Home » » Pantai Pandawa Bali Kini : Cantik Pantainya, Cantik Pula Pemandangannya

Pantai Pandawa Bali Kini : Cantik Pantainya, Cantik Pula Pemandangannya

Pantai Pandawa Bali Kini : Cantik Pantainya, Cantik Pula Pemandangannya – Pantai Pandawa Bali dulu merupakan pantai yang dijuluki sebagai “Secret Beach” ataua “hidden beach” karena letaknya yang tersembunyi dan digunakan untuk upacara Melasthi saja. Namun kini, setelah dibuka untuk umum, maka Pantai Pandawa ramai dikunjungi wisatawan baik domestic maupun mancanegara.

Pada umumnya, satu objek wisata dibuka untuk umum setelah dipermak sedemikian rupa sehingga dapat menarik wisatawan. Maka berbeda dengan Pantai Pandawa Bali, objek wisata pantai ini malah dibuka atas permintaan para wisatawan yang terpikat akan keindahan dan kecantikannya yang masih alami.

Wawan dan Ndock di Pantai Pandawa Bali
Wawan dan Ndock di Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa yang terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung ini merupakan salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib dikunjungi. Wisatawan mancanegara khususnya Australia menyebutnya dengan nama secret beach, sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama Pantai Kutuh atau Pantai Melasthi.



Meskipun kerahasiaan pantai ini sudah diketahui umum, bukan berarti pesonanya juga memudar. Justru Pantai Pandawa terlihat semakin berbenah dan mempercantik diri  dengan menambah fasilitas-fasilitas pendukung yang memanjakan wisatawan. Pemandangan alam di Pantai ini juga semakin cantik dan menarik.

Sapta Wibawa di Pantai Pandawa Bali
Sapta Wibawa bersama turis mancanegara di Pantai Pandawa Bali

Perjalanan wisata kali ini, dilakukan oleh beberapa sahabat dolenners yaitu Wawan dan Ndock serta Sapta Wibawa saat bersama-sama mengunjungi Pantai Pandawa Bali.

Nah, untuk lebih mengenal lebih jauh tentang sejarah Pantai Pandawa Bali, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul “Menyusuri Jejak Mahabharata di Pantai Pandawa Bali.”

Kali ini, mari kita simak tentang hal-hal menarik yang dapat kita lakukan di pantai yang dijuluki “secret beach” ini termasuk kegiatan yang dilakukan oleh beberapa sahabat dolenners.

Hal-Hal Menarik di Pantai Pandawa Bali

Banyak hal menarik yang dapat kita lakukan di Pantai yang memiliki pasir putih dan pemandangan alam yang indah ini. Berikut ini adalah beberapa kegiatan menarik yang dapat kita lakukan di Pantai Pandawa Bali.

Jalan-jalan Sambil Berfoto Ria

Nah, aktifitas inilah yang dipilih oleh dua orang sahabat dolenners yakni Wawan dan Ndock, jalan-jalan menyusuri Pantai Pandawa Bali sambil berfoto ketika menemukan satu spot foto yang dianggap unik dan menarik.

Wawan di tangga menuju Pantai Pandawa Bali
Wawan di tangga menuju Pantai Pandawa Bali

Saat mereka mengunjungi Pantai Pandawa Bali, kebetulan banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke pantai ini. Sehingga, selain pemandangan alam dan spot-spot foto menarik di lokasi ini, pemandangan saat turis mancanegara ini berjemur menjadi satu objek yang menarik.

Wawan dengan latar turis yang berjemur di Pantai Pandawa Bali
Wawan dengan latar turis yang berjemur di Pantai Pandawa Bali

Para guide dan masyarakat setempat menyebutnya “sumur” kepanjangan dari “susu dijemur”, satu gambaran tentang kebiasaan wisman saat berada di pantai. Berjemur dengan mengenakan bikini sehingga terlihat anggota tubuh yang jarang dipamerkan oleh masyarakat Indonesia.

Wawan dan Ndock dengan latar Pantai Pandawa Bali
Wawan dan Ndock dengan latar Pantai Pandawa Bali

Bagi Wawan dan Ndock, dua orang asli Jawa yang masih memegang erat adat ketimuran, ketika menyaksikan pemandangan menarik ini, merasa risih dan berusaha memalingkan mukanya. Namun, lama kelamaan mereka bisa menyesuaikan diri  lalu menikmati keindahan pemandangan di hadapan mereka yang semakin melengkapi pesona pantai ini.

Sapta dengan latar tebing di Pantai Pandawa Bali
Sapta dengan latar tebing di Pantai Pandawa Bali

Berjemur sambil Menikmati Panorama

Kegiatan menarik ini yang banyak dilakukan oleh wisatawan mancanegara, berjemur sambil menikmati pemandangan alam. Hal ini, memang sudah menjadi kebiasaan mereka saat berwisata ke pantai. Bertelanjang dada bagi pria dan mengenakan bikini bagi para wanitanya.

Berjemur di sisi tebing Pantai Pandawa Bali
Berjemur di sisi tebing Pantai Pandawa Bali

Konon, menurut mereka, kulit yang gosong kecoklatan karena terkena sinar matahari terlihat eksotis dan menarik. Selain itu, juga menunjukkan bahwa mereka menikmati hidup dengan sering berwisata atau bepergian ke pantai.

Berjemur di hamparan pasir putih Pantai Pandawa Bali
Berjemur di hamparan pasir putih Pantai Pandawa Bali

Namun, jika kita ingin kulit kita terlihat semakin eksotis, maka berjemur di Pantai Pandawa ini dapat kita lakukan. Meskipun tidak terlalu sering kita lakukan, berjemur dapat membuat kita merasa santai dan relaks sambil menatap air laut yang berwarna biru dan hamparan pasir putih serta langit yang cerah. Seolah membuat hati menjadi damai.

Berjemur dengan payung di Pantai Pandawa Bali
Berjemur dengan payung di Pantai Pandawa Bali

Jika tidak ingin kulit kita bertambah coklat atau gosong, maka kita dapat menyewa peralatan berjemur berupa 2 buah kursi panjang untuk berjemur disertai dengan satu payung besar di atasnya dengan harga Rp. 50.000.

Para penjual makanan dan minuman yang ada di pinggir pantai, banyak yang menyewakannya termasuk makanan dan minumannya.

Berselancar atau Surfing

Jika memiliki hobi berselancar, maka Pantai Pandawa Bali ini merupakan lokasi yang tepat. Selain pengunjungnya tidak sepadat Pantai Kuta, ombak di pantai ini cukup bagus untuk aktifitas ini.
Peralatan surfing dapat kita sewa di pinggir pantai. Waktu yang tepat bagi peselancar professional adalah bulan Oktober dan April. Sedangkan bagi pemula, bulan Maret sampai November adalah waktu yang tepat karena ombaknya lebih ramah.

Massage Refleksi

Jika kita lelah sehabis menempuh perjalanan jauh, ketika sampai di pantai ini, kita dapat menyegarkannya kembali menggunakan jasa pijat refleksi di obyek wisata ini dengan kisaran harga antara Rp. 40.000 hingga Rp130.000.

Nilai tarifnya disesuaikan dengan lama waktu pemijatan dan jenis pijatnya. Lama pemijatan antara 30 sd 90 menit. Sedangkan jenis massage-nya antara lain adalah Balinese massage, pijat refleksi kaki, pijat relaksasi, Pandawa massage, Shiatsu massage, manicure dan pedicure.

Bermain Kano

Selain hal-hal menarik diatas, kita juga dapat mencoba mengendarai kano membelah ombak yang landai di Pantai Pandawa Bali. Tarif kano per jamnya sekitar Rp25.000 untuk yang sendiri, sedangkan untuk yang berdua, harga sewanya Rp. 50.000 per 1 jam.

Persewaan Kano di Pantai Pandawa Bali
Persewaan Kano di Pantai Pandawa Bali

Paralayang atau Paragliding

Untuk aktifitas yang satu ini memang dibutuhkan keberanian lebih dan biaya yang cukup mahal. Dan, untuk mencoba olahraga Paralayang ini, kita harus pergi ke Bukit Timbis terlebih dahulu dengan jarak 4 km dari pantai ini. 

Di bukit Timbis ini setidaknya ada 3 penyedia jasa paralayang bersertifikat yang bisa membantu kita melakukan atraksi adu nyali dengan biaya sekitar Rp. 450.000 untuk wisatawan domestik dan $73 untuk wisatawan asing. 

Penutup

Pantai Pandawa Bali, selain memiliki pemandangan alam yang indah, hamparan pasir putih dan ombak laut yang menarik minat para peselancar, juga memiliki kisah perjuangan masyarakat Desa Kutuh Bali, lepas dari keterasingan.

Kisah yang hampir sama dengan apa yang dialami oleh Pandawa dalam epos Mahabharata, ketika harus diasingkan ke hutan selama dua belas tahun lamanya.

Maka, untuk mengabadikan kisah dan nilai-nilai moral perjuangan Pandawa lima bersama Dewi Kunti, ibunya, pantai di desa Kutuh ini diberi nama Pantai Pandawa. Sehingga sangat disayangkan apabila pantai yang indah ini tidak kita lestarikan dan kita jaga dengan sebaik-baiknya. Baik kebersihan, keamanan dan kesuciannya.

Upacara Melasthi di Pantai Pandawa Bali
Upacara Melasthi di Pantai Pandawa Bali

Karena sebelum dibuka untuk umum, pantai ini merupakan tempat untuk melakukan upacara suci Melasthi. Upacara sakral masyarakat Hindu Bali dalam rangka membersihkan jiwa dan raga menyambut datangnya Hari Raya Nyepi.

Nah, tunggu apalagi? Mari kita jaga bersama kelestarian Pantai Pandawa Bali sehingga tetap bersih, suci dan nyaman.





2 comments: