Mari Berwisata Religi Dengan Turut Membangun Masjid Nurul Hakim SMANDA Malang | Travelling, Jalan-jalan Dan Kuliner Bersama
Home » , » Mari Berwisata Religi Dengan Turut Membangun Masjid Nurul Hakim SMANDA Malang

Mari Berwisata Religi Dengan Turut Membangun Masjid Nurul Hakim SMANDA Malang

Masjid Nurul Hakim SMANDA Malang – Pada bulan Ramadhan dimana umat Islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dan menjauhi perbuatan dosa, maka wisata religi seolah menjadi tren baru yang digandrungi banyak orang. 

Terus, apa yang dimasud dengan wisata religi?

Berdasarkan kata “religi” yang berarti agama, maka wisata religi dimaksudkan untuk memperkaya wawasan keagamaan dan memperdalam rasa spiritual kita. Sehingga, dengan melakukan wisata religi akan dapat memenuhi dahaga spiritual, dengan demikian jiwa yang kering kembali basah oleh hikmah-hikmah religi. 

wisata religi; ziarah makam; masjid nurul hakim malang
Wisata Religi ke Makam Sunan Ampel
Gambar : m.bangsaonline.com

Jika tujuan wisata religi pada awalnya hanya terbatas pada ziarah ke makam-makam para wali, aulia, ulama dan para penyebar agama Islam saja. Maka, seharusnya batasan ini berkembang lebih luas hingga dapat mencakup setiap tempat yang bisa menggairahkan cita rasa keagamaan kita, atau bisa menyegarkan dahaga spiritual kita.

Nah, bagaimana jika kita melakukan wisata religi dengan turut serta dalam proses pembangunan suatu masjid?

Karena tujuan utama dalam berwisata adalah mencari kebahagiaan atau kesenangan. Tentunya, ada rasa bahagia yang muncul tanpa direkayasa ketika melihat masjid tersebut digunakan untuk syiar dan menjalankan ibadah kepada Allah. Dan, muncul rasa senang, ketika melihat masjid tersebut banyak dipenuhi jamaah.

Inilah saatnya, kita melakukan wisata religi dengan turut serta dalam pembangunan Masjid Nurul Hakim di kompleks SMA Negeri 2 Malang. Masjid yang nantinya akan dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika SMANDA Malang dengan jamaah sekitar 1.000 orang baik guru dan siswanya. 

Awalnya, Masjid Nurul Hakim ini adalah sebuah mushola. Namun, kapasitas mushola yang hanya mampu menampung sekitar 50 orang saja membuat banyak siswa yang memilih sholat di luar lingkugan sekolah. Terutama pada hari Jum’at.

Sehingga, Mushola yang berada diujung kompleks sekolah ini dipugar dan dibangun menjadi sebuah masjid berlantai dua yang dapat menampung lebih banyak jamaah baik siswa dan guru maupun jamaah dari luar sekolah.

wisata religi; ziarah makam; masjid nurul hakim malang
Peletakan Batu Pertama Masjid Nurul Hakim SMAN 2 Malang

Dan, bertepatan dengan peringatan Hari Maulud Nabi Muhamad SAW  1440 H, tanggal 20 November 2018, dilakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Hakim oleh Bapak Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji.

Hingga, HUT SMANDA yang dirayakan pada tanggal 13 April 2019 yang lalu, Masjid Nurul Hakim masih dalam tahap pembangunan.  Keterbatasan anggaran yang dimiliki pihak sekolah, membuat proses pembangunan berjalan lambat.

wisata religi; ziarah makam; masjid nurul hakim malang
Kondisi Masjid Nurul Hakim pada 13 April 2019

Meskipun pihak IKASMANDA sebagai wadah alumni telah berupaya menggalang dana, namun jumlahnya belum mencukupi untuk segera menyelesaikan pembangunan masjid ini. 

Sehingga, dalam kesempatan ini, kita sebagai umat Islam baik alumni SMANDA Malang maupun mereka yang peduli , mari berwisata religi dengan turut serta dalam pembangunan Masjid Nurul Hakim SMANDA Malang.

Rekening Donasi

Proses pengumpulan dana untuk pembangunan masjid Nurul Hakim ini sudah dilakukan sejak rencana ini dicetuskan dengan menerima donasi dari luar sekolah maupun internal sekolah. Bahkan, para siswa juga turut berpartisipasi melalui kantong-kantong sumbangan yang dikumpulkan per kelas.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata religi dengan turut serta dalam pembangunan Masjid Nurul Hakim ini, silahkan mengirimkan donasi Anda melalui nomer rekening berikut ini.
Bank BCA : 0620521116
An. Joko Wiyono dan Ratih Hayuningdyah

Penutup

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah : 245)

Membangun rumah ibadah merupakan amalan yang mulia. Ketika masjid ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk beribadah setiap hari maka pahala yang akan kita terima pun akan terus berlanjut dari hari ke hari.

Nah, tunggu apalagi? Mari berwisata religi dengan turut dalam proses pembangunan Masjid Nurul Hakim yang akan digunakan oleh ribuan siswa dalam menjalankan ibadah sholat dan amal ibadah lainnya.

Semoga bermanfaat…   


0 comments:

Post a Comment