Home » » Pulau Pasumpahan, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

Pulau Pasumpahan, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

Pulau Pasumpahan, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat - Indonesia memang memiliki banyak objek wisata bak surga di berbagai belahan wilayahnya baik yang sudah ditemukan dan masih tersembunyi. Salah satunya adalah Pulau Pasumpahan yang disebut sebagai surga tersembunyi di Sumatera Barat.

Pulau Pasumpahan, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat
Bambang DC di Pulau Pasumpahan, Sumatera Barat

Perjalanan wisata kali ini dilakukan oleh sahabat dolenners yaitu Bambang DC saat mengunjungi Pulau Pasumpahan, Sumatera Barat. Berikut ini adalah penuturannya.

Pulau Pasumpahan, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

Saat waktu libur saya sempatkan bersama teman kantor  untuk menikmati keindahan pulau-pulau kecil di Sumatera Barat yaitu ke Pulau Pasumpahan.  Pulau Pasumpahan berada di perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Dapat ditempuh 1-2 jam dari Kota Padang menuju Teluk Kabung dan lanjut naik perahu nelayan yang hanya memakan waktu 10 menit saja untuk sampai di Pulau Pasumpahan dengan tarif Rp 40.000/orang.

Klaim akan keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga. Selain itu pulau ini menjadi tempat berteduh atau berkumpulnya para nelayan. Di pinggir pantai kita bisa melihat banyak aktivitas nelayan di sini yang sedang menangkap ikan maupun menjaring ikan. 

Pulau ini diharapkan menjadi daerah tujuan wisata unggulan di Sumatera Barat. Terletak di sebelah barat Pulau Setan Kecil, untuk menempuh pulau ini memakan waktu 40 menit dari Pulau Pisang dengan mesin 45 PK.

Pulau Pasumpahan, Sumatera Barat
Pulau Pasumpahan, Sumatera Barat

Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang ini berupa kawasan ekosistem terumbu karang yang terdapat hampir di setiap pulau, di antaranya di Pulau Gosong. Selain dari terumbu karang berbagai jenis ikan karang atau ikan-ikan hias juga sangat menarik untuk dinikmati wisatawan. 

Di perairan Kota Padang ditemukan 21 jenis ikan kepe-kepe yang didominasi oleh Chaetodon trifascialis. Lokasi-Iokasi penyelaman yang sudah mulai dipasarkan kepada wisatawan antara lain Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pandan. 

Karena keindahan Pulau Pasumpahan dan pulau-pulau sekitarnya kini tengah diincar banyak investor lokal maupun asing untuk dikembangkan sebagai obyek wisata yang diunggulkan Sumbar. Ya, karena potensi pariwisata bahari di kepulauan Sumatera Barat ini benar-benar bagus dan bisa dikembangkan.

Hamparan pasir di sepanjang pantai Pasumpahan yang disertai deburan ombak menjadi daya tarik utama pantai ini. Sebuah pulau mungil yang melayang di lepas pantai, menjadi bonus pemandangan yang bernilai. 

Bentangan pantai landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih, suasananya yang hening memang daya tarik unggulan dari pulau ini. Dengan demikian, para wisatawan akan serasa terisolir jauh keriuhan kota meski sebenarnya hanya selangkah dari keramaian kota. 

Berkeliling di pulau ini bakal terasa menyenangkan. Dengan berjalan kaki wisatawan dapat menyaksikan panorama alam sekeliling pulau yang begitu memanjakan mata. Maka tidak salah kalau Pulau Pasumpahan ini disebut sebagai surga tersembunyi di Sumatera Barat.

Setiap sudut di Pulau Pasumpahan banyak spot foto yang Instagrammable untuk diunggah di media sosial. Saat saya berkeliling melihat surga tersembunyi ini, rasa bersyukur saya semakin bertambah kepada Sang Pencipta. Terima kasih Tuhan telah memberikan kesempatan saya untuk melihat surga tersembunyi di Ranah Minang ini.

Penutup

"Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasai."
Itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan betapa pengalaman melakukan perjalanan jauh akan semakin menambah wawasan dan kesadaran kita betapa indah dan luas dunia ini. Kesadarn yang muncul adalah semakin tunduk, sujud dan syukur atas segala karuniaNya.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek...


0 comments:

Post a Comment