupaten  Solok dan kabupaten Tanah Datar. Dari kota Padang, jaraknya kurang lebih 70 KM. Jika anda menggunakan rute Solok, waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam.

Danau Singkarak, Sumatera Barat
Danau Singkarak, Sumatera Barat
Gambar : cyberworld32

Jika melalui Padang Panjang, waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam. Rute padang panjang bisa diambil jika anda memang mau ke Bukit tinggi terlebih dulu.

Spot-spot Menarik Di Danau Singkarak

Sebagai objek wisata nasional yang banyak dikunjungi wisatawan, pihak pengelolah menyediakan spot-spot yang menarik untuk dikunjungi berikut ini.

1. Dermaga Singkarak

Salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Dermaga Singkarak. Dimana ditempat ini banyak pemandangan perahu-perahu dan speed boat yang lalu lalang membelah perairan. Selain itu, dermaga ini juga sering dijadikan sebagai pusat kegiatan olahraga sepeda bertaraf internasional yakni Tour De Singkarak.

2. Puncak Gobah

Puncak Gobah merupakan satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmati keindahan Danau Singkarak dari ketinggian. Lokasinya berada di Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Dari kota Solok jaraknya sekitar 20 km.

Puncak Gobah, Sumbar
Puncak Gobah, Sumbar
Gambar : KSMtour

3. Puncak Thailand

Puncak bukit yang berada Nagari Simawang, kecamatan Rambatan, Tanah Datar ini memiliki nama asli Pucak Bukit Pulau. Namun lama kelamaan karena menyerupai bukit yang ada di negara Thailand, maka disebut sebagai Puncak Thailand.

Puncak Thailand, Sumbar
Puncak Thailand, Sumbar
Gambar : adira finance

4. Pantai Tanjung Mutiara

Tempat menarik lainnya di wilayah Danau Singkarak adalah Pantai Tanjung Mutiara. Salah satu pantai di pinggiran danau Singkarak yang sudah dikelola dengan cukup baik. Dimana wisatawan dapat menikmati pemandangan danau langsung dar tepinya dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap.

Pantai Tanjung Mutiara, Sumbar
Pantai Tanjung Mutiara, Sumbar
Gambar :  objek wisata sumbar

5. Bukit Chi Nang Kiek

Spot yang terbilang baru adalah Bukit Cinangkiak atau Puncak Chi Nang Kiek. Meskipun terbilang baru, tempat ini dapat kita jadikan salah salah satu lokasi untuk menikmati keindahan danau dari jauh.

Bukit Chi Nang Kiek, Sumbar
Bukit Chi Nang Kiek, Sumbar
Gambar : plesiran kota tua

Selain yang tersebut diatas, masih banyak spot-spot indah dan menar iklainnya di sepanjang wilayah Danau Singkarak. Memang butuh waktu cukup lama untuk mengeksplore lebih detail objek wisata ini mengingat wilayahnya yang cukup luas.

Namun, jika terbatas waktu kita, lebih baik pilih spot-spot tersebut diatas.

Tour De Singkarak

TourDe Singkarak adalah salah satu event internasional yang rutin digelar danau ini. Perlombaan balap sepeda bertaraf internasional yang digulirkan pada tahun 2009 oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Tour De Singkarak, Sumbar
Tour De Singkarak, Sumbar

Sekarang, event  balap sepeda internasional ini sudah resmi menjadi salah satu agenda tahunan dari Persatuan Balap Sepeda Internasional. Tujuan utama dari adanya event ini adalah untuk mengangkat keindahan dan potensi wisata Sumatera Barat, khususnya daerah singkarak dan sekitarnya, di mata dunia.

Video Danau Singkarak

Untuk lebih mengenal salah satu objek wisata di propinsi Sumatera Barat ini, mari kita saksikan video berikut ini.



Penutup

Potensi wisata yang ada di Sumatera Barat yang sudah dikenal dunia, boleh dikatakan hampir mirip dengan potensi yang dimiliki oleh Propinsi Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin. Sehingga, Disbudpar Banjarmasin melakukan studi banding ke Sumbar untuk menggali informasi dalam peningkatan potensi wisata di daerahnya.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek…

Sumber : nativeindonesia

2 comments: