Home » » Kemeriahan Singosari Lampion Festival 2018

Kemeriahan Singosari Lampion Festival 2018

Kemeriahan Singosari Lampion Festival 2018 – Minggu malam, 17 November 2018, Lapangan Tumapel Singosari penuh sesak dipadati pengunjung dari berbagai daerah di Malang Raya yang ingin menyaksikan kemeriahan acara Singosari Lampion Festival 2018. 

Agenda wisata tahunan yang dimulai sejak tahun 2017 ini digelar dengan tujuan untuk mengenang kembali kebesaran kerajaan Singosari pada masa lalu yang menjadi cikal bakal Kerajaan Majapahit dan sekaligus menyambut hari jadi Kabupaten Malang.

Kemeriahan Singosari Lampion Festival 2018
Singosari Lampion Festival 2018

Acara yang digagas oleh komunitas Lentera Singosari ini melibatkan tokoh-tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan, mulai dari Karang Taruna, Banser, Ormas Pagar Betis,KNPI, komunitas Radio Koplak, Pelangi Singosari, Kawula Muda Bersatu, BMR, PMI, Pramuka, grup Facebook Singosari serta beberapa kelompok lain.

Peserta Singosari Lampion Festival 2018
Any Widhi, Karang Taruna Dengkol
di Singosari Lampion Festival 2018

Kali ini, peserta yang turut berpartisipasi dalam acara ini tidak hanya 27 desa yang ada di dalam wilayah Singosari saja, namun terbuka  juga untuk peserta dari berbagai daerah di Malang Raya. Tentunya acara tahun ini akan lebih semarak dan meriah.

Nah, untuk mengetahui lebih dekat agenda tahunan Kecamatan Singosari Malang ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini dengan salah satu nara sumber Any Widhi, pemilik Go Fish And Chicken Dengkol, Singosari.

Singosari Lampion Festival 2018

Acara Lentera Singosari ini berlangsung selama dua hari, dibuka pada hari Sabtu, 17 November 2018, pukul 15.15 WIB oleh Camat Singosari, Malang. Beberapa atraksi seni budaya ditampilkan pada acara pembukaan ini seperti Tari Baris Malangan, Tari Sirih Kuning dan Tari Gambyong yang dipersembahkan oleh Sanggar tari Kamaya, Singosari, Malang.

Kuliner pada Singosari Lampion Festival 2018
Salah satu kuliner yang turut memeriahkan
Singosari Lampion Festival 2018

Kemudian pada hari Minggu, acara yang berlangsung di Lapangan Tumapel ini diisi dengan Lomba Mewarnai untuk anak-anak, Senam Jantung Sehat dan hiburan musik dangdut serta pendaftaran peserta lampion. Tidak ketinggalan atraksi seni budaya dari para peserta Lentera Singosari.

Dan, sebagai puncak acara adalah Pawai Singosari Lampion Festival 2018.

Pawai Singosari Lampion Festival 2018

Jauh-jauh hari, gaung acara pawai lampion pada malam hari ini sudah bergema ke seluruh penjuru desa yang berada di wilayah Singosari. Sehingga masing-masing desa dan peserta dari daerah lain sudah mempersiapkan atraksi dan lampion yang akan ditampilkan. 

Lampion Keris pada Singosari Lampion Festival 2018
Lampion Keris pada Kemeriahan Singosari Lampion Festival 2018

Pada hari Minggu, 18 November 2018, pukul 19.00 WIB, Singosari Lampion Festival 2018 diberangkatkan dari depan SMK Al Maarif, Singosari, Malang. Satu per satu peserta pawai lampion berjalan perlahan menampilkan ciri khas dan atraksi seni budaya yang menjadi pendukungnya.

Salah satu peserta Singosari Lampion Festival 2018
Salah satu peserta Singosari Lampion Festival 2018

Antusias penonton sungguh luar biasa.

Sebelum pawai dimulai, penonton berdatangan dari berbagai daerah untuk menyaksikan kemeriahannya. Tidak hanya terpusat di Lapangan Tumapel yang menjadi pusat acara saja, namun menyebar hingga ke ujung-ujung perkampungan yang menjadi rute perjalanan pawai lampion ini, penuh dipadati penonton.

Salah satu peserta Singosari Lampion Festival 2018
Salah satu peserta Singosari Lampion Festival 2018

Bahkan jalanan sepanjang Lawang hingga Karanglo yang pada akhir pekan biasanya macet, semakin bertambah macet karena dilewati rombongan pawai lentera yang berjalan lambat. Mau tak mau, para pengguna jalan akhirnya turut menikmati kemeriahan Singosari Lampion Festival 2018 ini.

Lapangan Tumapel pusat acara Singosari Lampion Festival 2018
Lapangan Tumapel yang menjadi pusat acara
Kemeriahan Singosari Lampion Festival 2018

Dan, tepat pukul 24.00 WIB para peserta Pawai Lampion berkumpul di Lapangan Tumapel, Singosari, Malang. Dan, acara ditutup dengan pengumuman pemenang Pawai Lampion Singosari 2018. 

Pemenang Pawai Lampion Singosari 2018

Panggung Acara Singosari Lampion Festival 2018
Panggung Acara Singosari Lampion Festival 2018

Setelah dilakukan penilaian oleh Dewan Juri, akhirnya diputuskan tiga pemenang dari Pawai Lampion Singosari 2018 ini yaitu :
  • Juara I adalah Karang Taruna Tunjungtirto
  • Juara II adalah Karang Taruna Losari
  • Juara III adalah Karang Taruna Ardimulyo
Itulah para pemenang dari Pawai Lampion Singosari 2018 yang diikuti 50 peserta berasal dari berbagai daerah di Malang Raya.

Penutup

Singosari Lampion Festival 2018 berlangsung sangat meriah dan berhasil menarik antusiasme dari ribuan penonton yang ingin menyaksikan keunikan dan kemeriahan acara ini. Sehingga diharapkan acara ini dapat menjadi agenda wisata tahunan Kabupaten Malang yang dapat menarik wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun manca negara.

Singosari adalah Kerajaan besar pada masa lalu yang seiring dengan dinamika sejarah berkembang menjadi Kerajaan Majapahit. Kerajaan yang menjadi cikal bakal Nusantara dan sekarang menjadi negara republik Indonesia yang kita cintai.

Mengutip kata-kata Bung Karno,
“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah.”
Jika bukan kita lalu siapa lagi yang akan mewarisi kekayaan seni budaya dan tradisi para leluhur kita?

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek..


3 comments: