Home » » Kelapa Sawit Expo 2018 Dan Peresmian Kampung Wayang, Malang

Kelapa Sawit Expo 2018 Dan Peresmian Kampung Wayang, Malang

Kelapa Sawit Expo 2018 Dan Peresmian Kampung Wayang, Malang – Keberhasilan kampung-kampung wisata di kota Malang menjadi inspirasi bagi perkampungan lainnya untuk mempercantik daerahnya dengan ciri khas dan daya tariknya masing-masing. Seperti halnya warga Jalan Kelapa Sawit, Kelurahan Pisang Candi yang menghiasi rumahnya dengan lukisan wayang sehingga dijuluki Kampung Wayang.

Peresmian Jalan Kelapa Sawit menjadi Kampung Wayang ini dilakukan dengan menggelar Kelapa Sawit Expo 2018. Satu ungkapan kegembiraan warga Jalan Kelapa Sawit karena kampungnya akan menjadi salah satu ikon wisata di Kota Malang.

Kelapa Sawit Expo 2018 Dan Peresmian Kampung Wayang, Malang
Kelapa Sawit Expo 2018 Dan Peresmian Kampung Wayang, Malang

Sebagai narasumber tulisan ini adalah Erdy Wahyu Widodo, seorang warga asli Jalan Kelapa Sawit, yang bersama dengan istrinya menikmati kemeriahan Kelapa Sawit Expo dan peresmian kampungnya menjadi Kampung Wayang.

Erdik dan Istri di Kelapa Sawit Expo 2018
Erdik dan Istri di Kelapa Sawit Expo 2018

Berikut ini adalah ulasan ayodolenrek tentang Kelapa Sawit Expo dan Peresmian Jalan Kelapa Sawit, Kelurahan Pisang Candi, Kec. Sukun, Malang, menjadi Kampung wisata Wayang.

Kemeriahan Kelapa Sawit Expo 2018

Hampir sepanjang jalan Kelapa Sawit, dipenuhi oleh puluhan pedagang makanan tradisional tempo dulu maupun kuliner kekinian lainnya. Mereka  menjajakan dagangannya dan berusaha menarik pengunjung dengan keunikannya masing-masing. 

Penjual Tahu Petis di Kelapa Sawit Expo 2018
Penjual Tahu Petis di Kelapa Sawit Expo 2018

Menempati halaman rumah, para pedagang yang sebagian besar adalah warga kampung setempat, menjual aneka macam kuliner seperti Tahu Petis, Mentok Montok, Martabak Telor dan lain-lain. Tidak ketinggalan penjual mainan anak-anak.

Penjual Makanan Jawa di Kelapa Sawit Expo 2018
Penjual Makanan Jawa di Kelapa Sawit Expo 2018

Dan, sebagai puncak dan penutup acara adalah pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang disaksikan oleh warga setempat maupun para penggemar wayang kulit dari daerah lain.

Pertunjukkan Wayang Kulit di Kelapa Sawit Expo 2018
Pertunjukkan Wayang Kulit di Kelapa Sawit Expo 2018

Kampung Wayang 2018

Seperti gambar 3D di Kampung Warna Warni, ada sekitar 50 karakter wayang yang tergambar di dinding-dinding rumah warga Jalan Kelapa Sawit, RT 5 RW 3, Kelurahang Pisang Candi, Kota Malang, Jawa Timur. 

Kampung Wayang, Jl. Kelapa Sawit, Pisang Candi, Malang
Kampung Wayang, Jl. Kelapa Sawit, Pisang Candi, Malang
Gambar : Hariesdesign

Pemilihan wayang sebagai tema kampung ini selain untuk melestarikan budaya adiluhung juga untuk memperindah salah satu kampung padat penduduk di kota Malang ini. Dan, karakter wayang yang dipilih adalah tokoh wayang dalam epic Mahabharata karena kisah ini yang lebih dikenal masyarakat.

Gatotkoco, Ontoseno dan Ontorejo di Kampung Wayang
Karakter Gatotkoco, Ontoseno dan Ontorejo di Kampung Wayang
Gambar : Hariesdesign

Karakter wayang tersebut dilukis menggunakan aneka warna serta diberi tekstur dan diberi keterangan namanya sehingga memudahkan generasi muda untuk mengenal tokoh tersebut. Dan, tiap karakter dianggap menggambarkan kegiatan warga kampung, seperti tokoh Srikandi yang mewakili para ibu-ibu PKK dan karakter Abimanyu yang menggambarkan pemuda karang taruna.

Karakter Raksasa di Kampung Wayang
Karakter Raksasa di Kampung Wayang

Salah satu penggeraknya adalah Pak Saiman, seorang warga setempat yang paham dunia pewayangan dan menjadi pembuat sketsa karakter wayangnya. Pada bulan Ramadhan yang lalu, secara bergotong royong, warga mulai melukis kampung mereka.

Dan, sekarang, dinding rumah-rumah di Jalan Kelapa Sawit sudah hampir penuh dengan lukisan karakter pewayangan. Dan, keberadaan lukisan wayang ini diharapkan dapat membuat para anak muda mulai mengenal budaya pewayangan serta ikut terlibat dalam berkesenian. 

Berikut ini adalah video tentang Kelapa Sawit Expo dan Peresmian Kampung Wayang, Malang.


Penutup

Sahabat Dolenners, itulah ulasan tentang Kelapa Sawit Expo 2018 dan Peresmian Jalan Kelapa Sawit, Kelurahan Pisang Candi sebagai kampung wisata wayang. Keberadaan Kampung Wayang ini diharapkan dapat menambah perbendaharaan kampung wisata di kota Malang dan dapat menarik wisatawan untuk menikmati keunikannya.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek…

Kampung Wisata Lainnya :



3 komentar:

  1. Keren lah pokok nya maju terus cintai budaya bangsa kita

    BalasHapus
  2. mantaaap
    ada pakaian wayang disewakan ga?
    biar bs photo figur arjuna..😸

    BalasHapus