Home » » Wisata Pulau Menjangan Bali Barat : Menjajal Snorkeling Bersama Keluarga

Wisata Pulau Menjangan Bali Barat : Menjajal Snorkeling Bersama Keluarga

Seminar dan Workshop "Saatnya Berani Bicara Sex Pada Anak dan Remaja"
Mari ikuti seminar dan workshop ini demi anak-anak kita. Hubungi 082159098986.

Wisata Pulau Menjangan Bali Barat – Ternyata selain Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Danau Bratan dan makan seafood di Jimbaran serta objek wisata lainnya di Bali, Pulau Dewata ini masih memiliki banyak objek wisata lain yang tidak kalah indahnya seperti salah satunya adalah wisata Pulau Menjangan di Bali Barat.

Wisata Pulau Menjangan Bali Barat : Menjajal Snorkeling Bersama Keluarga
Wisata Pulau Menjangan Bali Barat : Menjajal Snorkeling Bersama Keluarga

Kali ini, perjalanan wisata dilakukan oleh Lis Chava, sahabat dolenners yang bersama keluarganya mengunjungi Pulau Menjangan Bali Barat ini pada tanggal 24 hingga 26 Desember 2018.

Lis Chava bersama keluarga di Wisata Pulau Menjangan Bali Barat
Lis Chava bersama keluarga di Wisata Pulau Menjangan Bali Barat

Nah, untuk lebih mengenal objek wisata di Bali Barat yang terkenal sebagai lokasi diving dan snorkeling terbaik ini, mari kita ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.  

Wisata Pulau Menjangan Bali Barat

Nama pulau Menjangan berasal dari kata dalam bahasa Jawa yaitu “menjangan” yang artinya rusa atau kijang. Mengapa disebut demikian? Karena setiap musim semi tiba, akan banyak kawanan rusa liar yang berenang ke pulau ini sehingga di pulau ini terdapat banyak populasi rusa liar yang jumlahnya semakin lama semakin menurun.

Taman Nasional Bali Barat, Wisata Pulau Menjangan
Taman Nasional Bali Barat, Wisata Pulau Menjangan

Sehingga untuk membangun konservasi dengan tujuan menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini, pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Satu tempat konservasi yang dilindungi undang-undang.

Lis Chava di Taman Nasional Bali Barat, Wisata Pulau Menjangan
Lis Chava di Taman Nasional Bali Barat, Wisata Pulau Menjangan

Pulau Menjangan memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain keindahan di daratan, keindahan panorama bawah lautnya dengan hamparan pasir putih dan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah, juga sangat indah dan menawan. Sehingga wisatawan menjuluki pulau ini sebagai surganya diving di Bali Barat.

Lokasi Pulau Menjangan

Lokasi Pulau Menjangan berada di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Letaknya, tepat di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, berjarak sekitar 60 km dari Lovina.

Pintu gerbang Wisata Pulau Menjangan Bali Barat
Pintu gerbang Wisata Pulau Menjangan Bali Barat 

Jika kita menempuh perjalanan dari pusat wisata Kuta, lama perjalanan sekitar 3 jam dan sekitar 4 jam perjalanan dari Denpasar.

Akses Menuju  Pulau Menjangan

Untuk menuju wisata Pulau Menjangan ini, kita harus menempuh perjalanan cukup panjang. Pertama, kita harus sampai di Denpasar terlebih dahulu lalu kita bisa mengambil rute Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Lama perjalanan sekitar 4 jam dengan sajian pemandangan area persawahan khas Bali dan laut yang biru sepnajang perjalanan kita.

Lis di Taman Nasional Bali Barat
Lis di Taman Nasional Bali Barat

Kemudian kita harus naik kapal motor atau boat selama 30 hingga 45 menit dari Pelabuhan Lalang menuju Pulau Menjangan. Dalam perjalanan, pemandangan gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan laut biru jernih akan membentang di hadapan kita.

Fasilitas Di Pulau Menjangan

Sampai di pelabuhan Lalang, kita akan mendapati fasilitas yang disediakan sudah tergolong lengkap. Mulai dari restoran, penginapan, bar, dan lain-lain, sudah tersedia disini.

Pemandangan pantai yang indah di Pulau Menjangan
Pemandangan pantai yang indah di Pulau Menjangan

Di pelabuhan ini juga tersedia berbagai paket diving komplit yang bisa kita pilih sesuai dengan anggaran. Dimana, harga paket ini terdiri dari sewa kapal boat + guide + asuransi + sewa peralatan snorkeling. 

Dengan memilih paket wisata ditempat ini akan lebih memudahan kita sehingga nantinya tidak perlu sibuk dengan urusan tawar menawar lagi. Berikut ini adalah rincian harganya.
  • Sewa kapal antara 400.000 – 600.000 Rupiah per hari. Akan lebih murah jika kita menyewa gabungan dengan wisatawan lain.
  • Peralatan snorkeling per orang adalah 40.000 – 50.000 Rupiah. 
  • Harga tiket masuk 2.500 Rupiah per orang
  • Asuransi, setiap orang dikenakan biaya 4.000 Rupiah. 
  • Jasa pemandu, sebesar 100.000 Rupiah per kelompok. 

Pulau Menjangan Bali Resort

Terdapat beberapa penginapan dan resort yang dapat kita pilih jika ingin menginap di lokasi terdekat dengan Pulau Menjangan yaitu :
  • The Menjangan Resort, 
  • Mimpi Resort Menjangan, 
  • Taman Sari Bali Resort and Spa
  • Pondok Sari Beach & Bungalow Resort. 
Semua penginapan ini memiliki fasilitas yang lengkap, namun yang paling lengkap adalah The Menjangan Resort.

Lis Chava di gerbang Pulau Menjangan
Lis Chava di gerbang Pulau Menjangan

Hal Menarik di Pulau Menjangan

Banyak hal menarik yang dapat kita lakukan di pulau yang indah ini. Namun, sangat disayangkan apabila setelah menempuh perjalanan jauh, kita tidak mencoba diving dan snorkeling. Karena pemandangan bawah laut disini sangat indah.

Kawanan ikan di Pulau Menjangan
Kawanan ikan di Pulau Menjangan

Salah satu jenis diving yang terkenal di Pulau Menjangan adalah wall-diving, salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Dimana, tebing bawah laut di pulau dengan banyak rusa ini memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter.

Snorkeling di Wisata Pulau Menjangan Bali Barat
Snorkeling di Wisata Pulau Menjangan Bali Barat

Selain itu, di kedalaman 10 meter, kita akan menemukan banyak terumbu karang dan banyak ikan jenis gorgonial fanfish. Dengan kondisi perairan yang cukup tenang,  sehingga jarak pandang kita dapat mencapai 50 meter pada kondisi cuaca bersahabat.

Keunikan dan keindahan Pulau Menjangan lainnya adalah terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk yang berada di sekelilingnya. Dimana batu-batu karang sedalam 60 meter ini membentuk formasi gua kecil dan gua-gua besar dengan fungsi sebagai habitat karang lunak, kerapu besar, dan belut moray.

Snorkeling bersama di Wisata Pulau Menjangan Bali Barat
Snorkeling bersama di Wisata Pulau Menjangan Bali Barat

Jika kita berada sampai di dalam gua-gua kecil ini, kita akan menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik.

Semakin menarik ketika kita sampai di dasar laut yang kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran sangat besar. Di kedalaman ini, juga merupakan habitat bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu. 

Spot-spot Diving di Pulau Menjangan

Berikut ini adalah beberapa spot terkenal untuk diving dan snorkeling yang sering dijadikan lokasi menyelam di Pulau Menjangan, antara lain adalah:

1. Eel gardens

Spot diving terbaik yang terletak di bagian barat Pulau Menjangan adalah Eel garden dimana terdapat banyak sekali kumpulan garden eel dan sea fans, sesuai dengan nama spotnya. Pada kedalaman dinding karang sekitar 40 meter akan kita temukan gorgonia dan biota laut lainnya.

Bermain terumbu karang di Wisata Pulau Menjangan Bali Barat
Bermain terumbu karang di Wisata Pulau Menjangan Bali Barat 

2. Secret Bay

Bagi pecinta macro diving, Secret Bay adalah lokasi yang tepat karena di lokasi ini perairan cukup dangkal dengan beragam terumbu karang dan memiliki pasir berlumpur di dasar lautnya. Secret bay merupakan lokasi yang masih sangat alami dan belum banyak terjamah.

Lis Chava mencoba diving di Wisata Pulau Menjangan
Lis Chava mencoba snorkeling di Wisata Pulau Menjangan

Saat yang tepat dan disarankan untuk diving disini adalah saat gelombang tinggi dan sirkulais bulan berada pada posisi yang tepat pula. Dan, sangat disarankan bagi wisatawan untuk menggunakan pakaian selam atau wetsuit yang bagus karena suhu air di sini bisa lebih dingin dibandingkan perairan Bali lainnya.

3. Anchor Wreck

Bagi para penyelam yang telah berpengalaman dan cukup professional, maka Anchor Wreck adalah lokasi diving yang tepat. Keunikan spot ini adalah adanya bangkai kapal yang telah berkarat lengkap dengan jangkarnya pada kedalaman sekitar 45 meter.

Terumbu karang yang indah di Pulau Menjangan
Terumbu karang yang indah di Pulau Menjangan

Kapal ini adalah kapal laut Belanda yang tenggelam pada abad ke- 19 saat Perang Dunia II yang disebut sebagai Kapal Anker atau Kapal Budak. Konon, kapal ini digunakan untuk mengangkut budak dari Bali menuju Jakarta.

Di dalam kapal ini, akan kita temukan peti dengan isi perabot-perabot keramik yang telah ditumbuhi karang lunak dan juga penyu bahkan hiu yang sedang berenang.

Itulah beberapa spot diving di Pulau Menjangan yang memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing.

Tips mengunjungi Pulau Menjangan

Berikut ini adalah beberapa tips mengunjungi Pulau Menjangan yang diutip dari berbagai tempat.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah antara bulan April sampai November. Karena pulau ini adalah pulau yang tidak berpenghuni, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Jangan lupa juga membawa obat, sunblock dan baju ganti.
  • Sebelum memutuskan untuk diving atau snorkeling jangan lupa untuk menyiapkan peralatan-peralatan yang mendukung aktivitas tersebut terlebih dulu. Peralatan diving dan snorkeling dapat Anda sewa di resort terdekat sebelum menyeberang di pulau ini.
  • Disarankan bagi Anda untuk menginap semalam di sini, karena waktu yang Anda perlukan untuk berkendara pulang pergi ke Denpasar sekitar 7 jam. 
  • Penting bagi Anda selain membawa perbelakan sendiri, bawalah kantong plastik khusus untuk baju kotor dan juga untuk sampah makanan dan minuman Anda. Jangan sampai keindahan pulau ini tercemar oleh sampah kita sendiri.
Pantai yang indah di Pulau Menjangan
Lis Chava dan Putrinya di Pantai yang indah Pulau Menjangan

Penutup

Sahabat dolenners, itulah ulasan ayodolenrek tentang wisata Pulau Menjangan yang berada di Bali Barat dan merupakan lokasi diving terbaik di Bali.

Nah, tunggu apalagi? Jika penasaran, mari kita kunjungi Pulau Menjangan di Bali Barat ini.

Rumah Dijual Jl. Ontoseno
Dijual rumah siap huni di Jl. Ontoseno VII No.49 Malang, luas tanah 212m2, 4 kt, 2 km, sertifikat SHM dengan harga Rp. 900 juta. Hub. 0821 5909 8986.
Singhasari Property

Ads by 88 Production

0 comments:

Post a Comment