Home » » Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali : Objek Wisata Indah Dengan Pura Ditengahnya

Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali : Objek Wisata Indah Dengan Pura Ditengahnya

Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali – Selain objek wisata pantainya yang terkenal, Bali juga memiliki objek wisata lain yang tak kalah populer salah satunya adalah Danau Beratan Bedugul, Tabanan. Danau indah dengan sebuah pura yang berada ditengah-tengahnya menjadi daya tarik yang memikat banyak wisatawan.

Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali : Objek Wisata Indah Dengan Pura Ditengahnya
Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali : Objek Wisata Indah Dengan Pura Ditengahnya
Gambar : Zulkifli Haes

Dalam hal pengelolaan objek wisata, Pulau Dewata yang sudah mendunia, memang memiliki kelebihan dibandingkan daerah lain di Indonesia. Sehingga selain memiliki keindahan alami, sentuhan professional ala Bali semakin membuat Danau Beratan menjadi lebih indah dan semakin memanjakan pengunjung tempat ini.

Ismiati dan suami di Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali
Ismiati dan suami di Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali

Perjalanan wisata ke Pulau Bali ini dilakukan oleh seorang sahabat dolenners yaitu Ismiati saat bersama rombongannya mengisi liburan akhir tahun dengan mengunjungi Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali.

Nah, untuk lebih mengenal objek wisata Danau Bratan di kawasan Bedugul, Tabanan, Bali ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali

Danau Beratan atau Bratan atau juga disebut Danu Bratan berada di kawasan wisata Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Jaraknya, sekitar 55 km dari kota Denpasar. Dengan ketinggian ± 1240 m diatas permukaan laut, sehingga membuat temperatur udara di kawasan danau Beratan  atau pada area Bedugul berada kurang lebih 18° C pada malam hari dan ± 24° C pada siang hari.

Dingin pada malam hari dan sejuk pada siang hari.

Di seluruh Bali, Danau Bratan meruapakan danau terluas dan terbesar kedua setelah danau Batur, yang juga berfungsi sebagai sumber utama irigasi pada daerah yang berada di bagian tengah pulau Bali. Danau ini memiliki luas sekitar 375.6 hektar dan kedalaman antara 22 hingga 48 meter dengan luas keliling sekitar 12 km.

Sri Astutik di Danau Bratan, Bali
Sri Astutik di Danau Bratan, Bali

Mengulik dari www.huffingtonpost.com, Danau Beratan merupakan salah satu The World's 20 Most Beautiful Lake atau 20 danau terbaik dan terindah di dunia. Maka, tak heran jika Danu Bratan ini sangat dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik yang dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik domestic maupun mancanegara.

Suami Ismiati di Danau Beratan, Bali
Suami Ismiati di Danau Beratan, Bali

Salah satu daya tariknya adalah udara pegunungan yang sejuk dan segar dengan pemandangan danau, pura dan gunung yang indah serta jauh dari kebisingan kota menjadikan tempat ini menjadi objek wisata favorit dan populer.

Fasilitas dan wahana permainan yang tersedia di Danu Bratan juga sangat lengkap, akomodasi yang memadai seperti hotel, villa, restoran untuk kenyamanan pengunjung serta permainan air seperti parasailing, kano ataupun jetski.


Pura Ulun Danu di Danau Beratan

Salah satu keindahan yang unik dan menarik di danau Beratan Bedugul ini adalah keberadaan sebuah pura yang berada di ujung dari danau Beratan yaitu Pura Ulun Danu. Pura kuno ini dibangun sekitar awal abad ke-17 dengan tujuan untuk memuja kebesaran Sang Hyang Widhi Wasa.

Pura Ulun Danu ditengah Danau Beratan, Bedugul, Bali
Pura Ulun Danu ditengah Danau Beratan, Bedugul, Bali
Gambar : Zulkifli Haes

Waktu terbaik menikmati keindahan Pura Ulun Danu Bratan ini adalah di pagi hari ketika matahari terbit dan kabut masih menyelimuti sebagian dari gunung, maka pantulan bayangan dari pura Ulun Danu terlihat sangat menakjubkan dari permukaan air danau Beratan.

Satu perpaduan yang sangat serasi dan indah.

Keberadaan Pura Ulun Danu di danau Bratan ini mengingatkan pada pura yang ada di Pantai Balekambang, Malang.

Suasana menjelang ibadah di Pura Ulun Danu, Danau Bratan
Suasana menjelang ibadah di Pura Ulun Danu, Danau Bratan
(Zulkifli Haes)

Hal Menarik di Danau Bratan Bedugul

Berfoto Ria

Salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan saat berlibur ke danau Beratan Bedugul adalah berfoto dengan latar belakang Pura Ulun Danu. Dan, pemandangan yang paling menarik yang dapat kita lihat disini adalah fenomena keberadaan kabut. Datang dan pergi menyelimuti area danau. Saat kabut turun, maka area pura, danau serta pemandangan bukit akan berselimut kabut.

Spot Foto menarik di Danau Bratan, Bali
Ismiasti di salah satu Spot Foto menarik di Danau Bratan, Bali

Sri Astutik di salah satu spot foto Danau Bratan, Bali
Sri Astutik di salah satu spot foto Danau Bratan, Bali

Sri Astutik di salah satu spot foto Danau Bratan, Bali 2
Sri Astutik di salah satu spot foto Danau Bratan, Bali 

Naik Speed Boat Danau Beratan

Berkeliling Danau Beratan dengan menyewa perahu, speed boat atau kano sehingga dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat, juga merupakan hal menarik saat berwisata di danau ini.

Naik Perahu di Danau Beratan Bedugul
Naik Perahu di Danau Beratan Bedugul (Balibengong)

Kano di Danau Bratan Bedugul, Tabanan, Bali
Kano di Danau Bratan Bedugul, Tabanan, Bali

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Bratan 2019

Apabila kita hanya ingin melihat pemandangan danau Beratan dari jauh saja, dan tidak ingin memasuki area pura Ulun Danu Beratan. Maka kita dapat berhenti dipinggir Jalan Raya Candi Kuning Bedugul, lalu  dari pinggir jalan ini, kita dapat melihat dengan jelas pemandangan danau Beratan Bedugul.

Akan tetapi, jika ingin masuk ke areal Pura Ulun Danu Bratan, lalu berfoto dengan latar belakang pura di tengah danau, dikenakan biaya tiket masuk sebesar :
  • Rp 20,000 / 1 dewasa.
  • Rp 15,000 / 1 anak.
  • Biaya parkir Rp 2.000 / 1 sepeda motor
  • Biaya parkir Rp 5,000 / 1 mobil.
  • Untuk biaya parkir bus Rp 10,000/bus.

Harga Sewa Speedboat Keliling Danau Beratan Bedugul

  • Speedboat dengan kapasitas 4 orang, Rp 100,000 / 1 kali putaran.
  • Speedboat dengan kapasitas 8 orang, Rp 185,000 / 1 kali putaran.

Catatan : Harga tiket masuk dan sewa speedboat, sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan pengelolah. Dan, harga ini adalah harga untuk wisatawan domestic.

Penutup

Sahabat dolenners, itulah ulasan ayodolenrek tentang Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali : Objek Wisata Indah Dengan Pura Ditengahnya.

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek..

Sumber : wirarentalbali, Bali Glory, Ismiati, Sri Astutik, Zulkifli Haes.

Wisata Bali lainnya ;

1 comments:

  1. Wiiih....cantik
    Jadi pingin ke sana...
    Siapa ya mau ngajak gueee????😀

    ReplyDelete