Home » » Sendratari Di Candi Sumberawan, Mungkinkah Jadi Agenda Rutin Wisata Malang?

Sendratari Di Candi Sumberawan, Mungkinkah Jadi Agenda Rutin Wisata Malang?

Sendratari Di Candi Sumberawan – Empat tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 6 Juni 2015, pernah diselenggarakan Sendratari di Candi Sumberawan, Toyomarto, Singosari, Malang. Namun setelah itu, sampai sekarang belum ada event seperti itu lagi di satu-satunya candi berbentuk stupa di Jawa Timur ini.

Pada waktu itu, sejumlah seniman dari Rumah Seni Budaya Singhasari atau RSBS menampilkan sendratari kolosal yang berjudul “Dharma Kerthanegara untuk Nusantara”. Acara ini digelar dalam rangkaian perhelatan budaya Shingasari Cultur and Culinary Festival 2015 di kawasan Candi Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Malang.

sendratari; sendaratari kertanegara, candi sumberawan, candi singosari, singosari, malang;
Sendratari Dharma Kertanegara Untuk Nusantara
di Candi Sumberawan, Toyomarto, Singosari, Malang (foto.tempo.co)


Sendratari tersebut berlatar belakang sejarah tentang gagasan Raja Kertanegara, untuk menyatukan wilayah Nusantara yang dinamakan Cakrawala Mandala Nusantara.

Sangat unik dan menarik. Sebagai pecinta seni budaya yang ada di Malang, terbersit harapan dan keinginan untuk melihat kegiatan tersebut dapat terselenggara minimal sekali dalam setahun di Candi Sumberawan.

sendratari; sendaratari kertanegara, candi sumberawan, candi singosari, singosari, malang;
Adegan Raja Kertanegara bersama permaisuri dalam
Sendratari di Candi Sumberawan (foto.tempo.co)

Jika Sendratari Ramayana di pelataran Candi Prambanan dapat terselenggara secara rutin, maka alangkah baiknya bila di Candi Sumberawan juga diadakan acara serupa meskipun bukan Sendratari Ramayana.

Penulis yakin, kekayaan seni budaya di Malang sangatlah banyak dan kreatifitas  para senimannya juga tak kalah dengan seniman dari daerah lain. Mungkin hanya menunggu waktu dan kesempatan saja.

sendratari; sendaratari kertanegara, candi sumberawan, candi singosari, singosari, malang;
Adegan lemah gemulai para penari dalam Sendratari Kertanegara
di Candi Sumberawan (foto.tempo.co)

Dan, alangkah baiknya apabila pemerintah Kabupaten Malang, mau menjadikan sendratari di Candi Sumberawan ini sebagai agenda rutin wisata Malang yang nantinya dapat menarik kunjungan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Semoga harapan ini dapat terwujud.

Artikel Terkait :


Rumah Dijual Jl. Ontoseno
Dijual rumah siap huni di Jl. Ontoseno VII No.49 Malang, luas tanah 212m2, 4 kt, 2 km, sertifikat SHM dengan harga Rp. 900 juta. Hub. 0821 5909 8986.
Singhasari Property

Ads by 88 Production

1 comments: