Home » » Menjajal Spot Foto Unik dan Instagramable di Goa Pinus, Gunung Banyak, Batu

Menjajal Spot Foto Unik dan Instagramable di Goa Pinus, Gunung Banyak, Batu

Menjajal Spot Foto Unik dan Instagramable di Goa Pinus, Batu – Banyak yang belum mengenal nama objek wisata Goa Pinus, Batu ini. Namun berbeda dengan di media sosial, namanya cukup populer di kalangan nitizen karena banyak yang mengunggah foto-foto yang unik dan instagramable di tempat ini.

Dalam foto-foto tersebut, terlihat spot-spot foto di Goa Pinus ini yang unik dan menarik serta membuat para netizen penasaran dan ingin mengunjungi salah satu area wisata di Gunung Banyak, Batu ini. Termasuk Mariza dan keluarganya, salah satu sahabat dolenners yang berasal dari Tanjung Selor, Kalimantan Timur.

Menjajal Spot Foto Unik dan Instagramable di Goa Pinus, Gunung Banyak, Batu
Menjajal Spot Foto Unik dan Instagramable di
Goa Pinus, Gunung Banyak, Batu
Selain mengunjungi objek-objek wisata lainnya di Kota Batu, Mariza bersama Gufron dan Citra, suami dan putrinya, juga menjajal spot-spot foto unik dan instagramable di Goa Pinus ini.

Nah, untuk lebih mengenal objek wisata Goa Pinus, Gunung Banyak, Pujon, Kota Batu ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Goa Pinus, Gunung Banyak, Pujon, Batu 

Goa Pinus berada dalam kawasan Wisata Gunung Banyak, Batu, yang menyajikan beragam tempat wisata alam yang menarik. Mengutip dari Kompasiana, kawasan ini setidaknya memiliki enam spot wisata yang dibagi ke dalam dua zona, yaitu :

1. Zona Paralayang

Zona pertama ini meliputi spot wisata Paralayang, Oemah Kayu, dan Taman Langit.

2. Zona Goa Pinus

Sedangkan zona kedua terdiri dari spot memanah, spot wisata Rumah Papua dan Goa Pinus. 

Kembali pada Goa Pinus, Awalnya, goa ini, merupakan gua yang menjadi lokasi penambangan pasir. Karena sudah tidak dipergunakan lagi, maka oleh pengelolahnya disulap menjadi tempat wisata yang unik dan menarik sehingga mampu menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang berkunjung ke tempat ini.

Pintu Gerbang Goa Pinus Pujon, Batu
Pintu Gerbang Goa Pinus Pujon, Batu

Pintu masuk menuju Goa Pinus terbuat dari dahan-dahan pohon yang kering. Jalanan setapak berpaving dengan tanaman bunga di kanan-kirinya, membelah hutan pinus menuju spot-spot yang ada. Di jalanan ini, terdapat sebuah joglo untuk istirahat dimana dinding joglo ini terbuat dari bahan-bahan kayu dengan desain unik.

Goa Pinus Pujon, Batu
Goa Pinus Pujon, Batu
Gambar : Kompasiana

Sedangkan goa pinusnya sendiri, ternyata adalah sebuah lobang yang menjorok ke dalam tanah sekitar 5 meter. Menurut cerita penduduk setempat, goa itu dulunya, merupakan bekas peninggalan Jepang. Versi lainnya mengatakan jika gua itu merupakan bekas galian tambang. 

Goa Pinus memiliki diameter sekitar 1.5 m di mulut gua dihiasi dengan ornament terbuat dari kayu dengan bentuk yang menyeramkan. Sehingga suasananya berkesan sedikit "seram" tapi sebenarnya tidak menakutkan.

Spot-Spot Fot Unik dan Instagramable di Goa Pinus Pujon

Bagi pengunjung Goa Pinus yang gemar fotografi, ada beberapa spot foto yang unik dan menarik yang disediakan oleh pengelolah tempat ini antara lain sebagai berikut.

1. Rumah Joglo

Setelah memasuki pintu gerbang Goa Pinus, kita akan menemukan rumah joglo yang digunakan sebagai  tempat istirahat. Bangunan rumah joglo ini terbuat dari kayu dengan bentuk tak beraturan sehingga membuat desain rumah ini menjadi unik termasuk perabotan kursi-kursinya yang juga terbuat dari kayu.

Mariza dan Citra di Rumah Joglo, Goa Pinus, Pujon, Batu
Mariza dan Citra di Rumah Joglo, Goa Pinus, Pujon, Batu

Citra di Rumah Joglo, Goa Pinus, Batu
Citra di Rumah Joglo, Goa Pinus, Batu

Kunikannya ini yang membuat rumah joglo ini menjadi spot foto yang unik dan menarik.


2. Replika Perahu

Setelah rumah joglo, spot menarik lainnya adalah sebuah replika perahu dengan posisi anjungan yang menjorok ke arah luar tebing hutan pinus.  Tempat foto yang cukup menantang, namun jika kita dapat mengambil sudut foto yang tepat, maka hasilnya, kita seolah naik perahu di udara.

Mariza di Replika Perahu Goa Pinus Pujon, Batu
Mariza di Replika Perahu Goa Pinus Pujon, Batu

Citra di Replika Perahu Goa Pinus, Gunung Banyak
Citra di Replika Perahu Goa Pinus, Gunung Banyak

Inilah daya tarik yang menjadikan tempat ini juga menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto.

3. Rumah Papua

Spot menarik lainnya adalah Rumah Papua. Spot yang berisi replika rumah-rumah kecil yang terbuat dari kayu dengan atap bulat yang terbuat dari bahan mirip ilalang, seperti rumah yang ada di pedalaman Papua.

Citra dan Gufron di Rumah Papua
Citra dan Gufron di Rumah Papua

Posisi replika rumah ini berjejer di sepanjang pinggiran tebing hutan pinus sehingga rumah ini juga berfungsi sebagai gardu pandang dimana pengunjung dapat bersantai dan menikmati indahnya pemandangan kawasan perbukitan dengan udaranya yang sejuk.

Mariza di Rumah Papua
Mariza di Rumah Papua

Dari jendela rumah Papua ini, pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbit yang muncul dari balik kaki Gunung Arjuno.

Citra di Rumah Papua
Citra di Rumah Papua 

Pada saat turun kabut pada pagi atau sore hari, berfoto di Rumah Papua ini akan terlihat sangat eksotis dengan latar kabut menyelimutinya. Sehingga spot satu ini menjadi buruan wisatawan untuk berfoto.

4. Pintu Bulat

Spot lainnya yang sering digunakan untuk berfoto adalah sebuah pintu bulat yang terbuat dari kayu. Pintu ini merupakan pintu masuk menuju ke Rumah Papua. Bentuknya yang bulat dan terbuat dari susunan kayu-kayu yang di pernis terlihat unik dan menarik. Sehingga banyak wisatawan yang menjadikannya spot foto.

Pintu Bulat di Goa Pinus Pujon, Batu
Pintu Bulat di Goa Pinus Pujon, Batu

5. Pohon Pinus Degan Tulisan Lucu

Sebuah tren yang lagi marak diterapkan pada objek wisata alam hutan pinus yaitu sebuah papan dengan tulisan-tulisan lucu yang dipasang pada pohon-pohon pinus. Kesan unik dan lucu akan terlihat ketika kita berfoto dibawahnya.

Pohon Pinus Dengan Tulisan Lucu
Pohon Pinus Dengan Tulisan Lucu

6. Spot Di Tepi Tebing

Nah, spot foto ini yang cukup menantang nyali. Sebuah spot yang dibuat hingga menjorok keluar tebing. Sehingga saat berada di atasnya, disekeliling kita tidak ada pijakan lagi dan dibawahnya adalah jurang. Untuk menuju spot foto menantang ini, tersedia jalanan kayu yang melingkar seperti ular tanpa pagar.

Spot di tepi tebing Goa Pinus Pujon, Batu
Spot di tepi tebing Goa Pinus Pujon, Batu

Jarang pengunjung yang berani berfoto ditempat ini. Namun, jika kita berani, maka hasil fotonya akan terlihat ekstrem dan menarik sekali.

Itulah beberapa spot foto yang unik, menarik dan menantang serta instagramable yang ada di objek wisata Goa Pinus.

Lokasi Goa Pinus Batu

Goa Pinus ini berada di kawasan Pujon, Batu. Tepatnya di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi  Jawa Timur. 

Rute Goa Pinus Batu

Untuk menuju lokasi Goa Pinus ini, dengan patokan Alun-alun Kota Batu, maka kita akan menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 11,6 kilometer kea rah Pujon melalui Jalan Brigjend Abdul Manan Wijaya dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Ketika sampai di daerah Pujon, kita akan menemukan sejumlah rambu petunjuk arah yang menuju ke arah Goa Pinus Pujon. Tidak terlalu jauh. Jika bingung, kita bisa bertanya pada penduduk sekitar.

Memang akses menuju Goa Pinus Batu atau juga dikenal dengan Goa Pinus Pujon ini agak sulit karena belum ada transportasi umum yang menuju ke sini, sehingga hanya bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Goa Pinus Batu

Untuk dapat menikmati keindahan alam di Goa Pinus dan menjajal spot-spot Foto yang unik dan menarik, wisatawan akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Tarif yang sama juga dikenakan pada beberapa spot wisata yang berada di sekitar kawasan Pujon, seperti Taman Kelinci dan Rumah Papua. 

Fasilitas Di Goa Pinus Pujon

Karena terbilang objek wisata baru, fasilitas umum yang ada ditempat ini belumlah lengkap. Namun seiring perkembangan jumlah wisatawan, maka pihak pengelolah akan terus berbenah untuk memperbaiki dan menambah fasilitasnya.

Penutup

Sahabat dolenners, itulah pengalaman Mariza bersama suami dan anaknya dari Tanjung Selor, Kaltim, saat menjajal spot-spot foto yan unik dan instagramable di Goa Pinus Pujon, Batu.

Tentunya, kenangan berada di Goa Pinus ini akan menjadi kenangan indah keluarga kecil ini. Dan, pengalaman berwisata ke Batu akan disebarluaskan kepada teman-teman dan kerabat yang ada di Kalimantan Timur.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek..

2 comments: