Home » » Mengintip Eksotika Kampung Kerapu Dari Dermaga Gundil, Situbondo

Mengintip Eksotika Kampung Kerapu Dari Dermaga Gundil, Situbondo

Mengintip Eksotika Kampung Kerapu Dari Dermaga Gundil, Situbondo – Selain terkenal akan Pantai Pasir Putihnya, pemerintah daerah Situbondo semakin menggalakkan sektor pariwisatanya dengan membuat objek wisata baru yang eksotis yaitu Kampung Kerapu. Keberadaan Kampung Kerapu sebagai objek wisata bahari mulai dikenal wisatawan dan sekarang, semakin menawan dengan adanya Dermaga Gundil.

Mengintip Eksotika Kampung Kerapu Dari Dermaga Gundil, Situbondo
Mengintip Eksotika Kampung Kerapu Dari Dermaga Gundil, Situbondo

Dari Dermaga Gundil inilah wisatawan dapat mengintip atau melihat dari jauh eksotika Kampung Kerapu yang menjadi surganya para pemancing. 

Dhanik di Dermaga Gundil Situbondo
Dhanik di Dermaga Gundil Situbondo

Perjalanan wisata kali ini dilakukan oleh sahabat dolenners yaitu Dhanik bersama keluarganya saat mampir di Dermaga Gundil dalam perjalanan menuju ke Pantai Pasir Putih Situbondo.

Nah, untuk mengenal objek wisata baru di Situbondo yaitu Kampung Kerapu dan Dermaga Gundil, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Kampung Kerapu Situbondo

Kampung Kerapu berada di Pantai Sidodadi, Desa Sumberwaru, Situbondo. Selain dapat menikmati suasana alami dan eksotis oleh pemandangan bentang alam dan laut, wisatawan juga dimanjakan dengan perahu wisata menuju rumah-rumah keramba dengan latar belakang pemandangan gunung baluran yang eksotis. 

Kampung Kerapu Situbondo
Kampung Kerapu Situbondo
Sumber : Antara Jatim

Daya tarik Kampung Kerapu tidak hanya itu saja. Wisatawan juga dapat merasakan sensasi memancing di sekitar keramba yang dihuni oleh ikan-ikan besar berbagai jenis seperti Kerapu, Putihan, dan ikan laut lainya.

Ikan Kerapu di Kampung Kerapu Situbondo
Ikan-ikan Kerapu di Kampung Kerapu Situbondo
Gambar : Antara Jatim

Objek wisata Kampung Kerapu mengusung konsep family gathering dan eduwisata bahari dengan tujuan mengenalkan sunberdaya perairan dan konservasi hayati di perairan Situbondo.

Sebagai pengelolah dan pencetus gagasan Kampung Kerapu sebagai wisata bahari adalah lembaga swadaya masyarakat yang bernama Sahabat Muda Bioconservation disingkat Sambaco.

Tidak hanya memancing saja, wisatawan juga dapat berinteraksi langsung dengan biota laut ditempat ini baik hanya memberi makan dari luar atau berenang sambil memberi  makan lobster dan ikan hias serta memperoleh edukasi sumberdaya perairan dengan adanya budidaya kerapu, kakap dan lobster. 

Ada beberapa paket yang ditawarkan kepada wisatawan yaitu :

  • Pertama, memancing sehari penuh dan sepuasnya pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 50.000 perorang, fasilitas air mineral dan antar jemput perahu. 
  • Kedua, eduwisata Sumberdaya Bahari hanya Rp 25.000 perorang dengan durasi 3 jam di keramba. 
  • Ketiga, Family gathering dengan menu ikan kakap dan kerapu serta lobster ambil sendiri di keramba mulai harga Rp 75 ribu - Rp 25 ribu sesuai pilihan ikan yang dipilih pengunjung. 
  • Keempat, Kampung kerapu Sambaco juga menyediakan paket menginap dengan tenda dan bakar ikan segar di atas keramba.
  • Kelima, Paket Snorkeling di sekitr keramba. Tapi masih diupayakan kerjasama dengan menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sumberwaru dan Kelompok Baluran Bahari Berencana.

Dengan adanya pengembangan usaha ekowisata bahari ini pihak pengelolah berharap dapat meningkatkan ekonomi nelayan. Sasaran berikutnya adalah ikut mensukseskan tahun kunjungan wisata 2019 Pemkab Situbondo mendatang.

Dermaga Gundil

Dermaga Gundil yang berada di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo merupakan proyek prestisius dari Pemkab Situbondo dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten di pesisir utara pulau Jawa ini.

Dermaga Gundil Situbondo
Dermaga Gundil Situbondo
Gambar : Jawa Pos Radar Banyuwangi
Desain arsitektur Dermaga Gundil berbentuk melingkar. Dengan trotoar untuk pejalan kaki atau pedestrian yang bagus serta bangku-bangku untuk istrirahat, wisatawan dapat menikmati pemandangan dan suasana pantai serta dapat melihat keramba apung yang ada di tengah laut. 

Dhanik dan keluarga di Dermaga Gundil, Situbondo
Dhanik dan keluarga di Dermaga Gundil, Situbondo
Tidak hanya itu saja, Pemkab Situbondo akan menyediakan tempat kuliner ikan laut dimana pengunjung dapat menikmati aneka sajian ikan laut, khususnya ikan Kerapu. Tempat penginapan, rest area, tempat pertemuan, mushala, dan toilet serta semua fasilitas pendukung wisata lainnya juga akan disediakan. 

Dhanik dan keluarga di Dermaga Gundil dengan latar Kampung Kerapu Situbondo
Dhanik dan keluarga di Dermaga Gundil
dengan latar Kampung Kerapu Situbondo

Dengan demikian, wisatawan dapat berlama-lama di wisata pantai ini.  

Penutup

Memang benar kata pepatah,
“Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasai.”
Ketika  Dhanik dan keluarga melakukan perjalanan jauh dari kota Malang menuju Kabupaten Situbondo, banyak pemandangan alam indah yang dapat dilihatnya termasuk keindahan Kampung Kerapu dan Dermaga Gundil ini. Begitu pula dengan berbagai kuliner yang dapat dinikmatinya sepanjang perjalanannya.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek..


2 comments: