Home » , » Sungguh Indah ! Fenomena Awan Caping Di Gunung Rinjani

Sungguh Indah ! Fenomena Awan Caping Di Gunung Rinjani

Sungguh Indah ! Fenomena Awan Caping Di Gunung Rinjani – Pagi ini, sejak pukul 07.00 sampai dengan 09.30 Wita, terjadi fenomena alam yang sangat langka. Sebuah lingkaran awan putih membentuk “caping” atau topi berada diatas puncak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Fenomena awan “caping” atau “topi awan” ini nyaris sempurna sehingga dianggap sebagai fenomena langka dan jarang sekali terjadi. Masyarakat dan wisatawan pun memanfaatkan momen ini untuk melakukan swa foto dan mangabadikannya lalu mengunggahnya ke internet sehingga menjadikan moment ini viral di dunia maya terutama media sosial.

awan topi gunung rinjani; fenomena awan topi gunung rinjani; fenomena awan caping gunung rinjani; awan caping; awan topi; awan caping rinjani; fenomena alam;
Fenomena Awan Caping atau Topi Gunung Rinjani

Menurut penuturan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mataram, Agus Rianto menjelaskan apabila fenomena awan Topi diatas Gunung Rinjani ini tidak ada hubungannya dengan pertanda gempa yang akhir-akhir ini melanda Nusa Tenggara Barat. 

Awan jenis ini disebut lentikularis atau altocumulus lenticularis yang terbentuk oleh adanya pusaran angin dibagian puncak. Jadi karena adanya angin yang berputar-putar dibagian puncak, awanpun ikut pusing sehingga mutar-mutar saling tabrak dan saling berkumpul terbentuklah topi yang indah seperti yang terlihat pada foto diatas.

Cuaca yang sangat dingin di lereng dan puncak Rinjani bisa menjadi pemicu terbentuknya awan ini sehingga salah satu dampak yang perlu diwaspadai dari fenomena ini adalah kondisi dingin yang berlebihan dibagian puncak atau plawangan Rinjani.

Berikut ini adalah video amatir yang merekam fenomena alam diatas Gunung Rinjani tersebut.



Sungguh Indah, fenomena alam yang jarang terjadi ini. Membuat manusia semakin kerdil di hadapann semesta terlebih lagi di hadapan Sang Maha Pencipta.

Sumber : Imam Fathoni


0 comments:

Post a Comment