Home » » Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur 2018

Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur 2018

Seminar dan Workshop "Saatnya Berani Bicara Sex Pada Anak dan Remaja"
Mari ikuti seminar dan workshop ini demi anak-anak kita. Hubungi 082159098986.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur  2018 - Salah satu wisata alam air terjun yang populer dan memiliki debit air yang stabil sehingga dijuluki sebagai air terjun abadi adalah air terjun Madakaripura. Selain keindahan alamnya, hubungan yang erat dari air terjun ini dengan sosok Mahapatih Gajah Mada membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Perjalanan wisata kali ini dilakukan oleh sahabat dolenners yaitu Andini bersama teman-teman pengajar dari SDN Wonorejo, Singosari, Malang. Untuk mengisi hari liburnya, mereka berombongan berwisata ke Air Terjun Madakaripura.

Guru SDN Wonorejo Singosari di Air Terjun Madakaripura
Guru-guru SDN Wonorejo Singosari di Air Terjun Madakaripura

Nah, untuk mengenal lebih dekat objek wisata di kawasan Bromo Tengger Semeru ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur

Air terjun Madakaripura terletak di wilayah Probolinggo dan termasuk dalam area wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut membuat suhu udara di sekitarnya menjadi sejuk dan segar. Dan, air mengalir turun melintasi tebing-tebing curam diantara lereng yang cekung dengan tumbuhan hijau disekelilingnya menciptakan satu pemandangan yang indah.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur  2018
Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur

Pada umumnya, air terjun mengalir turun dalam jumlah yang besar dan hanya berasal dari satu saja. Namun, berbeda dengan air terjun Madakaripura, airnya mengalir membentuk pola aliran radial sentrifugal, yaitu air yang berasal dari satu titik menyebar ke beberapa titik yang berbeda sehingga, terlihat seperti aliran hujan yang turun menyebar secara terpisah-pisah.

Uniknya lagi, setiap aliran tersebut mengeluarkan percikan air dengan beragam kekuatan. Satu titik mengalir sangat deras, sementara lainnya mengalir sedang hingga mengalir kecil dan ringan. Sementara genangan air dibawahnya membentuk sebuah kolam dengan air jernih dan berwarna kebiruan.

Keindahan Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur  2018
Keindahan Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur

Sungguh satu pemandangan yang indah dan menawan.

Pemandangan alam di Air Terjun yang menjadi pertapaan Mahapatih Gajah Mada ini akan semakin indah ketika matahari terbit atau tenggelam. Dari singgasananya, sang bagaskara mengalirkan cahayanya mengenai tebing air terjun membentuk hiasan emas yang berpadu dengan aliran air. Sangat indah.

Hal Menarik Di Air Terjun Madakaripura

Berada di tempat yang indah dan penuh dengan misteri serta harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan medan yang cukup berat, sayang sekali jika tidak kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Banyak hal-hal menarik yang dapat kita lakukan disini, antara lain.

1. Bermain air

Bermain air memang seharusnya kita lakukan di tempat yang indah ini. Namun pilihlah titik-titik air yang mengalir kecil dan ringan dan tetap waspada dengan lingkungan di atasnya karena banyak kemungkinan ada batu dari atas jatuh ke bawah.

Tetes-tetes air yang menimpa kepala kita memberi efek relaksasi dan kesegaran pada tubuh. 

Bermain air di Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur
Bermain air di Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur

Namun, ada larangan disini agar tidak mandi di kolam air karena pernah terjadi insiden dimana seorang anak SMP tewas tenggelam di kolam ini pada bulan Maret 2016. Dampaknya, objek wisata ini ditutup selama dua bulan.

2. Mencoba manfaat air awet muda

Konon, menurut cerita dari mulut ke mulut, banyak tempat di area air terjun ini yang memiliki air dengan manfaat membuat awet mudah, menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan.

Meskipun hanya mitos saja, tidak ada salahnya kalau kita mencobanya. Mumpung berada di tempat yang cukup sulit ini.

3. Menikmati Kopi Sambil Relaksasi

Satu tempat yang dapat kita jadikan untuk melepas lelah dan menyegarkan diri adalah warung-warung kecil di sekitar air terjun. Meskipun samar, namun suara gemercik air terjun masih terdengar di tempat ini. 

Istitahat sejenak dalam perjalanan ke Bermain air di Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur
Istitahat sejenak dalam perjalanan ke Air Terjun Madakaripura
Maka, minum segelas kopi panas sambil mendengar suara air terjun dapat menjadi sarana relaksasi. Karena suara air terjun, dipercaya memiliki kemampuan untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks. 

Menurut penelitian, air terjun memiliki gelombang yang mirip dengan otak kita, yang disebut sebagai white noise. Maka, tak heran apabila Sosok Gajah Mada memilih Air terjun Madakaripura sebagai tempat pertapaannya.


4. Berburu Foto Menarik

Kegiatan ini menjadi satu kewajiban bagi para wisatawan saat berada ditempat ini. Karena selain keindahan air terjun, banyak spot-spot foto yang unik dan menarik disini sehingga mengabadikannya dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Berburu foto menarik di Air Terjun Madakaripura
Berburu foto menarik di Air Terjun Madakaripura

5. Menyusuri Jejak Mahapatih Gajah Mada

Nah, bagi penggemar sejarah dan praktisi spiritual, menyusuri jejak Mahapatih Gajah Mada ditempat ini merupakan kegiatan yang paling menarik. Tidak hanya nilai-nilai sejarahnya saja namun banyak orang mengatakan jika di air terjun ini, banyak benda-benda pusaka peninggalan Majapahit yangkasat mata.

Patung Gajah Mada di AIr Terjun Madakaripura
Patung Gajah Mada di AIr Terjun Madakaripura
Maka, jika beruntung, kita dapat mendapatkan salah satunya.

Di objek wisata ini juga banyak masyarakat setempat yang bersedia menjadi tour guide yang akan mengantarkan kita dengan tarif yang bervariasi sehingga kita harus pandai menawarnya.

Sahabat dolenners, itulah beberapa kegiatan menarik yang dapat kita lakukan saat berada di objek wisata Air Terjun Madakaripura.

Tarif Masuk Air Terjun Madakaripura

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, kita dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 11.000. 

Air Terjun Madakaripura Dan Mahapatih Gajah Mada

Mendengar nama Madakaripura maka dalam benak kita akan terlintas bayangan sosok Mahapatih Gajah Mada yang berhasil mempersatukan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Di air terjun inilah, Mahapatih yang sakti ini mengasingkan diri setelah tragedy “Perang Paregreg”, dan akhirnya “Moksha” ditempat ini juga.

Ilustrasi Tokoh Gajah Mada
Ilustrasi Tokoh Gajah Mada
Sumber : twitter.com

Nama air terjun ini pun diambil dari nama beliau. Madakaripura berasal dari kata “Mada” yang artinya Gajah Mada, “kari” artinya terakhir dan “pura” berarti tempat pemujaan atau tempat tinggal. Sehingga Madakaripura dapat diartikan sebagai tempat pemujaan atau tempat tinggal terakhir dari Mahapatih Gajah Mada.

Keberadaan Sang Mahapatih di Air Terjun ini jauh sebelum kehadiran kita di dunia sekarang ini. Sehingga, saat ini kita hanya bisa mengenang kebesarannya, meniru kebaikannya dan sebisa mungkin dapat menyusuri jejak-jejak keberadaannya.

Air terjun utama di Madakaripura
Air terjun utama di Madakaripura

Salah satu jejak keberadaan Gajah Mada adalah salah satu tempatnya mengheningkan dan menyelaraskan diri dalam sikap semedi yang berada di sebuah rongga atau goa dibalik air terjun yang paling besar.

Menurut para sesepuh masyarakat setempat, terdapat lima air terjun di kawasan Madakaripura ini. Tiga air terjun utama dapat dengan mudah kita lihat, sedangkan dua air terjun lainnya, harus kita cari terlebih dulu karena tersembunyi di balik air terjun lainnya. 

Akses Menuju Air Terjun Madakaripura

Untuk menuju air terjun Madakaripura, dapat kita tempuh dari Malang atau Probolinggo. Jika naik bus, kita berhenti di daerah Tomang lalu naik angkot menuju lokasi wisata. Pemandangan sepanjang perjalanan dari Tomang ke air terjun sangat indah namun sayangnya, kondisi jalanan kurang baik sehingga terasa kurang nyaman.

Madakaripura dari jauh
Menatap Madakaripura dari jauh
Jika kita berangkat dari pusat kota kabupaten Probolinggo, jaraknya sekitar 30 km dan dapat kita akses menggunakan kendaraan pribadi maupun mobi sewaan. Untuk rental mobil akan dikenakan tarif sekitar Rp 150.000,- PP + supir namun harga ini dapat berubah sewaktu-waktu. 

Gerbang Madakaripura
Gerbang Madakaripura

Setelah sampai di pintu gerbang Madakaripura, kita harus berjalan kaki kurang lebih 1 km melewati jalan setapak dengan medan yang cukup berat, ditambah lagi sering terjadi longsor dan banjir. Sehingga sebaiknya kita menggunakan jasa pemandu wisata dengan tarif sekitar Rp. 50.000 sekali jalan.

Fasilitas di Air Terjun Madakaripura

Jika kita berada di objek wisata air terjun ini, jangan merasa khawatir karena fasilitas yang diseiakan oleh pengelolah kawasan wisata ini tergolong cukup lengkap. Mulai dari warung, mushola, kamar mandi, tempat parkir dan penginapan.

Tips Wisata ke Air Terjun Madakaripura

Ini yang penting. Sebelum mengunjungi Air Terjun Madakaripura sebaiknya kita mengetahui tips-tips berikut ini.
  • Bawa payung atau jas hujan atau menyewanya ditempat ini. 
  • Bawa pakaian pengganti.
  • Gunakan alas kaki anti slip karena medan yang akan kita lewati kondisinya licin
  • Gunakan pelindung air pada kamera atau alat dokumentasi lainnya.
  • Pandai-pandailah menawar dan cari informasi harga sebelum menawar.
  • Agar tidak terjebak, tanyakan terlebih dahulu sebelum parkir kendaraan atau menggunakan jasa lainnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan di Madakaripura

Sebaiknya tinggalkan objek wisata ini sebelum pukul 14.00, karena saat terjadi hujan, secara tiba-tiba, debit air akan berubah menjadi besar dan kemungkinan akan terjadi banjir.

Guru-gur SDN Wonorejo Singosari  dalam perjalanan menuju Madakaripura
Guru-gur SDN Wonorejo Singosari
dalam perjalanan menuju Madakaripura

Penutup

Sahabat dolenners, itulah ulasan ayodolenrek tentang objek wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur. Satu objek wisata yang menyimpan nilai sejarah dan erat hubungannya dengan sosok Mahapatih Gajah Mada pada masa lalu.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek..
  

Rumah Dijual Jl. Ontoseno
Dijual rumah siap huni di Jl. Ontoseno VII No.49 Malang, luas tanah 212m2, 4 kt, 2 km, sertifikat SHM dengan harga Rp. 900 juta. Hub. 0821 5909 8986.
Singhasari Property

Ads by 88 Production

2 comments: