Home » , , » Sumber Ngenep Karang Ploso, Malang, Jawa Timur

Sumber Ngenep Karang Ploso, Malang, Jawa Timur

Sumber Ngenep Karang Ploso, Malang, Jawa Timur - Mata air di dusun Ngenep, Karang Ploso, Malang ini merupakan sumber air yang mengalir sepanjang masa dan debit airnya yang melimpah menjadi sumber kehidupan bagi warga di beberapa dusun Karang Ploso. Peranan sumber air ini sangat vital bagi kehidupan masyarakat dusun Ngenep, terlebih lagi pada musim kemarau.

sumber ngenep; sumber ngenep karang ploso malang; sumber nyolo ngenep karang ploso; sumber nyolo ngenep; sumber umbulan ngenep malang jawa timur; desa ngenep; ayodolenrek; ngenep; karang ploso; malang; singojoyo; sumber nagan
Sumber Ngenep Karang Ploso, Malang, Jawa Timur

Desa Karang Ploso, Malang, memiliki banyak mata air yang tersebar di beberapa wilayahnya. Dusun Ngenep sendiri memiliki tiga mata air yang memberi banyak manfaat bagi kehidupan warganya yaitu Sumber Ngenep, Sumber Nyolo dan Sumber Umbulan.

Selain itu, Sumber Ngenep juga dikenal sebagai salah satu objek wisata spiritual yang banyak dikunjungi masyarakat pada malam hari atau pada malam-malam tertentu seperti malam Selasa Kliwon, Jumat Kliwon, Jumat Legi dan lain-lain.

Pada umumnya, para pelaku spiritual dari berbagai daerah melakukan ritual pembersihan diri ditempat ini dengan cara mandi atau berendam lalu berdoa sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing. Sehingga, meskipun lokasinya cukup terpencil, Sumber Ngenep banyak dikunjungi orang.

sumber ngenep; sumber ngenep karang ploso malang; sumber nyolo ngenep karang ploso; sumber nyolo ngenep; sumber umbulan ngenep malang jawa timur; desa ngenep; ayodolenrek; ngenep; karang ploso; malang; singojoyo; sumber nagan
Matt Dolan dan Jayeng Hartono di pendopo Sumber Ngenep
Semakin lama, tempat terpencil ini semakin banyak dikunjungi masyarakat, tidak hanya pada malam hari saja, tetapi juga pada pagi dan siang hari dengan beragam kegiatan mulai dari jalan pagi, gowes atau melakukan ritual batin.

Dampaknya, keberadaan Sumber Ngenep yang semakin dikenal juga memberikan manfaat ekonomi bagi masayarakat sekitarnya. Saat ini, sebelum memasuki kawasan mata air, kita dapat menemukan warung makan, tempat parkir dan kolam renang dengan air yang bersih.

Fasilitas-fasilitas tersebut memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung sumber air yang memiliki potensi besar menjadi satu objek wisata. Keberadaan mata air, hutan lindung dengan pohon-pohon raksasa, sawah dan ladang serta mitos-mitos yang menyelimuti tempat ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sumber Ngenep, Karang Ploso, Malang

Nama Ngenep berasal dari kata "menep" yang artinya mengendap. Menurut beberapa pelaku spiritual yang dalam tahap pencarian jati diri, terdapat Sembilan titik mata air yang tersebar di Malang Raya yang merupakan satu rangkaian ritual. Dan, Sumber Ngenep adalah tempat terakhir yang harus dikunjungi.

Karena kata “Ngenep” yang berarti mengendapkan merupakan tahap dimana manusia mulai belajar mengendapkan atau meredam hawa nafsu dalam dirinya.Sehingga dengan berendam atau mandi di Sumber Ngenep ini, kita dapat mengendapkan rasa atau hawa nafsu.

Setelah nafsu dapat kita endapkan atau diredam, maka proses pengenalan jati diri manusia akan lebih mudah dilakukan. Tentunya, hanya dengan bantuan Rahmad dan sifat Rahman serta Rahim dari Allah SWT.

Itulah, salah satu alasan sesungguhnya, mengapa Sumber Ngenep menjadi tujuan para pelaku spiritual.

Namun, berbeda orang, beda pula niat dan tujuannya. Ada yang datang ke tempat ini hanya untuk mendoakan para leluhurnya, ada yang hanya jalan-jalan dan banyak pula yang memanfaatkan tempat ini untuk keperluan lain seperti latihan kuda lumping atau kegiatan yang berhubungan dengan mahluk gaib lainnya.

sumber ngenep; sumber ngenep karang ploso malang; sumber nyolo ngenep karang ploso; sumber nyolo ngenep; sumber umbulan ngenep malang jawa timur; desa ngenep; ayodolenrek; ngenep; karang ploso; malang; singojoyo; sumber nagan
Yongki dengan latar Situs Batu Cakar Harimau di Sumber Ngenep
Tidak dapat dipungkiri jika setiap jengkal tanah ada penunggunya, termasuk kawasan Sumber Ngenep ini. Menurut penuturan masyarakat setempat, Sumber Ngenep memiliki penjaga gaib berupa sosok harimau dan ular naga. Selain itu, banyak sosok-sosok gaib lainnya baik Jin, leluhur dan Dahnyang maupun arwah yang berada ditempat ini.

Keberadaan mahluk gaib dan mitos-mitos yang menyelimuti mata air ini, sebenarnya menjadi sarana untuk menjaga dan melestarikan sumber air yang memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat Ngenep.

Jika Sumber Ngenep dan sumber lainnya menjadi kering, kemana lagi akan mencari sumber air yang melimpah sepanjang masa?

Video Napak Tilas Sumber Ngenep



Lokasi Sumber Ngenep

Sumber Ngenep berada di sebuah lembah di kawasan Dusun Ngenep, Desa Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tarif Masuk Sumber Ngenep

Saat ini, untuk menikmati suasana alam Sumber Ngenep tidak dipungut biaya, hanya membayar ongkos parkir sepeda motor saja. Dan, untuk menuju Sumber Ngenep, tidak dapat menggunakan mobil karena jalanannya sempit sehingga hanya dapat diakses menggunakan sepeda motor atau jalan kaki.

Kolam Renang Sumber Ngenep

Bagi penggemar olahraga renang atau pengunjung Sumber Ngenep yang membawa anak-anak, terdapat sebuah kolam renang dengan air yang jernih dan bersih berada di sebelah kanan jalan sebelum memasuki sumber air.



Tempatnya nyaman dengan fasilitas parkir, ruang ganti dan tempat lesehan yang disediakan bagi orangtua saat menunggu anak-anaknya berenang.

Penutup

Sahabat dolenners, itulah ulasan ayodolenrek tentang objek wisata spiritual ditempat yang cukup terpencil yaitu Sumber Ngenep di dusun Ngenep, Karang Ploso, Malang. Meskipun cukup tersembunyi, namun tempat ini banyak dikunjungi orang.

Nah, tunggu apalagi? Ayo dolen rek…

Wisata Sumber Air Malang :







0 comments:

Post a Comment