Home » » Jambore American Jeep 2018 Cibubur Dengan Tema Hari Pahlawan

Jambore American Jeep 2018 Cibubur Dengan Tema Hari Pahlawan

Jambore American Jeep 2018 Cibubur Dengan Tema Hari Pahlawan – Pada tanggal 10 – 11 Nopember 2018, Bumi perkemahan Cibubur  berubah seolah menjadi medan pertempuran pada jaman revolusi fisik. Ratusan Jeep Willys dengan berbagai aksesoris perang  berkumpul memadati camping ground Cibubur, Jakarta Timur. Suasana perang semakin kental dengan berdirinya tenda-tenda dan peralatan pertahanan lainnya. 

Jambore American Jeep 2018 Cibubur Dengan Tema Hari Pahlawan
Jambore American Jeep 2018 Cibubur Dengan Tema Hari Pahlawan

Itulah peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember yang diadakan oleh komunitas American Jeep dari seluruh penjuru tanah air yang dikemas dalam acara Jambore American Jeep 2018. Event yang menjadi agenda tahunan ini memang dilaksanakan pada setiap tanggal 10 Nopember.

Budi Wijaya di Jambore American Jeep 2018 Cibubur
Budi Wijaya di Jambore American Jeep 2018 Cibubur 

Pengalaman mengikuti Jambore American Jeep 2018 di Cibubur ini dituturkan oleh Budi Wijaya alias Bewe, sahabat dolenners yang tergabung dalam Komunitas Jeep Jabodetabek.

Nah, untuk lebih mengenal tentang American Jeep dan Jambore American Jeep 2018 di Cibubur dengan tema Hari Pahlawan, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Sejarah American Jeep

Pada tanggal 15 Juli lalu, perusahaan mobil Jeep merayakan ulang tahunnya yang ke-75. Merek mobil legendaris dari Amerika Serikat ini pertama kali lahir sebagai Willys-Overland Motor yang ditugasi membangun MB Willys.

Kemudian, ikon mobil tempur era Perang Dunia II ini menampilkan edisi spesial yaitu Wrangler 75th Salute sebagai versi modern Willys MB dengan mengambil basis Wrangler Sport dilengkapi mesin V6 3,6 liter dengan warna hijau dan velg kaleng.

American Jeep di Jambore American Jeep 2018 Cibubur
American Jeep di Jambore American Jeep 2018 Cibubur

Istilah Jeep berasal dari penyebutan akronim GP dengan kepanjangan general purpose, sedangkan nama GP aslinya bukan merupakan permintaan angkatan darat AS, melainkan Light Reconnaissance And Command Car (LRACC). Mobil inilah yang disebut juga sebagai L-Rack.

Mengutip dari Forbes, prototipe Jeep pertama kali dikembangkan oleh American Bantam Car Company of Butler dan diuji coba oleh AD di Camp Holabird, Baltimore pada tanggal 23 September 1940.

Salah satu mobil American Jeep yang dipamerkan di Cibubur
Salah satu mobil American Jeep yang dipamerkan di Cibubur

Sebelumnya, Angkatan Darat memesan kendaraan tempur ringan pengganti Ford Model T pada Juli 1940. Dengan catatan, mobil ini diharuskan memiliki spesifikasi daya angkut 272 kilogram, ground clearance kurang dari 914 milimeter, bobotnya 590 kilogram dengan sistem penggerak empat roda. Sedangkan, spesifikasi lainnya memiliki tiga kursi dan kaca depan yang bisa dilipat. 

Meskipun telah menawarkan Ford Pilot Model GP, Ford kalah tender dan yang menjadi pemenangnya adalah Spicer Manufacturing. Perusahaan otomotif yang kini dikenal sebagai Dana Corporation yang mengembangkan cikal bakal Jeep modern yang disukai baik kalangan sipil maupun mliter untuk American Bantam. 

Jeep dengan aksesoris senjata lengkap di Jambore American Jeep 2018 Cibubur
Jeep dengan aksesoris senjata lengkap di Jambore American Jeep 2018 Cibubur

Telah terjadi perubahan desain GP mulai dari prototipe hingga versi produksi. Pada awalnya, pada tahun 1940, kisi-kisi grill mobil tersebut berjumlah 13 bilah, lalu berganti jadi sembilan bilah pada konsep produksi perdana 1941 hingga akhirnya berganti menjadi tujuh bilah pada 1945 sampai saat ini.

Willys Overland baru menjual GP alias Jeep pada 1944 sebagai CJ atau Civilian Jeep. Willys Overland melucuti segala perlengkapan militer dan menambahkan lampu belakang. Kemudian, perusahaan ini dijual ke Kaiser Motor pada tahun 1953 dan memperpendek namanya menjadi  'Willys', lalu berganti nama lagi sebagai Willys-Jeep dan akhirnya hanya 'Jeep' saja.

Jeep Willys model baru di Jambore American Jeep 2018 Cibubur
Jeep Willys model baru di Jambore American Jeep 2018 Cibubur

Pada tahun 1970, Merek ini dijual kembali ke American Motor Co. Kemudian perusahaan ini menjalin kemitraan dengan Renault pada 1980. Akhirnya, AMC juga tidak bisa bertahan lama karena diakuisisi oleh Chrysler.

Saat ini, cikal bakal GP atau Jeep garapan Ford pada tahun 1940 hanya  tinggal dua unit saja yang tersisa yaitu Ford Pilot Model GP No. 1 dengan sebutan Pygmy dipajang di U.S. Veterans Memorial Museum, Huntsville, Alabama.

Jambore American Jeep 2018

Acara pembukaan Jambore American Jeep 2018 ini dimulai dengan digelarnya drama teatrikal Perang 10 Nopember dengan pemain para peserta sendiri. Berikut ini adalah rangkaian acara Jambore di Cibubur ini.

Tenda Panitia Jambore American Jeep 2018 Cibubur
Tenda Panitia Jambore American Jeep 2018 Cibubur

Dengan mengenakan baju militer lengkap dengan senapan, pistol dan peralatan perang lainnya, suasana bumi perkemahan Cibubur berubah menjadi medan pertempuran antara tentara Sekutu yang di domplengi Belanda melawan tentara Indonesia.

Drama teatrikal Pertempuran 10 Nopember di Jambore American Jeep 2018
Drama teatrikal Pertempuran 10 Nopember di Jambore American Jeep 2018
Gambar : merahputih.com

Kedua pasukan menggunakan kendaraan Jeep Willys dari berbagai jenis lengkap dengan tentara dan persenjataannya. Lalu-lalang beriringan mencari musuh.

Tentara Indonesia di Jambore American Jeep 2018
Tentara Indonesia di Jambore American Jeep 2018
Gambar : sindonews

Terjadi saling intai, saling intip dan baku tembak di antara dua kubu ini. Pertempuran berlangsung dengan seru dan menegangkan serta menelan banyak korban. Dan akhirnya, tentara Indonesia yang keluar sebagai pemenangnya.  Maka, teriakan membahana bergema di seluruh bumi perkemahan Cibubur ini menyambut kemenangan ini. “Merdeka..”

Dan, berakhirlah drama teatrikal Perang 10 Nopember di Cibubur ini.

Peserta Jambore dengan pakaian Indian
Peserta Jambore dengan pakaian Indian
Gambar : Wartakota Tribunnews
Setelah itu acara dilanjutkan dengan acara Bakti Sosial yakni menyantuni para veteran dan anak yatim. Kemudian dilanjutkan dengan Pameran Mobil Jeep lalu dilakukan pengukuhan pengurus komunitas Jeep wilayah Sumatera selatan, Kalimantan selatan dll.

Santunan untuk veteran dan Anak Yatim di Jambore American Jeep 2018
Veteran dan Anak Yatim di Jambore American Jeep 2018

Acara diakhir dengan ramah tamah dan hiburan.

Panggung Hiburan di Jambore American Jeep 2018 Cibubur
Panggung Hiburan di Jambore American Jeep 2018 Cibubur

Dinginnya udara pegunungan membuat para peserta Jambore American Jeep 2018 harus mengenakan pakain tebal. Namun, ketika dentuman suara musik dan lantunan suara merdu mendayu dari penyanyinya bergema, serentak para peserta bangkit lalu bergoyang mengikuti irama musik melayu.

Macam-macam tingkah pola dan gaya peserta Jambore dalam berjoget. Saat seperti ni merupakan ajang refreshing atau melepaskan diri dari berbagai rutinitas sehari-hari sehingga mereka bebas meluapkan ekspresinya di tempat ini.

Untuk mengintip bagaimana kemeriahan Jambore American Jeep 2018 di Cibubur ini, mari kita saksikan cuplikan video berikut ini.



Penutup

Sahabat dolenners, itulah keseluruhan acara Jambore American Jeep 2018 di Cibubur, Jakarta Timur ini. Kesempatan berkumpul setahun sekali ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta jambore.

Sehingga, pada kesempatan ini, selain menjalin silaturahmi dengan anggota klubnya masing-masing, para peserta jambore juga menjalin pertemanan dan saling mengenal dengan peserta dari berbagai daerah lainnya.

Dengan demikian, ikatan persahabatan diantara para peserta Jambore baik dengan sesama klub maupun anggota komunitas Jeep Willys dari daerah lainnya dapat terjalin semakin erat dan kuat. Jambore berikutnya akan diselenggarakan di kota Patria, Blitar, Jawa Timur.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek…

Sumber :
  • Budi Wijaya, Anggota Komunitas Jeep Jabodetabek
  • Liputan6.com
Artikel Lainnya :



2 comments: