Home » » Taman Rekreasi Sengkaling 2019 Dan Reuni SMP Negeri 2 Malang Angkatan 1974

Taman Rekreasi Sengkaling 2019 Dan Reuni SMP Negeri 2 Malang Angkatan 1974

Ayo Dolen Rek, Taman Rekreasi Sengkaling 2019 – Salah satu objek wisata tertua dan merupakan warisan jaman kolonial Belanda di kota Malang  selain Selecta adalah Taman Rekreasi Sengkaling. 

Meskipun saat ini banyak bermunculan objek-objek wisata baru di Malang Raya yang mengusung konsep modern dan kekinian, namun Taman Rekreasi Sengkaling, tetap menjadi pilihan rekreasi keluarga bagi warga Malang dan sekitarnya maupun wisatawan dari berbagai daerah lain di Indonesia.

Selain menawarkan keindahan dan berbagai wahana permainan yang memanjakan pengunjung, sisi heritage dari Taman Rekreasi Sengkaling, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang memiliki banyak kenangan indah di tempat ini.

Taman Rekreasi Sengkaling 2019 Dan Reuni SMPN2 Malang Angkatan 1974
Taman Rekreasi Sengkaling 2019 Dan Reuni SMPN2 Malang Angkatan 1974

Seperti halnya dengan para alumni SMP Negeri 2 Malang angkatan 1974 yang baru saja mengadakan acara reuni di Taman Rekreasi Sengkaling ini. Tentunya, banyak kenangan indah yang dapat kembali mereka kenang di tempat wisata ini sekaligus mengenang kebersamaan masa-masa duduk di bangku SMP.

Nah, untuk lebih mengenal Taman Rekreasi Sengkaling yang berada di pinggir jalan Jl. Raya Mulyoagung, Malang ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Taman Sengkaling mengusung konsep wisata keluarga dengan slogan “Wisata Air Impian Keluarga”. Sesuai slogannya, Sengkaling menyediakan berbagai macam wahana permainan untuk memanjakan pengunjung, seperti  taman bermain, wahana permainan di darat dan air, gedung serbaguna, dan kolam pemandian. 

Taman Rekreasi Sengkaling 2019
Taman Rekreasi Sengkaling 2019

Taman Rekreasi Sengkaling berada diatas lahan seluas 9 hektar dengan penataan yang terbagi menjadi dua bagian, untuk area taman seluas 6 hektar dan wahana permainan air seluas 3 hektar. Lokasinya sangat strategis dan mudah dicapai menggunakan berbagai moda transportasi yang ada yakni berada tepat di pinggir Jalan Raya antara Kota Malang dan Batu.

Taman Wisata Sengkaling 2019
Taman Wisata Sengkaling 2019

Selain taman yang rindang, sejuk dan tertata rapi serta berbagai wahana air, keunikan dan daya tarik dari Taman Rerkreasi Sengkaling adalah memiliki sumber mata air yang alami dan ditampung dalam sebuah kolam dinamakan Kolam Tirta Alam. Inilah yang membedakan dengan objek wisata air lainnya di kota-kota besar.

Sehingga pengunjung dapat menikmati kesejukan air alami yang menyegarkan badan dan memiliki banyak manfaat . Konon, mitosnya, air alami di Sengkaling ini dapat membuat awet muda.  

Wow..

Sangat menarik dan perlu dibuktikan kebenarannya.

Sejarah Taman Rekreasi Sengkaling

Pendiri Taman Rekreasi Sengkaling adalah seorang warga negara Belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950. Setelah itu, dikelola oleh seorang warga dari kota Padang, Sumatera Barat, yang bernama Mochtar. Pada saat dikelola oleh Mochtar ini, Taman Sengkaling selalu tutup pada hari Jumat. 

Kemudian mulai tahun 1975 hingga sekarang, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling diambil alih oleh PT. Bentoel Group melalui anak perusahaannya  yang bergerak di bidang jasa pariwisata dalam bentuk taman rekreasi yaitu PT. Taman Bentoel.

Pada awalnya, Taman Rekreasi Sengkaling hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel saja. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, Sengkaling juga dibuka untuk umum hingga sekarang.

Pada Juni 2013, Taman Rekreasi Sengkaling atau TRS diambil alih oleh Universitas Muhamadiyah Malang (UMM). Ditangan UMM inilah, Sengkaling yang dulunya tertinggal, diubah menjadi taman rekreasi yang modern dengan kualitas tak kalah dengan objek wisata modern lainnya di Malang Raya.

Itulah, sekilas sejarah tentang Taman Rekreasi Sengkaling.

Wahana di Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Karena jumlah wahana permaianan yang terdapat di Taman Rekreasi Sengkaling ini terhitung cukup banyak dan lengkap. Maka tak cukup waktu sehari saja untuk dapat menjelajahi semua permainan yang ada di tempat ini sehingga kita dapat mencobanya di lain waktu.



Semua wahana permainan itu ditujukan untuk lebih memanjakan pengunjung tempat wisata ini. Secara keseluruhan berbagai wahana tersebut  dibagi menjadi dua bagian yaitu taman dan  wisata air.

Wisata Air

Selain taman-taman yang indah, beberapa wahana air yang ada di Taman Rekreasi Sengkaling  terdiri dari : 

  • Kolam Kapal Misteri, 
  • Kolam Pesona Primitif, 
  • Kolam Pesona Tirta Alam, 
  • Kolam Pesona Tirta Sari serta 
  • Kolam Cumi-cumi.

Wahana Permainan Air

Kapal Misteri di TRS
Kapal Misteri di Taman Rekreasi Sengkaling, Malang

Sementara untuk semakin melengkapi keberadaan wahana dalam wisata air,pengelolah wisata ini juga menyediakan berbagai wahana permainannya yang terdiri dari : 
  • Kapal Misteri, 
  • Bioskop 4 Dimensi, 
  • Kiddy Train, 
  • Bom-bom Car, 
  • Merry Go Round, 
  • Playground, 
  • Sepeda Air, 
  • Bumper Boat, 
  • Kuda Ria serta 
  • Perahu Motor.

Itulah, beberapa wahana yang terdapat di Taman Rereasi Sengkaling Malang.

Sengkaling Food Festival

Taman WIsata Sengkaling juga memiliki wisata kuliner yang diharapkan mampu memanjakan lidah pengunjung yaitu Sengkaling Food Festival. SFF berad di depan Taman Rekreasi Sengkaling sebelum memasuki area parkir.

Sengkaling Food Festival
Sengkaling Food Festival

SFF menyajikan beragam menu kuliner, mulai dari tradisional maupun yang modern.  SFF dibagi menjadi beberapa  zona, yaitu Food & Beverages, Café, Recreation Park, Indoor Area, Traditional Cake, Vegetable Market dan Parking Area yang dilengkapi dengan wifi serta panggung hiburan.

Ruang outdoor di Sengkaling Food Festival
Ruang outdoor di Sengkaling Food Festival

Fasilitas Lain Taman Wisata Sengkaling

Fasilitas penunjang yang disediakan pihak pengelolah wisata Sengkaling terbilang cukup lengkap seperti tempat parkir yang luas, toilet dan kamar mandi serta fasilitas umum lainnya.

Selain itu, fasilitas tambahan yang membuat Taman Rekreasi Sengkaling ini menjadi semakin maju dan modern adalah sebagai berikut.

1. Sengkaling Convention Hall

Dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti tempat pernikahan, rapat, wisuda atau perpisahan. Memiliki kapasitas 300 – 500 orang.  Dilengkapi fasilitas ruangan ber AC serta tempat parkir yang luas.

Sengkaling Convention Hall
Sengkaling Convention Hall

2. Outbound

Manajemen Sengkaling juga menyediakan paket outbound baik untuk anak-anak, remaja, maupun dewasa.

Outbound anak-anak di Taman Rekreasi Sengkaling 2019
Outbound anak-anak di Taman Rekreasi Sengkaling 2019

Paket outbound meliputi: tiket masuk pintu utama Sengkaling, instruktur, makan siang, serta 5 game standard yaitu flying fox, v-bridge, halang rintang, water fall dan tangkap ikan.

3. Fitness Center dan Senam Aerobik

Merupakan sarana olah raga berupa fitness dan senam aerobik yang buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 serta dilengkapi dengan instruktur yang berpengalaman.

4. Giant Fountain
Yaitu berupa tirai air raksasa yang bisa berputar 360 derajat berlokasi di gerbang masuk. Biasa digunakan sebagai tempat selfie.

5. Elephant Statue Area

Berupa area yang ditutup paving blok untuk berbagai kegiatan.

6. Water Fall

Yaitu air terjun dinding buatan yang eksotis, dikelilingi pohon raksasa.  Tempat ini juga banyak digunakan sebagai tempat selfie.

7. Kapal Garden Hotel

Ini adalah layanan baru yang disediakan oleh pengelola untuk melengkapi pengalaman berkunjung ke Sengkaling.


Lokasi dan Rute ke Taman Sengkaling Malang

Alamat : Jl. Raya Mulyo agung No. 188 Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65151. Telp. 0341-462260, 468231, Fax.  0341-463309, Website : http://www.wisata-sengkaling.com.
  • Jarak tempuh dari pusat kota: 10 km perjalanan.
  • Jam Buka Operasional Taman Sengkaling: 06.00 – 17.00 WIB


Rute Menuju Sengkaling

Rute dari Surabaya : Masuk Tol Waru – Tol Surabaya Porong – Tol Gempol Pandaan – Jl. Raya Malang – Jl. Perusahaan, Banjararum – Jl. Ngijo Karang Ploso – Jl. Drs. Moh. Hatta – Jl. Raya Sengkaling Mulyoagung

Harga Tiket Masuk Rekreasi Taman Wisata Sengkaling Malang


  • Tiket Umum Rp. 25.000
  • Tiket Rombongan minimal 30 orang Rp. 22.000 (Diskon Rp. 3.000 / orang dari harga 25.000)
  • Tiket Packet Irit Kano/ Perahu Rp. 50.000

Dengan tiket tersebut, masing-masing pengunjung mendapatkan fasilitas sebagai berikut :

  • Umum : Bisa berenang di semua tempat kecuali kolam pesona primitif
  • Rombongan : Bisa berenang di semua tempat kecuali kolam pesona primitif

Paket irit Kano : Bisa masuk ke 6 wahana istimewa seperti,

  • Kiddy Train
  • Kolam pesona Primitif
  • Joyland game zone
  • Perahu naga
  • Teater 4 Dimensi
  • Bumper boat

Harga tiket masuk Sengkaling dapat berubah-ubah menyesuaikan waktu dan kebijakan Pengelola setempat.

Penutup

Sahabat dolenners, itulah review atau ulasan ayodolenrek tentang Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Satu objek wisata yang sudah ada sejak jaman colonial Belanda dulu.

Cukup beralasan jika Walikota Malang ingin menjadikan kota dingin, kota Apel, kota pelajar dan julukan lainnya bagi kota Malang, menjadi satu kota heritage di Indonesia. Karena, memang banyak tempat-tempat peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh di Kota Malang.

Nah, tunggu apalagi? Mari kunjungi Taman Rekreasi Sengkaling!


Artikel Lainnya :

Rumah Dijual Jl. Ontoseno
Dijual rumah siap huni di Jl. Ontoseno VII No.49 Malang, luas tanah 212m2, 4 kt, 2 km, sertifikat SHM dengan harga Rp. 900 juta. Hub. 0821 5909 8986.
Singhasari Property

Ads by 88 Production

2 comments: