Home » » Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang : Niagara Indonesia Yang Mempesona

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang : Niagara Indonesia Yang Mempesona

Seminar dan Workshop "Saatnya Berani Bicara Sex Pada Anak dan Remaja"
Mari ikuti seminar dan workshop ini demi anak-anak kita. Hubungi 082159098986.

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang - Satu objek wisata air terjun terindah di dunia adalah air terjun Niagara yang berada yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario. Namun, Indonesia juga memiliki air terjun yang tak kalah indahnya yaitu air terjun Tumpak Sewu Lumajang.

air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang
Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang : Niagara Indonesia Yang Mempesona
Memang banyak perbedaan antara kedua air terjun itu, tapi keduanya juga memiliki banyak persamaan sehingga air terjun Tumpak Sewu Lumajang dijuluki sebagai Niagara Indonesia.

Jika mengunjungi air terjun Niagara membutuhkan biaya yang besar, maka bagi warga Indonesia, tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika Serikat, tapi kunjungi saja air terjun Tumpak Sewu yang ada di Lumajang, Jawa Timur. Niagara Indonesia yang penuh pesona.

Yulfiana dan keluarga di air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang
Yulfiana dan keluarga di air terjun Tumpak Sewu Lumajang

Sahabat dolenners, perjalanan wisata ke air terjun Tumpak Sewu di Lumajang ini dilakukan oleh Yulfiana bersama keluarganya. Tentunya, sangat seru dan menyenangan, dapat bersama-sama dengan keluarga menikmati pesona air terjun Tumpak Sewu Lumajang.

Nah, untuk lebih mengenal air terjun yang dijuluki sebagai Niagara Indonesia ini, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. (Wikipedia).

air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang-1
Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air yang mengalir di air terjun Tumpak Sewu memiliki formasi yang unik karena melebar membentuk suatu tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Sebuah lembah curam yang memanjang dengan sudut elevasi 500 meter di atas permukaan air laut, menjadi lokasi air terjun Tumpak Sewu yang terbentuk di aliran Sungai Glidih dengan hulu di Gunung Semeru.

air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang-2
Air Terjun Tumpak Sewu Malang

Pemberian nama “Tumpak Sewu” yang berasal dari bahasa Jawa yakni “tumpak” yang berarti aliran dan “sewu” yang artinya seribu, memang sangat beralasan. Karena  aliran air yang membentuk air terjun Tumpak Sewu ini sangat banyak, seolah seribu aliran. Meskipun, belum ada yang berusaha menghitungnya satu per satu.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Lokasi air terjun Tumpak Sewu berada di Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Untuk menuju air terjun Tumpak Sewu,  dapat diakses dari dua daerah yakni Lumajang ataupun dari Malang dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 2 jam.

Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu Dari Malang

Untuk menuju air terjun Tumpak Sewu dari Malang, diperlukan waktu tempuh sekitar dua jam, dengan rute malang – bululawang – dampit - tirtomulyo - pronojiwo. Ketika sampai di tugu perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang, sekitar 100 meter, terdapat sebuah gang menurun di kanan jalan. Ikuti jalan itu sampai menemukan air terjun Tumpak Sewu.

air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang-3
Air Terjun Tumpak Sewu dilihat dari lembahnya.

Kita dapat menggunakan sepeda motor , mobil pribadi atau menggunakan jasa sewa mobil maupun jasa travel yang banyak terdapat di Malang, salah satunya adalah Markipic Trans.

Kegiatan Menarik di Air Terjun Tumpak Sewu

Banyak kegiatan menarik yang dapat kita lakukan di objek wisata air terjun terndah di puau Jawa ini. Tentunya, menikmati pesona pemandangan air terjun adalah hal pertama yang wajib kita lakukan. Dilanjutkan dengan mengabadikan moment keberadaan kita ditempat wisata ini melalui foto baik swa foto maupun foto bersama.

Tempat parkir di air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang
Tempat Parkir objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Dari tempat parkir, kita dapat menentukan tujuan kegiatan yang akan kita lakukan. Untuk menikmati pemandangan air terjun, kita dapat berjalan kaki sejauh 400 meter menuju Pos Panorama. Panorama merupakan tempat yang disediakan oleh pengelolah bagi para pengunjung yang ingin menikmati pesona air terjun dengan pelindung jurang terbuat dari bambu. 

perjalanan kelembah air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang
Yulfiana dan keluarga dalam perjalanan menuju lembah
Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Aktivitas menarik lainnya yang dapat kita lakukan di kawasan air terjun ini adalah trekking dari Pos Panorama menuju ke lembah air terjun. Dimana, wisatawan akan diajak berjalan melintasi tebing-tebing yang mengapit serta menyeberang aliran sungai. 

Jalan berundak di air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang
Jalan berundak menuju lembah air terjun Tumpak Sewu Lumajang

Setelah parkir kendaraan, kita akan melewati anak tangga berundak turun ke dasar bukit. Saat menuruni tangga sepanjang 800 meter ini, kita harus hati-hati karena kondisinya yang curam dan mengikuti bentuk permukaan tanah.

Kegiatan trekking menuruni lembah air terjun Tumpak Sewu dibatasi hingga jam 3 sore saja sehingga sebaiknya jangan datang terlalu sore.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

Harga tiket masuk ke terjun Tumpak Sewu sangat terjangkau yakni Rp. 10 ribu saja. Namun, jika wisatawan mau melakukan trekking atau petik buah salak di kebun, akan dikenakan biaya tambahan bagi pemandu wisatanya.

Foto Kebersamaan Keluarga Yulfiana di Air Terjun Tumpak Sewu

Berikut ini adalah beberapa foto kebersamaan keluarga alumni SMA Negeri 1 Malang dan SMP Negeri 6 Malang ini saat bersama keluarganya mengunjungi air terjun Tumpak Sewu Lumajang.

air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang-4
Yulfiana dan keluarga dengan latar air terjun Tumpak Sewu Lumajang

air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang-5
Seru dan menyenangkan bersama keluarga mengunjungi
Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Jawa Timur

Air Terjun Niagara dan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Mengutip dari Wikipedia, Niagara adalah nama kelompok dari tiga air terjun. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe  atau disebut juga sebagai air terjun Kanada, air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun Bridal Veil yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna Island dari air terjun utama.



Meski tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia. Lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 m3) air per menit dijatuhkan dan ini merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara.

Air Terjun Niagara Amerika Serikat
Air Terjun Niagara Amerika Serikat

Keindahan yang tidak ada ditempat lain selain hanya di Niagara adalah pemandangan indah pelangi yang melintang di tengah derasnya air terjun. Selain itu, keindahan alam yang terdapat di sekeliling Niagara, juga membuat jutaan orang dari berbagai belahan dunia mengunjunginya setiap hari. 

Air Terjun Niagara Amerika Serikat, Kanada Ontaria
Air Terjun Niagara Amerika Serikat, Kanada Ontaria

Selain keindahan itu, air terjun ini juga memisahkan antara 2 negara antara lain Canada dan New York sehingga turis-turis dapat menikmati sensasi keindahan air terjun ini dari kedua sisi tersebut.

air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu malang, air terjun tumpak sewu lumajang, air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur, air terjun tumpak sewu pronojiwo lumajang, air terjun tumpak sewu di lumajang, air terjun tumpak sewu semeru, air terjun tumpak sewu pronojiwo, air terjun tumpak sewu dan goa tetes, air terjun tumpak sewu dari malang-6
Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu juga berada di dua daerah yaitu perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Potensi wisata yang sangat besar dari air terjun Tumpak Sewu, membuat objek wisata baru ini menjadi rebutan dua wilayah tersebut sebelum akhirnya diakui secara resmi berada dalam wilayah Lumajang.

Keduanya merupakan air terjun dengan sejuta pesona dalam skala yang berbeda. Jika air terjun Niagara merupakan air terjun paling indah di dunia, maka air terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Indonesia.

Penutup

Sahabat dolenners, itulah ulasan tentang objek wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang yang dijuluki sebagai Niagara Indonesia.

Harus diakui, air terjun Tumpak Sewu memang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Namun, karena tergolong objek wisata baru, maka infrastruktur jalannya masih belum bagus dan cukup berat untuk dilewati. Sehingga kita harus berhati-hati melewatinya, terutama saat musim hujan tiba.

Nah, tunggu apalagi? Mari kunjungi air terjun Niagara Indonesia!

Ayo dolen rek..

Rumah Dijual Jl. Ontoseno
Dijual rumah siap huni di Jl. Ontoseno VII No.49 Malang, luas tanah 212m2, 4 kt, 2 km, sertifikat SHM dengan harga Rp. 900 juta. Hub. 0821 5909 8986.
Singhasari Property

Ads by 88 Production

2 comments: