Home » , , » Kemeriahan Bersih Desa dan Pawai Budaya 2019 Kelurahan Balearjosari, Blimbing, Malang

Kemeriahan Bersih Desa dan Pawai Budaya 2019 Kelurahan Balearjosari, Blimbing, Malang

Bersih Desa dan Pawai Budaya Kelurahan Balearjosari, Blimbing, Malang – Peringatan hari kemerdekaan RI Ke 74 pada tahun 2019 kali ini bersamaan dengan tahun 1 Muharam atau 1 Suro. Sehingga di beberapa daerah di Indonesia merayakannya bersama-sama seperti yang dilakukan kelurahan Balearjosari, kecamatan Blimbing, Malang dengan mengadakan bersih desa dan pawai budaya sekaligus memperingati hari kemerdekaan Indonesia.


Jika sebelumnya diselenggarakan Pawai Kendaraan Hias seluruh kota Malang, kemudian beberapa daerah di Malang memperingati tahun baru Islam seperti Grebeg Bubur Suro di Kampung Romantis Bareng Kulon, Malang, maka kali ini, dalam lingkup lebih kecil, kelurahan Balearjosari mengadakan acara bersih desa dan pawai budaya. 

Bersih Desa Kelurahan Balearjosari

Bersih desa merupakan agenda rutin yang diselenggarakan satu tahun sekali pada bulan Muharam atau Suro oleh sebagian besar masyarakat di pulau Jawa sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME. Bentuk ritual bersih desa biasanya dilakukan dengan upacara selamatan di tempat dimana para pendiri desa atau para leluhur yang “babad alas” atau membuka desa tersebut.

Sebelum acara Pawai Budaya, kelurahan Balearjosari menggelar acara Bersih Desa terlebih dahulu dengan menggelar istigotsah dan pengajian.

Pawai Budaya Desa Balearjosari

Pada hari Senin, 2 September 2019, kawasan sepanjang jalan menuju terminal Arjosari macet total. Sebagai penyebabnya adalah rombongan mobil hias dan rombongan peserta Pawai Budaya dari Kelurahan Balearjosari, melintas di jalan raya untuk memasuki kawasan perumahan River side.

Maka, mau tidak mau para pengendara jalan dari arah Surabaya menuju Malang dan sebaliknya, harus menghentikan kendaraannya untuk memberi kesempatan rombongan pawai bugaya ini lewat terlebih dahulu.

Titik kemacetan terjadi tepat di jembatan Kali Mewek yang berdekatan dengan Taman Ken Dedes dan Kampung Budaya Polowijen serta perumahan mewah Riverside yang berada di pinggiran sungai yang mengandung nilai sejarah masa kerajaan Singhasari.


Baca Juga : Mengenang Tragedi Cinta Pertama Ratu Singhasari di Situs Ken Dedes


Meskipun menyebabkan kemacetan, tapi iringan kendaraan hias dan pendukungnya yang menampilkan berbagai bentuk kreatifitas dan atraksi budaya warga Balearjosari ini, malah memberikan hiburan pada para pengguna jalan. Masing-masing RT di wilayah Balearjosari menampilkan kreatifitasnya untuk memeriahkan acara ini.

Persiapan membuat mobil hias dengan berbagai bentuk dan latihan untuk menampilkan atraksi budaya warga Balearjosari yang dilakukan berhari-hari atau bermingu-minggu sebelumnya, tercurah pada pawai yang diselenggarakan pada hari itu. Sehingga meskipun panas matahari begitu menyengat pada siang itu, mereka tetap tampil penuh semangat.


Rute pawai budaya dan bersih desa ini bermula dari rumah masing-masing lalu berkumpul di jalan Satria yang tepat berada sebelum perusahaan karoseri mobil Adiputro yang terkenal. Setelah melintas jalan raya, rombongan pawai ini masuk ke perumahan Riverside. Nah, dalam perumahan mewah yang penuh pohon besar berdaun rindang, rombongan ini  dapat sedikit berteduh dari sengatan matahari sementara warga yang menonton duduk santai di pinggir jalan.

Dari perumahan Riverside, rombongan pawai melanjutkan perjalanan yang berakhir di kantor kelurahan Balearjosari.

Panggung Hiburan Perumahan Griya Damai Seahtera

Masih dalam rangka “bersih desa dan pawai budaya”, perumahan Griya Damai Sejahtera yang berada dalam wilayah RW 3, sehabis mengikuti pawai budaya melanjutkan kegiatan dengan panggung hiburan yang menampilkan berbagai atraksi seni tari dan hiburan musik.


Satu per satu atraksi seni tari dan musik ditampilkan dalam panggung hiburan ini baik atraksi perorangan maupun beregu. Cukup seru dan menarik melihat penampilan atraksi budaya warga Balearjosari ini. Event yang diselenggarakan setahun sekali ini cukup memberi hiburan kepada masyarakat.



Penutup

Secara keseluruhan acara bersih desa dan pawai budaya desa Balearjosari pada tahun 2019 ini berlangsung lancar dan meriah. Acara tahunan ini diselenggarakan dalam rangkaian peringatan hari kemerdekaan RI sekaligus perayaan 1 Muharam atau 1 Suro.

Nah, tunggu apalagi? Mari saksikan atraksi seni budaya yang diselengarakan berbagai wilayah di kota Malang.

Artikel terkait lainnya :

0 comments:

Post a Comment